4 Tips Jitu Melakukan Pendekatan dengan Konsumen – Tidak hanya gebetan yang perlu dilakukan pendekatan, tapi juga konsumen.

Seperti saat Anda ingin mendapatkan pacar, maka Anda perlu mendekati gebetan Anda. Begitu pula saat Anda ingin mendapatkan pelanggan, maka Anda perlu mendekati konsumen Anda.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online yang Efektif

Orang yang disebut pelanggan adalah orang yang membeli dan menggunakan produk Anda secara tetap. Mereka berlangganan dengan Anda, meski pesaing Anda juga menawarkan produk yang sama.

Hal ini biasanya dikarenakan faktor kenyamanan dan kepercayaan. Jika konsumen sudah puas dengan produk dan pelayanan Anda, maka mereka tak akan ragu menjadi pelanggan setia Anda.

Baca Juga: 8 Kesalahan dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

Nah, bagaimana cara yang baik untuk melakukan pendekatan konsumen? Berikut tips yang bisa Anda coba terapkan.

Baca Juga: 8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda


4 Tips Melakukan Pendekatan dengan Konsumen

1Jelaskan Fakta Produk Anda

Berbisnis harus jujur. Jangan mengarang bebas saat menjelaskan kelebihan atau keunggulan produk Anda. Penawaran yang licik tidak akan mendapatkan respek dari konsumen.

Namun, ceritakan fakta tentang produk Anda berdasarkan data yang benar. Konsumen pasti akan lebih tertarik dan percaya, apalagi jika kebetulan produk tersebut memang diinginkannya sejak lama.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Menghasilkan Penjualan Pertama di Internet

2Bangun Hubungan yang Personal

Jika Anda hanya membangun relasi antara penjual dengan pembeli secara formalitas, maka hubungan bisnis Anda dengan konsumen tidak akan kuat. Namun, cobalah mendekatinya secara personal.

Contohnya, yakni dengan menanyakan kebutuhan konsumen, meminta masukan darinya, menghafalkan nama lengkapnya, hingga bertemu langsung dengannya dan bukan hanya berbicara lewat telepon.

Terutama jika Anda menginginkan sebuah hubungan bisnis jangka panjang, maka pendekatan secara personal akan lebih ampuh. Sebab konsumen akan merasakan bahwa perhatian Anda itu lebih sepenuh hati.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

3Gunakan Bahasa yang Baik

Perhatikan cara berkomunikasi Anda saat melayani. Konsumen akan senang dengan pebisnis yang ramah, sopan, dan berbicara dengan bahasa yang baik, karena membuat mereka merasa positif.

Pastikan juga pemilihan kata yang tepat agar konsumen cepat memahami penyampaian Anda. Sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk langsung berbelanja.

Baca Juga: Pasti Sold-out! Ini 10 Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif

4Berbicara Seperti Kawan Lama

Jangan terlalu kaku saat melakukan pendekatan dengan konsumen, supaya pengalaman berbelanja akan terasa lebih berkesan. Caranya dengan berbicara seperti sedang bertemu kawan lama Anda.

Bukan berarti Anda menjadi sok akrab. Namun, tunjukkan pada konsumen bahwa Anda memperhatikan mereka dan ingin mendengarkan mereka, sehingga proses komunikasi menjadi lebih bersahabat.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Tanpa Karyawan yang Mampu Menghasilkan Keuntungan Besar


Nah, itulah cara yang jitu dalam melakukan pendekatan dengan konsumen. Apakah Anda sudah menerapkannya saat menawarkan produk Anda kepada target pasar Anda?

Jika belum, cobalah cara di atas saat Anda ingin menjangkau konsumen dan menumbuhkan loyalitas mereka. Niscaya, proses mendekati konsumen dapat berjalan dengan lebih lancar.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.