Lakukan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Kenalan Bisnis – Banyak teman, banyak rezeki. Memperluas jaringan bisnis itu penting untuk membantu Anda dalam membangun bisnis.

Semakin banyak koneksi bisnis, semakin banyak kesempatan untuk Anda menjalin kerja sama bisnis yang dapat saling menguntungkan. Itulah sebabnya Anda perlu menambah jumlah relasi bisnis.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Membangun Kepercayaan dalam Bisnis

Namun, membangun relasi bisnis memerlukan strategi. Anda harus tahu apa yang mesti dilakukan sejak pertama kali berkenalan dengan orang yang baru Anda temui agar orang tersebut terkesan sama Anda.

Oleh sebab itu, berikut tips sederhana yang perlu diperhatikan saat Anda bertemu kenalan baru di lingkungan bisnis.


7 Tips Saat Pertama Kali Bertemu Kenalan Bisnis

1Penampilan yang Rapi

hal yang perlu diperhatikan saat menghadiri acara penting

Pastikan Anda sudah menyiapkan penampilan yang rapi untuk menghadiri acara atau kegiatan dengan komunitas bisnis Anda. Sebab, penampilan Anda adalah hal pertama yang dilihat dan dinilai oleh orang lain.

Dengan penampilan yang rapi, rasa percaya diri juga akan bertambah. Anda pun akan terlihat lebih meyakinkan sebagai pebisnis yang profesional.

Baca Juga: 7 Tanda Anda Lebih Cocok Jadi Pebisnis daripada Karyawan

2Tak Usah Pamer

sikap baik yang perlu dimiliki seorang pemimpin

Jangan membanggakan diri di hadapan orang lain dengan maksud membuat orang kagum pada Anda. Malahan, Anda akan kelihatan sombong jika Anda pamer pada orang yang baru pertama kali bertemu.

Maka dari itu, tak usah memamerkan segala pencapaian Anda dalam bisnis. Tahan ego Anda dan belajar rendah hati agar orang merasa nyaman untuk berkenalan.

Baca Juga: 3 Ilmu Penting yang Perlu Diketahui oleh Calon Pengusaha

3Sampaikan Pujian Padanya

cara menjalin relasi yang baik dengan orang lain

Coba sampaikan pujian terlebih dahulu pada kenalan baru Anda. Misalnya, katakan bahwa Anda suka model pakaiannya atau Anda menyukai produk bisnis yang dijalankannya.

Dengan pujian tersebut, kenalan Anda pasti akan senang, walaupun mungkin terkesan sekadar basa-basi. Namun, sebuah pujian dapat membuat orang lain ingin berteman dengan Anda karena merasa bahwa Anda adalah orang yang hangat.

Baca Juga: 4 Manfaat Menyampaikan Permintaan Maaf di Tempat Kerja

4Jadi Pendengar yang Baik

cara menjadi pendengar yang baik untuk karyawan

Anda harus tahu kapan Anda harus bicara dan kapan Anda harus diam. Saat orang sedang berbicara, dengarkan baik-baik agar orang itu merasa diperhatikan dan komunikasi bisa nyambung.

Jadi, hormati lawan bicara Anda dan hindari memotong pembicaraannya. Jika dia telah selesai berbicara, barulah Anda bisa menanggapinya dan gantian bercerita.

Baca Juga: 6 Hal yang Pantang Dilakukan Jika Ingin Sukses

5Bicarakan Hal yang Penting

pembicaraan di tempat kerja

Pilih topik pembicaraan yang menarik. Hindari membicarakan hal-hal yang tidak penting dan berbelit-belit karena akan membuat kenalan Anda bosan.

Karena Anda berada di lingkungan bisnis, topik seputar dunia usaha akan lebih menarik. Anda pun akan kelihatan cerdas jika Anda mampu mengimbangi lawan bicara Anda dengan membicarakan hal-hal yang berbobot.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

6Lakukan Kontak Mata

cara mengatasi konflik antara pemimpin dan karyawan

Saat berkomunikasi dengan orang lain, pastikan Anda melakukan eye contact atau kontak mata. Tatap mata lawan bicara Anda sebagai tanda bahwa Anda mendengarkannya atau Anda ingin dia memperhatikan Anda.

Kontak mata juga menandakan bahwa Anda memiliki kepercayaan diri. Anda yakin dengan apa yang Anda bicarakan sehingga orang lain akan lebih menaruh perhatian pada Anda.

Baca Juga: 4 Fungsi dan Manfaat Kartu Nama Bisnis

7Berikan Kartu Nama

tips melakukan negosiasi harga dengan pelanggan

Jangan lupa berikan kartu nama agar kenalan baru Anda lebih mudah mengingat tentang diri Anda. Minta juga kartu namanya dan simpan dengan baik karena suatu hari Anda mungkin ingin menghubunginya kembali.

Selain itu, pastikan kartu nama Anda didesain dengan bagus dan dicetak dengan bahan berkualitas. Sebab, walaupun hal simpel, kartu nama dapat memberikan kesan yang positif jika tampilannya keren.

Baca Juga: Tips Agar Hubungan dengan Partner Bisnis Tetap Terjaga


Nah, itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda pertama kali bertemu kenalan bisnis. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk menambah relasi bisnis Anda!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.