5 Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Relasi Bisnis – Setiap entrepreneur tidak dapat mengembangkan usahanya tanpa bantuan relasi bisnis. Berbisnis tidak hanya soal menjual produk dan mendapatkan konsumen atau menyediakan jasa dan mendapatkan klien, lalu Anda mendapatkan keuntungan. Kelangsungan bisnis dalam jangka panjang membutuhkan relasi bisnis yang lebih daripada itu.

Dalam menjalankan usaha, Anda pasti akan bersinggungan dengan berbagai pihak. Mulai dari sesama pengusaha dari bidang yang sama dan yang berbeda bidangnya, hingga pegawai pemerintah. Mereka adalah relasi bisnis dan Anda suatu hari akan membutuhkan mereka atau mereka yang membutuhkan Anda.

Baca Juga: Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini

Untuk berkenalan dan kemudian membangun hubungan yang baik dengan relasi bisnis demi kepentingan usaha Anda, tentu perlu strategi dan upaya. Nah, coba Anda terapkan lima tips sederhana berikut ini agar hubungan Anda dengan relasi bisnis tetap terjaga dengan baik.

5 Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Relasi Bisnis

1Saling Menukar Kartu Nama

Pastikan Anda selalu membawa kartu nama karena itu penting sekali untuk memudahkan Anda menjalin pertemanan dengan relasi bisnis yang baru. Desain kartu nama Anda semenarik mungkin dan berikan padanya saat berkenalan. Jangan lupa juga minta kartu nama mereka. Jika kebetulan tidak ada kartu nama, minimal saling menukar nomor telepon. Sehingga Anda dan relasi Anda bisa saling menghubungi nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memasarkan Bisnis Dari Hobi Anda

Pastikan kartu nama tidak hanya berisi nomor telepon Anda, tapi juga nama akun media sosial, alamat email dan website, hingga profil singkat Anda dan bisnis yang Anda jalankan. Dengan selembar kartu nama, relasi Anda bisa mengetahui informasi tentang diri Anda dan usaha yang Anda miliki.

2Selalu Jaga Komunikasi

Setelah berkenalan, Anda perlu melakukan interaksi untuk menjalin tali komunikasi. Jangan bersikap pasif, tapi lebih baik memiliki inisiatif untuk menghubungi terlebih dahulu. Mulai dari sekadar mengucapkan selamat dan bertanya kabar, akan membuat mereka selalu ingat dengan Anda.

Baca Juga: Jika Usaha Sedang Sepi, Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga

Jika sudah mulai akrab, Anda bisa membuat janji untuk kopi darat untuk mengobrol tentang bisnis. Kemudian untuk melanjutkan hubungan kerja sama bisnis secara profesional akan jauh lebih mudah karena sudah saling mengenal dengan cukup baik.

3Bantu Kebutuhan Mereka Juga

Relasi bisnis Anda pasti punya kebutuhan tertentu untuk usahanya yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda. Jika Anda mengetahui kebutuhan tersebut dan Anda bisa membantunya, segera bantu mereka dengan senang hati. Hubungan yang baik akan lebih kuat jika Anda peduli dengan kebutuhan orang lain dan tidak hanya memperhatikan urusan Anda sendiri.

Baca Juga: Bisnis Mengalami Krisis, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

Misalnya, saat relasi bisnis Anda membutuhkan nomor kontak seorang pengusaha yang Anda kenal. Anda bisa menjadi penghubung untuk mereka. Hal ini bisa menjadi cara untuk menambah relasi bisnis. Karena suatu hari, bisa jadi mereka juga akan memperkenalkan Anda dengan pengusaha lainnya.

4Perlakukan Mereka Sebagai Orang Penting

Setiap orang akan merasa senang jika diperlakukan sebagai orang penting. Maksudnya, Anda benar-benar menghormati relasi bisnis dan tidak memandangnya sebelah mata. Bersikaplah baik dari awal berkenalan hingga seterusnya agar mereka tahu betapa berharganya mereka di mata Anda. Suatu hari, Anda akan jadi salah satu orang yang paling diingatnya. Sehingga saat Anda membutuhkan bantuan, mereka pasti bisa lebih cepat menanggapinya.

Baca Juga: Jangan Ragu Jualan Online, Ada 5 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

5Bersikaplah Rendah Hati

Kesombongan akan menjatuhkan nama baik Anda. Tidak ada orang yang senang bekerja sama dengan orang yang sombong. Untuk itu, sikap rendah hati harus selalu melekat pada diri Anda. Bahkan meskipun bisnis Anda lebih maju dari orang lain, jangan meremehkannya, karena Anda tetap butuh orang lain untuk kepentingan bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here