Begini Cara Melakukan Promosi Tanpa Keluar Modal – Saat usaha baru dimulai, pasti belum banyak orang yang tahu tentang bisnis Anda. Palingan hanya beberapa teman dan kerabat dekat saja yang mengetahuinya.

Makanya, Anda harus gencar melakukan promosi ke mana-mana. Anda tidak bisa diam saja menunggu datangnya konsumen, karena Anda yang harus terlebih dahulu memperkenalkan nama brand dan produk Anda kepada target pasar Anda.

Baca Juga: Agar Dagangan Laris Manis, Inilah yang Harus Dilakukan Penjual

Namun masalahnya, melakukan promosi itu biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika modal Anda seadanya, Anda mungkin akan bingung harus berbuat apa.

Akan tetapi, sebenarnya ada kok cara promosi yang murah meriah dan tanpa biaya. Berikut simak pembahasannya.


Cara-Cara Promosi Tanpa Keluar Modal

1Buat Blog

cara mempromosikan produk - blogger

Membuat blog tidak perlu bayar alias gratis. Anda bisa membuat blog sederhana di WordPress.com atau Blogger.com (Blogspot).

Setelah nama blog Anda jadi, Anda tinggal mengatur tampilan sesuai keinginan. Platform pembuatan blog biasanya sudah memberikan berbagai pilihan template blog yang bagus. Anda tinggal menggunakan yang paling cocok untuk blog bisnis Anda.

Kemudian, Anda sudah boleh langsung mempublikasikan konten-konten promosi. Anda bisa membuat blog tersebut menjadi tempat untuk Anda memasarkan semua produk yang Anda jual.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Dipelajari Pengusaha Online

2Gunakan Media Sosial

aplikasi media sosial

Media sosial adalah platform yang pas untuk menjalin dan membangun komunitas online. Anda bisa membuat akun di Facebook, Instagram, Twitter, dan jejaring sosial lainnya.

Kemudian, aktiflah membuat konten promosi yang kreatif dan mempostingnya secara berkala. Bangun followers Anda dan jadikan mereka pelanggan setia Anda.

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini Agar Konten Bisnis di Medsos Tepat Sasaran

3Pasang Iklan Online Gratis

lakukan hal ini untuk atasi bisnis yang mandek

Terdapat berbagai website periklanan gratis di internet. Anda tinggal mencarinya di Google dengan kata kunci “pasang iklan gratis” dan langsung menemukan sejumlah rekomendasi, di antaranya situs Olx, Jualo, Bukalapak, Kaskus, dan sebagainya.

Coba saja mendaftarkan iklan Anda, karena prosesnya cepat jika Anda mengikuti panduan yang diberikan. Situs tersebut juga sudah terkenal dan punya jutaan pengunjung, sehingga kemungkinan besar iklan akan dilihat banyak orang.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda

4Promosi dari Mulut ke Mulut

bicara secara personal - karyawan dan entrepreneur

Selain itu, aktivitas promosi tanpa keluar modal bisa juga dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Cara ini mengandalkan kemampuan komunikasi Anda selaku pelaku bisnis.

Manfaatkan setiap kesempatan Anda bertemu dengan orang lain untuk memperkenalkan bisnis Anda dan menawarkan produk yang Anda jual. Penjualan langsung seperti ini sangat efektif jika Anda pandai menginformasikan bisnis Anda.

Kemudian, promosi mulut ke mulut yang berasal dari orang lain akan lebih efektif lagi, karena biasanya konsumen akan lebih percaya suatu rekomendasi atau cerita pengalaman belanja dari pihak lain yang sudah dikenalnya.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnis Cepat Untung Walau Baru Dimulai


Nah, itulah beberapa cara melakukan promosi tanpa keluar modal. Anda bisa langsung mencobanya, karena gampang, hemat, dan dapat membantu pemasaran bisnis Anda.

Semoga berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.