Penting! 10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha yang Harus Anda Perhatikan – Menjalankan bisnis itu banyak risikonya. Makanya, perlu kesiapan mental dan persiapan yang matang agar usaha bisa berjalan dengan lancar.

Bakal ada banyak hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda. Mulai dari mencari peluang bisnis yang tepat, mengumpulkan modal usaha, membuat business plan, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi seorang wirausaha, berikut sejumlah hal penting yang wajib jadi perhatian Anda dalam memulai sebuah bisnis baru.

Baca Juga: 7 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis

10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha Baru Anda

1Mencari Mitra Bisnis

Jika Anda menjalankan usaha perorangan, maka Anda tak perlu mencari business partner atau mitra kerja. Anda akan menjadi pemilik usaha tunggal dan bebas dari campur tangan pihak lain. Namun, jika Anda ingin membangun tim sukses, maka carilah orang-orang yang tepat sebagai co-founder dari bisnis Anda.

2Memilih Jenis Usaha

Pilih jenis usaha ingin Anda jalani, tapi juga memiliki prospek yang bagus. Anda bisa menjalankan usaha di bidang jasa atau barang dan berbasis online atau offline. Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan. Jangan sampai Anda salah pilih hanya karena ikut-ikutan orang lain.

Baca Juga: 5 Manfaat Kemasan Produk yang Harus Anda Ketahui

3Menentukan Produk

Apa produk yang ingin dijual? Di mana Anda bisa mendapatkannya? Namun, jika produknya diproduksi sendiri, bagaimana cara membuatnya? Cari tahu keunggulannya. Siapkan juga bagaimana pengemasan produk agar menarik di mata konsumen. Lakukan persiapan sebelum memulai usaha untuk menjualnya.

4Mengenali Pasar

thebalance.com

Lakukan analisa pasar untuk mengetahui minat masyarakat, khususnya konsumen yang menjadi target market bisnis Anda. Cari tahu pendapat mereka tentang produk yang ingin Anda pasarkan. Sekalian cari tahu juga kompetitor yang ada untuk mempersiapkan strategi dalam menghadapi mereka.

Baca Juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan

5Membuat Nama Usaha

gambar: digitalgrowth.ca

Nama usaha itu bagian sangat penting dalam kegiatan promosi. Kembangkan kreativitas Anda agar dapat membuat nama usaha yang menarik dan mudah diingat oleh publik. Brand Anda harus berbeda dari yang lain dan sebaiknya dapat merepresentasikan jenis usaha Anda.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Nama Brand yang Bagus untuk Usaha Baru Anda

6Sumber Pendanaan

Darimana modal usaha Anda? Apakah dari uang pribadi atau patungan bersama mitra bisnis Anda? Selain itu, Anda juga bisa mencari sumber pendanaan lainnya. Misalnya, dari pinjaman bank, mencari investor, dan lain-lain. Pastikan modal Anda cukup untuk menjalankan usaha tersebut.

Baca Juga: 2 Aturan Penting Soal Uang yang Harus Anda Pahami dan Terapkan

7Rencana Bisnis yang Matang

gambar: legalservicesincorporated.com

Perencanaan bisnis harus dilakukan dengan serius. Tentukan visi-misi dalam bisnis. Target apa yang ingin dicapai? Pikirkan baik-baik strategi promosi dan pemasaran yang jitu untuk memperkenalkan bisnis Anda dan merebut hati konsumen. Buatlah dengan penuh perhitungan supaya bisnis Anda punya arah dan tujuan yang jelas.

8Menentukan Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis adalah tempat yang menjadi pusat kegiatan usaha Anda. Jika Anda menjalankan bisnis offline, carilah tempat strategis yang tepat. Atau jika Anda akan menyewa kantor, carilah gedung perkantoran yang nyaman dan memudahkan proses kegiatan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Teamwork Bagi Diri Sendiri dan Perusahaan

9Merekrut Pekerja

Anda juga perlu menyiapkan pekerja, jika usaha Anda sudah membutuhkannya sejak awal. Jika Anda mau merekrut karyawan, tentukan kriteria dan job desk-nya. Sebarkan lowongan kerja di internet dan interview mereka. Kemudian, pilih yang terbaik dari semua pelamar.

10Mengurus Izin Usaha

gambar: dissertationsage.co.uk

Mungkin belum ada aturan yang jelas dari pemerintah untuk bisnis online kecil-kecilan. Namun, jika bisnis Anda lebih profesional, maka sebaiknya Anda memperhatikan aspek legalitas. Sehingga usaha Anda sah di mata hukum dan Anda dapat merasa aman saat bisnisnya berjalan.

Baca Juga: 7 Cara Mengembangkan Usaha Agar Bisa Sukses di Tengah Persaingan


Nah, itulah segala persiapan sebelum memulai usaha yang harus Anda perhatikan. Persiapkan semuanya dengan baik supaya bisnis Anda dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Bahkan sekalipun nantinya ada hambatan, Anda pun pasti akan lebih siap untuk mengatasinya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.