5 Pepatah Tiongkok yang Dapat Memotivasi Pebisnis – Sebagai pebisnis yang ingin maju, Anda perlu mengisi pikiran Anda dengan nasihat yang menginspirasi dan memotivasi.

Anda bisa mengumpulkan kata-kata mutiara dari berbagai sumber untuk direnungkan, sehingga pola pikir Anda bisa lebih positif dan sikap Anda menjadi lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga: Mengapa Anda Harus Jadi Pebisnis? Ini 8 Alasannya!

Contohnya, cobalah membaca pepatah dari China. Biasanya pepatah mengandung banyak makna yang mendalam dan dapat berguna bagi hidup Anda.

Nah, berikut beberapa pepatah milik orang Tionghoa yang sudah terkenal di seluruh dunia dan cocok untuk pebisnis.


5 Pepatah Tiongkok yang Dapat Memotivasi Pebisnis

1Guru membuka pintu, tetapi Anda masuk sendiri

tips agar anda tidak tergesa gesa berangkat kerja di pagi hari
Anda boleh saja memiliki wawasan bisnis yang luas. Anda mungkin menempuh pendidikan bisnis dan mendapatkan nilai yang tinggi selama studi.

Namun, jika ilmu yang Anda miliki tidak dipraktekkan sendiri di dunia nyata, sama saja tidak akan ada hasil yang diperoleh. Ilmu bisnis Anda akan sia-sia karena tidak diterapkan.

Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa Anda menghabiskan waktu yang banyak untuk belajar, tetapi juga melatih hal-hal yang Anda pelajari. Anda sendiri yang harus menerapkannya ke dalam hidup Anda.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis

2Pekerja yang buruk selalu menyalahkan alatnya

hal yang menyebabkan kegagalan pebisnis pemula

Ada kalanya sesuatu tidak berjalan dengan baik sesuai rencana. Ada yang langsung mengevaluasi diri, tapi ada juga yang mencari-cari alasan untuk membela diri.

Sebaiknya, jangan mencari alasan yang dibuat-buat dan bahkan menyalahkan orang lain. Namun, penting untuk menyadari kekurangan dan memperbaiki kesalahan Anda.

Ingat, semua orang pernah melakukan kesalahan, tetapi cara Anda menanganinya akan menentukan karakter dan kesuksesan Anda. Jadilah bertanggung jawab dan menjadikan kesalahan sebagai pelajaran.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Anda Mampu Bekerja Secara Multitasking

3Percakapan tunggal dengan orang yang bijaksana sama nilainya dengan studi buku-buku selama satu bulan

hati hati, ini risiko menjalankan usaha bersama teman

Pepatah tiongkok ini mengajarkan kita bahwa belajar langsung dari orang lain lebih bermanfaat daripada cuma belajar dari buku. Sebab orang dapat mengajarkan Anda teori, sekaligus pelajaran hidup yang nyata.

Contohnya, dalam dunia bisnis, orang yang ingin sukses membutuhkan mentor atau pembimbing. Mentor dapat memberikan inspirasi dan melatih Anda bagaimana cara berbisnis yang baik sesuai dengan pengalamannya.

Sedangkan jika Anda belajar dari buku, Anda tidak akan mendapatkan umpan balik. Anda cuma diajarkan melalui tulisan dan agak menyulitkan Anda untuk memahaminya sendiri.

Baca Juga: 7 Tanda Anda Lebih Cocok Jadi Pebisnis daripada Karyawan

4Waktu yang terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu, dan waktu terbaik kedua adalah hari ini

24 jam sehari tidak cukup, coba tips manajemen waktu ini

Guna mencapai hal-hal yang berharga membutuhkan waktu yang lama. Tidak ada hasil yang bagus dengan melalui proses yang instan.

Maka pepatah ini cocok untuk Anda dalam menyiapkan masa depan. Anda jangan menunda melakukan hal-hal baik, tapi Anda harus melakukannya dari sekarang.

Segeralah memulai bisnis Anda dan rencanakan tujuan hidup Anda. Mulai sekarang Anda harus menabung dan memikirkan persiapan dana pensiun di hari tua.

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Orang Menunda untuk Memulai Bisnis

5Jika Anda menginginkan kemakmuran 1 tahun, tanamlah gandum. Jika Anda menginginkan kemakmuran 10 tahun, tanamlah pohon. Jika Anda menginginkan kemakmuran 100 tahun, kembangkanlah orang.

baju tahun baru imlek
gambar: herworld.com

Banyak pebisnis yang sangat fokus pada uang, sehingga membuat nilai-nilai yang lebih penting menjadi kabur. Akibatnya, bukan keuntungan yang maksimal yang didapatkan.

Padahal, jika Anda ingin membangun bisnis yang berkelanjutan dan dapat bertahan lama, sebaiknya Anda memfokuskan waktu dan tenaga untuk mengembangkan orang, karena lebih dapat berperan penting bagi bisnis Anda.

Jadi, bangunlah komunitas internal dengan rekan bisnis dan karyawan Anda. Bangunlah juga komunitas eksternal dengan klien, pelanggan, dan koneksi bisnis Anda lainnya.

Baca Juga: 8 Peluang Bisnis di Tahun Baru Imlek yang Menguntungkan


Nah, itulah beberapa pepatah tiongkok yang dapat memotivasi diri Anda. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang menjalankan bisnis.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.