10 Jenis Pesan Email yang Bisa Anda Kirim ke Pelanggan – Email adalah salah satu sarana komunikasi yang efektif untuk memasarkan bisnis. Email menjadi alat pemasaran digital yang banyak dipakai oleh para pebisnis profesional sekarang ini.

Bagi para pengguna teknologi, email adalah kebutuhan untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan bisnis, transaksi online, media sosial, dan mengirim informasi pribadi ke orang lain. Karena email sering dipakai banyak orang dalam kehidupan sehari-hari, email pun masih menjadi favorit banyak pebisnis untuk menjangkau konsumen atau pelanggan.

Baca Juga: Dengan 5 Hal Ini, Klien Bisnis Akan Selalu Mengingat Anda

Nah, bagi Anda yang ingin memasarkan produk atau layanan melalui email marketing, ada banyak jenis pesan yang bisa Anda kirimkan ke daftar pelanggan. 10 jenis pesan berikut ini dapat Anda kirim untuk menarik perhatian dan mempertahankan pelanggan.

10 Pesan Email Marketing yang Bisa Anda Kirim ke Pelanggan

1Pengumuman Bisnis

gambar: codagecorp.com

Bagikan informasi penting kepada pelanggan melalui email pengumuman. Seperti email tentang produk baru atau penghargaan yang baru diterima oleh bisnis atau perusahaan. Anda bisa membuat email ini jadi menarik dengan cara mengajak pelanggan untuk ikut merayakannya. Misalnya, menawarkan pelanggan untuk mencoba produk terbaru secara gratis, atau memberikan diskon spesial setelah menerima penghargaan sebagai rasa terima kasih atas dukungan pelanggan selama ini.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Konsumen Tidak Membeli Produk Anda

2Penawaran Spesial

Pelanggan sangat suka dengan penawaran spesial seperti diskon atau voucher belanja. Jenis pesan ini dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan untuk terus berhubungan dengan bisnis Anda. Saat pelanggan membaca email promosi berisi penawaran spesial, pelanggan akan merasa senang dan tertarik untuk membuka email Anda lainnya di kemudian hari.

3Rangkuman Artikel

Jika Anda aktif mempublikasikan konten blog di website bisnis Anda, Anda bisa mengirimkan sejumlah artikel informatif dan menarik pada pelanggan. Buat rangkuman atas beberapa artikel pilihan, berupa judul dan beberapa kalimat yang merangkum isi tulisan, serta lengkapi dengan gambar dengan link yang menuju pada postingan selengkapnya.

Baca Juga: 4 Tipe Konsumen dan Cara Menarik Perhatiannya

4Konfirmasi Transaksi

Bagi Anda yang menjalankan situs e-commerce seperti toko online, pelanggan akan memesan produk Anda secara online. Supaya tidak terjadi kesalahan dalam transaksi, Anda bisa mengirimkan email konfirmasi dan meminta pelanggan mengonfirmasi status pesanan, alamat pengiriman, dan lain-lain. Jadikan email ini otomatis terkirim setiap kali terjadi pemesanan online di situs Anda.

5Setelah Pembelian

Setelah pembelian produk Anda, Anda bisa mengirimkan kembali email kepada pelanggan. Pesan dapat berisi tentang ucapan terima kasih, menawarkan bantuan apabila pelanggan memiliki pertanyaan seputar produk yang dibeli, dan bisa juga tentang survei kepuasan pelanggan setelah berbelanja untuk mengukur tingkat pelayanan Anda.

Baca Juga: 4 Tips Menerapkan Promosi Gratis Ongkir Tanpa Mengalami Kerugian

6Selamat Ulang Tahun

gambar: bumblebeehq.com

Jika Anda memiliki data tanggal lahir pelanggan, Anda bisa mengirimkan email saat pelanggan berulang tahun. Selain itu, bisa juga mengirimkan pesan di hari raya untuk mengucapkan selamat merayakan hari besar. Jenis email ini bisa menjadi bukti bahwa Anda memberikan perhatian pada pelanggan di hari spesialnya.

7Undangan Event

gambar: campaignmaster.co.uk

Saat Anda akan menggelar suatu event, tidak cukup hanya mengumumkan di website atau media sosial bisnis Anda. Untuk memastikan pelanggan mengetahuinya, Anda bisa mengirimkan email. Email juga memberikan kesan seperti Anda mengajak pelanggan secara personal untuk datang langsung ke acara tersebut.

Baca Juga: 6 Langkah Mengatasi Keluhan Konsumen Agar Konsumen Puas Setelah Kecewa

8VIP

gambar: priyasdisneyadventure2015.blogspot.co.id

Berikan penghargaan pada pelanggan yang paling loyal dengan mengirimkan pesan VIP secara khusus. Bisa juga pesan VIP dikirimkan ke orang penting untuk kepentingan bisnis Anda. Misalnya, pesan berisi penawaran eksklusif untuk mengikuti program di perusahaan Anda dengan harga yang spesial yang hanya diberikan kepadanya.

9Reminder

gambar: lindaraftree.com

Jika Anda menjalankan bisnis jasa, Anda bisa mengirimkan pesan reminder atau pengingat agar pelanggan tidak lupa akan hal atau kegiatan tertentu. Misalnya, mengirimkan email untuk mengingatkan jadwal penerbangan dan kode booking pesawat. Email bisa dikirim sehari atau seminggu sebelum hari-H.

10Download Gratis

gambar: cognitiveseo.com

Jenis email ini bisa digunakan sebagai penawaran atau ucapan terima kasih. Anda bisa menawarkan pelanggan untuk mengunduh konten tertentu yang menarik secara gratis. Seperti template, video instruksional atau pembelajaran mengenai penggunaan produk dan layanan Anda, serta gambar atau foto untuk digunakan sebagai wallpaper komputer dan smartphone.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

Nah, itulah 10 jenis pesan email yang bisa dikirim secara berkala ke daftar pelanggan bisnis Anda. Pastikan pesan berisi informasi yang penting dan konten mudah diakses, sehingga pelanggan Anda tidak mau berhenti untuk berlangganan email Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here