Hati-Hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan – Kegagalan adalah hal yang paling ditakutkan oleh para pebisnis. Namun, kegagalan mungkin saja menimpa siapa pun yang menjalankan usaha. Berbisnis memang berisiko dan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Bagi Anda yang berbisnis, hati-hatilah dalam melakukan berbagai hal dalam bisnis Anda. Jika Anda berhasil, Anda bisa meraih kesuksesan, popularitas, dan kekayaan. Namun, sebaliknya jika Anda gagal, Anda akan kehilangan modal usaha, menutup bisnis impian Anda, dan mungkin menyisakan utang yang membebankan hidup Anda.

Baca Juga: Meski Penuh Tekanan, Ini 4 Tips Agar Berbisnis Lebih Menyenangkan

Untuk itu, hindari hal-hal yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis. Semoga Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang ada di bawah ini.

Hati-Hati, Ini 10 Hal yang Menyebabkan Kegagalan Bisnis

1Perencanaan Bisnis Tidak Matang

gambar: legalservicesincorporated.com

Setiap pebisnis harus membuat perencanaan bisnis yang matang. Jika tidak ada rencana bisnis atau dibuat tanpa pemikiran yang panjang, maka bisnis Anda akan berjalan tanpa strategi dan tujuan yang jelas. Bisnis akan sulit untuk bertahan lama jika tanpa perencanaan bisnis yang terkonsep secara profesional.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

2Tidak Pandai Mengatur Keuangan

Manajemen keuangan itu penting agar kondisi finansial bisnis Anda bisa terkelola dengan baik. Namun, jika Anda abai dalam mengatur keuangan, maka arus kas bisa menjadi defisit, di mana pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Lama-lama, Anda akan rugi besar dan akhirnya kekurangan modal untuk melanjutkan usaha dan terpaksa berutang.

3Kurangnya Jaringan Bisnis

Biasanya, kurangnya jaringan bisnis dialami oleh pebisnis pemula. Mereka terlalu sibuk berbisnis hingga tidak sempat atau masih malu-malu untuk bergaul dengan sesama pebisnis. Bisa juga karena tidak mau menjalin kerja sama dengan beberapa rekan bisnis yang lain. Padahal, jaringan bisnis itu sangat dibutuhkan agar usaha bisa lebih cepat berkembang.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Berhasil

4Pelayanan Konsumen yang Buruk

Apa jadinya jika bisnis tanpa adanya konsumen? Tentu tidak dapat berjalan. Anda membutuhkan konsumen, karena mereka yang akan menggunakan produk dan jasa Anda, serta membayarnya. Mereka memberikan Anda penghasilan dan sudah sepatutnya Anda melayani mereka dengan baik. Namun, jika pelayanannya mengecewakan, maka satu per satu konsumen akan meninggalkan Anda.

5Kualitas Produk Tidak Terjaga

Kualitas produk harus terus dipertahankan. Jika bisa, malah sebaiknya ditingkatkan. Anda harus terus memperbaiki kualitas produk Anda, karena itu adalah salah satu nilai jual bisnis Anda. Namun, jika kualitasnya menurun, maka sudah pasti konsumen akan kecewa dan tidak lagi percaya untuk menggunakan produk Anda.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Anda

6Tidak Kreatif dan Inovatif

Anda harus berani melakukan perubahan dalam bisnis Anda. Zaman semakin cepat berubah dan kebutuhan manusia pun ikut berubah. Jika cara berbisnis Anda tidak kreatif dan inovatif, maka bisnis Anda akan tertinggal karena tidak mampu beradaptasi. Bisnis yang sudah mengalami “stuck” akan sulit berkembang dan tinggal menunggu waktu untuk jatuh.

7Salah Strategi Pemasaran

Target pebisnis adalah meningkatkan penjualan. Berbagai strategi pemasaran pun dilakukan untuk menarik minat konsumen. Namun, jika strateginya salah, maka bisnis Anda bisa malah merugi. Misalnya, menjual barang dengan harga terlalu mahal karena ingin cepat meningkatkan pendapatan. Atau menjual barang terlalu murah dengan memberi diskon besar-besaran, tapi ternyata salah perhitungan.

Baca Juga: 4 Tipe Konsumen dan Cara Menarik Perhatiannya

8Menyepelekan Kompetitor

Menganggap remeh kompetitor dapat membuat Anda lengah. Anda tidak memperhatikan perkembangan kompetitor, sehingga Anda jadi tertinggal. Ternyata kompetitor diam-diam mencari tahu kekurangan Anda dan menyiapkan strategi bisnis yang lebih baik. Akhirnya, Anda tidak siap menghadapi persaingan yang semakin gila-gilaan.

9Mudah Frustasi Saat Ada Masalah

Masalah demi masalah akan terus Anda hadapi saat berbisnis. Setiap bisnis pasti ada resikonya. Untuk itu, Anda dituntut untuk siap dan berani menghadapi segala tantangan. Namun, jika Anda mudah frustasi saat ada masalah, maka masalah bisa semakin besar. Anda pun jadi cepat menyerah begitu saja.

Baca Juga: Bisnis Mengalami Krisis, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

10Sikap Kepemimpinan yang Buruk

gambar: redbranchmedia.co

Tentu saja Anda membutuhkan karyawan untuk membantu mengembangkan usaha Anda. Meski Anda yang menggajinya, Anda tetap harus bersikap bijaksana sebagai pemimpin. Jika tidak, mereka tidak akan termotivasi untuk bekerja. Hasil pekerjaan jadi kurang maksimal dan Anda akan kehilangan karyawan terbaik di bisnis Anda. Mereka pasti tidak betah bekerja dengan pemimpin yang tidak menghargai karyawannya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.