8 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Pengusaha yang Cerdas – Meraih kesuksesan itu tidak mudah dan butuh rencana maupun strategi yang cerdas.

Pebisnis atau pengusaha harus cerdas dalam mengelola bisnisnya di tengah persaingan yang semakin ketat ini. Tapi bukan berarti pengusaha harus memiliki IQ yang setinggi Albert Einstein.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Berwibawa di Tempat Kerja

Menjadi cerdas tidak perlu genius seperti para pemilik IQ tertinggi di dunia. Anda hanya perlu mengembangkan akal budi dengan baik, sehingga dapat berpikir dan bertindak dengan tepat.

Dengan memiliki kecerdasan dalam berbisnis, kesuksesan akan lebih mudah dicapai. Nah, berikut contoh hal-hal yang tidak akan dilakukan oleh pengusaha cerdas, karena dapat merugikannya.

Baca Juga: 5 Rahasia Kaya Raya yang Dibocorkan Para Miliarder Dunia


Pengusaha yang Cerdas Tidak Melakukan 8 Hal Ini

1Berpikiran Sempit

gambar: entrepreneur.com

Orang yang memiliki pemikiran yang sempit tidak cocok menjadi pengusaha. Pengusaha harus open minded atau berpikiran terbuka dan memiliki wawasan yang luas.

Dengan begitu, pengusaha akan menjadi pintar dan penuh dengan inspirasi. Dia akan selalu kreatif dan dapat melakukan inovasi untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: 7 Alasan Berbisnis yang Kurang Tepat dan Tidak Sesuai Realita

2Cuek dengan Berita Terkini

Setiap hari ada berbagai berita terbaru dari dalam dan luar negeri. Pengusaha perlu up-to-date dengan apa yang terjadi dan sedang trending. Ini penting karena kondisi masyarakat, pemerintah, politik, dan ekonomi saat ini, memiliki pengaruh terhadap masa depan.

Makanya, banyaklah membaca atau menonton berita. Jangan cuek atau masa bodoh. Sekarang internet telah memudahkan siapa saja untuk mencari informasi dan mempelajari apapun.

Baca Juga: Mengenal 7 Model Bisnis Website E-commerce dan Contohnya

3Menolak Perubahan

Pengusaha yang otaknya cerdas akan mudah beradaptasi dengan perubahan. Misalnya, dulu bisnis media cetak bisa sangat sukses, tapi kini banyak yang tutup atau beralih menjadi media online.

Begitulah dampak perubahan. Tidak ada yang dapat menghentikan perubahan. Namun, pengusaha harus berani melakukan adaptasi agar bisa relevan dengan perkembangan zaman.

Baca Juga: 6 Tips Sukses untuk Anak Jaman Now dalam Memulai Bisnis

4Menyenangkan Semua Orang

gambar: clickhowto.com

Berusaha menyenangkan semua orang adalah tindakan yang sia-sia. Pasti akan selalu ada orang yang tidak suka dan tidak setuju. Pro dan kontra adalah hal yang biasa.

Pengusaha harus bisa memilah setiap masukan yang diterima. Masukan yang membangun, didengarkan. Sedangkan masukan yang menjatuhkan, diabaikan saja.

Tidak perlu mendengarkan semua omongan orang. Namun, fokus saja pada kritik dan saran yang positif dari orang lain.

Baca Juga: 10 Contoh Bos yang Dibenci Karyawan di Kantor

5Bertindak Tanpa Pertimbangan

Pengusaha yang cerdas akan hati-hati dalam bersikap. Setiap keputusan, rencana, dan tindakan, pasti akan dipertimbangkan dengan matang.

Tidak ada hal yang langsung diiyakan atau ditolak. Namun, semua hal akan dipikirkan dengan bijaksana untuk meminimalisir risiko atau dampak negatif yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Pertimbangkan 9 Hal Ini Sebelum Menjadi Solopreneur

6Mempertahankan Orang yang Salah

gambar: redbranchmedia.co

Waspada terhadap orang lain itu perlu. Jangan mau berbisnis atau bekerja sama dengan orang-orang yang tidak tepat untuk membangun bisnis.

Seperti karyawan yang performanya selalu menurun layak untuk diberhentikan, atau jangan mau berhubungan dengan klien yang merugikan. Pengusaha harus lebih selektif dalam memilih orang-orang di dalam bisnisnya.

Baca Juga: Alasan Kenapa Orang Bisa Sukses, Sedangkan Anda Tidak

7Selalu Menganggap Dirinya Benar

Kesombongan tidak bisa berdampingan dengan kesuksesan. Jika pengusaha sombong dan selalu menganggap dirinya benar dan tak pernah salah, maka dia tidak akan belajar dari kesalahan dan kritikan orang lain.

Pengusaha bisa sukses jika mau memperbaiki kekurangan. Secerdas apapun pengusaha, pasti memiliki kelemahan. Tidak ada yang luput dari kesalahan.

Baca Juga: 10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha

8Menyerah Setelah Gagal

gambar: acumen.sg

Pengusaha yang sekarang sukses bukan berarti tidak pernah gagal. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan atau tidak beruntung.

Namun, pengusaha cerdas akan belajar dari pengalaman. Dia akan menghindari kesalahan yang sama agar kegagalan tidak terulang lagi.

Dia akan tetap berjuang setelah kegagalan. Tidak ada kata menyerah. Karena dia tahu dia bisa memperbaiki keadaan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis


Nah, itulah beberapa hal yang tidak pernah dilakukan oleh pengusaha yang cerdas. Semoga dapat menjadi pelajaran bagi Anda agar dapat lebih cerdas dalam mengelola bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.