3 Langkah Praktis Menentukan Produk Jualan Online yang Tepat – Langkah awal untuk menjalankan online shop atau toko online adalah menentukan produk yang akan dijual. Anda bisa menjual produk sedang menjadi tren atau bisa juga menjual produk yang belum banyak saingannya.

Meski terdengar seperti hal yang sepele, kenyataannya masih banyak orang bingung untuk memulai bisnis online sendiri. Bisnis akhirnya tidak juga berjalan gara-gara tidak tahu harus menjual barang apa.

Baca Juga: 6 Rumus Dasar Dalam Berbisnis yang Harus Anda Terapkan

Padahal, mencari ide bisnis dan produk yang tepat tidak harus memakan waktu lama. Anda jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal yang rumit. Inspirasi ada di sekitar Anda. Perhatikan lingkungan Anda dan lihat semua peluang bisnis yang ada.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari produk yang tepat untuk toko online Anda, berikut tiga langkah praktis untuk mempertimbangkan produk yang bagus untuk dijual secara online.

3 Pertimbangan Dalam Menentukan Produk Jualan Online yang Tepat

1Apa Produk yang Ingin Dijual?

gambar: problab.com

Pertanyaan pertama adalah produk apa saja yang ingin Anda jual? Coba kumpulkan beberapa nama barang yang kira-kira menarik menurut pengamatan Anda. Anda bisa meminta pendapat dari anggota keluarga, teman-teman Anda, melihat sekitar tempat tinggal Anda, atau mencari referensi di internet.

Setelah itu, Anda pasti akan menemukan sejumlah produk untuk bisnis Anda. Kemudian, Anda bisa mempertimbangkan salah satunya atau lebih dari satu macam produk yang akan dijual di toko online Anda.

Baca Juga: 9 Bisnis Seleb Indonesia yang Bisa Anda Curi Idenya

2Apakah Produk Tersebut Bisa Terjual?

Anda telah menemukan satu atau beberapa produk untuk bisnis online Anda. Namun, pertanyaannya adalah apakah produk tersebut bisa terjual? Apakah Anda yakin jika produk tersebut akan laku dibeli orang-orang.

Tentu saja, ini adalah hal yang rumit untuk memprediksi seberapa laris produk jualan online Anda nantinya. Jika Anda ingin serius, Anda sebaiknya melakukan riset pasar atau riset pemasaran untuk menguji kelayakan produk Anda. Hasil riset akan memberikan Anda gambaran berupa informasi dan data mengenai perilaku konsumen yang jadi target market Anda, dan Anda juga akan tahu minat konsumen terhadap produk Anda.

Namun, riset pasar adalah cara yang membingungkan bagi pebisnis pemula. Cara termudah untuk mengetahui apakah produk Anda akan laku ialah dengan melihat tren. Jika produk yang ingin Anda jual sedang populer, maka pasti produk tersebut banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Sehingga Anda tinggal merebut pasar yang ada dengan menerapkan strategi promosi dan pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen.

Baca Juga: Pastikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

3Di Mana Mendapatkan Produk Tersebut?

Jika Anda sudah mulai yakin menjual suatu produk, maka langkah selanjutnya adalah mencari di mana Anda bisa menemukan distributor, agen, atau supplier untuk produk tersebut? Anda harus mendapatkan yang terbaik dan terpercaya demi kelancaran bisnis online Anda.

Biasanya, banyak rekomendasi yang bisa Anda temukan di internet. Namun, cara terbaik adalah meminta rekomendasi dari koneksi Anda. Siapa tahu ada kenalan yang mengetahui orang yang tepat untuk membantu Anda.

Namun, sebelum Anda menjalin kerja sama, pastikan distributor, agen, atau supplier tersebut dapat diandalkan. Carilah yang mau menjalin relasi dengan baik, mampu memasok produk yang berkualitas, dan pastinya mau memberikan harga yang terjangkau untuk Anda.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

Nah, itulah tiga langkah praktis untuk menentukan produk jualan online yang tepat untuk bisnis Anda. Nantinya, Anda bisa menjual produk tersebut di media sosial, website toko online, maupun website marketplace terkenal yang ada di Indonesia. Semoga berhasil!