6 Hal yang Bisa Menjadi Penghambat Kesuksesan Anda – Tanpa Anda sadari, ada sifat maupun kebiasaan Anda sehari-hari yang telah menghambat diri Anda untuk sukses.

Mungkin ada hal-hal kurang baik dalam diri Anda yang perlu diubah, karena selama ini membuat Anda gagal dan tidak mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Punya Mental yang Lemah dan Tak Siap Berbisnis

Maka dari itu, cobalah melihat ke dalam diri sendiri agar Anda menyadari kelemahan Anda. Sehingga Anda dapat berbenah diri dan memaksimalkan potensi diri.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh Anda biarkan karena dapat menghalangi keberhasilan Anda dalam berbisnis.

Baca Juga: 5 Pemikiran Orang Sukses yang Wajib Ditiru Saat Anda Memulai Bisnis


6 Penghambat Kesuksesan Anda dalam Berbisnis

1Terjebak di Masa Lalu

Pengalaman pahit di masa lalu bisa membuat Anda gagal move on. Anda masih terjebak di masa lalu dan mengingat terus kejadian buruk yang pernah terjadi.

Akibatnya, Anda sulit untuk melangkah maju. Anda sering galau dan kurang termotivasi untuk melakukan apapun. Anda malah menjadi orang yang pesimis.

Maka dari itu, biarkanlah segala masalah yang sudah terjadi itu berlalu. Sudah saatnya Anda menata masa depan dan mengejar impian, serta menjadikan masa lalu sebagai pembelajaran untuk menjadi orang yang lebih baik.

Baca Juga: Mau Kaya Raya? Jangan Jadi Karyawan, Tapi Berbisnislah!

2Tak Berani Coba Hal Baru

Berada di zona nyaman akan membuat Anda tidak mau untuk mencoba hal baru. Anda takut melakukan dan menerima perubahan, sehingga Anda sulit berkembang dan maju.

Jika Anda ingin sukses, jangan cuma stuck di satu titik. Misalnya, sambil bekerja, jalankanlah bisnis sampingan. Atau, jika Anda siap, berhentilah bekerja dan menjadi entrepreneur sepenuhnya.

Lalu, bagi Anda yang sudah memiliki bisnis, jangan mudah puas. Lakukan inovasi dan mencoba tantangan baru, seperti memasarkan produk baru. Sehingga bisnis Anda tidak stagnan, tapi punya kesempatan untuk berkembang.

Baca Juga: Orang-orang Penting yang Harus Didekati Agar Hidup Anda Sukses

3Sering Mengeluh

Sikap mudah mengeluh dapat menjadi penghambat kesuksesan Anda. Jangan sering menggerutu, karena tidak akan membuat masalah menjadi beres.

Ingat, setiap persoalan pasti ada solusi. Sehingga fokuslah mencari cara untuk menyelesaikan setiap masalah daripada hanya mengeluh saja.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Harus Dikuasai Demi Meraih Kesuksesan

4Tidak Berkomitmen

foto: linkedin.com

Komitmen itu sangat dibutuhkan dalam menjalankan apapun. Dalam bisnis, Anda tidak bisa hanya sekadar berjanji, tapi tidak bertanggung jawab.

Namun, Anda harus berkomitmen terhadap pekerjaan Anda. Lakukan semua tanggung jawab dengan upaya yang terbaik.

Mulai dari hal sederhana, seperti tidak terlambat datang saat rapat dan cekatan dalam melayani konsumen. Dengan begitu, Anda akan dipercaya oleh banyak orang dan ini akan mempengaruhi usaha yang Anda kerjakan.

Baca Juga: 6 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Kaya Raya

5Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Anda pasti pernah mendengar kalimat “tong kosong nyaring bunyinya”. Peribahasa tersebut artinya pandai berbicara saja, tapi tidak berilmu dan malas bekerja.

Ingat, orang lebih percaya dengan bukti perbuatan daripada hanya sekadar perkataan. Jadi, jangan banyak omong saja, tapi buktikan juga action Anda bahwa Anda bisa melakukan apa yang Anda katakan.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Tidak Disukai oleh Karyawan Anda Sendiri

6Tidak Ramah

gambar: affirmx.com

Anda tidak perlu akrab dengan semua orang. Namun, setidaknya Anda tidak kelihatan sombong, misalnya dengan menjadi orang yang murah senyum saat bertemu orang-orang.

Anda harus bisa membawa diri di manapun Anda berada. Belajar bersosialisasi agar Anda memiliki networking yang luas.

Ingat, membangun relasi itu penting. Jadilah orang yang baik terhadap teman-teman bisnis Anda, bahkan bawahan Anda. Sehingga siapapun akan merasa senang untuk bekerja sama dengan Anda.

Baca Juga: Refleksi Diri Perlu Dilakukan untuk Jadi Pebisnis yang Lebih Baik


Nah, itulah beberapa sifat dan kebiasaan yang dapat menjadi penghambat kesuksesan Anda. Evaluasi diri Anda sekarang. Yang buruk, tinggalkan. Yang baik, tingkatkan.

Ubahlah diri Anda terlebih dahulu. Dengan begitu, apapun yang Anda lakukan bisa lebih maksimal dan kesempatan Anda untuk sukses pun akan lebih terbuka.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.