5 Alasan Kenapa Resolusi Anda Sering Gagal – Memulai tahun baru dengan resolusi yang baru adalah suatu keharusan bagi banyak orang.

Dengan memiliki resolusi, hidup menjadi lebih bergairah. Anda menjalani tahun baru dengan penuh semangat dan harapan untuk menata masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memulai Bisnis di Tahun Baru

Namun, coba cek resolusi Anda di tahun-tahun sebelumnya. Apakah lebih banyak yang tercapai atau lebih banyak yang gagal?

Jika selama ini resolusi tahun baru Anda sering gagal, mungkin Anda telah keliru dalam menyusun dan menjalankan resolusi Anda. Untuk itu, coba perhatikan beberapa alasan kenapa resolusi bisa gagal berikut ini.


5 Penyebab Resolusi Anda Sering Gagal

1Resolusi Tidak Spesifik

tips sukses membuat resolusi tahun baru

Mungkin Anda membuat resolusi yang tidak spesifik. Maksudnya, resolusi Anda tidak cukup detail dan jelas, sehingga membuat Anda sendiri bingung dalam mewujudkannya.

Misalnya, “ingin hidup lebih hemat” adalah resolusi yang terlalu umum. Anda perlu menjabarkannya secara lebih rinci. Contoh: “menabung Rp 1 juta setiap bulan”.

Sehingga setiap akhir bulan Anda sudah tahu berapa banyak uang dari penghasilan Anda yang harus ditabung. Ini akan membuat Anda lebih konsisten dalam menabung dan berhemat.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Sendiri Sambil Bekerja Penuh Waktu

2Resolusi Tidak Realistis

resolusi memulai bisnis di tahun baru
gambar: rocksdigital.com

Boleh saja memiliki target yang besar. Namun, coba lebih realistis dalam mengukur kemampuan diri agar Anda sadar mana resolusi yang pas untuk Anda.

Misalnya, Anda ingin membuka restoran. Namun, keadaannya Anda belum punya modal yang cukup dan butuh waktu agar modal untuk menyewa tempat dapat terkumpul.

Jika seperti itu, sebaiknya Anda cari alternatif. Bisa dengan memulai usaha katering kecil-kecilan dulu, sehingga Anda tak perlu keluar modal untuk sewa tempat dan cukup memakai dapur di rumah untuk mulai berbisnis makanan.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Mengikuti Impian Itu Penting Dilakukan

3Tidak Ada yang Mendukung

hal positif jika anda tidak merasa minder

Memang benar hidup harus mandiri. Tapi jika Anda benar-benar sendiri dan berada di tengah-tengah lingkungan yang tak mendukung, biasanya Anda akan kesulitan dan membuat resolusi Anda sering gagal.

Misalnya, resolusi Anda ingin diet dan hidup sehat. Namun, teman-teman Anda tidak ada yang suka diajak berolahraga. Akhirnya, Anda pun terpengaruh dan malas-malasan.

Maka dari itu, coba cari orang-orang yang tepat dan sevisi dengan Anda. Sehingga Anda akan lebih bersemangat dengan resolusi yang sudah dibuat.

Baca Juga: 4 Tips Agar Tidak Kewalahan dengan Pekerjaan yang Menumpuk

4Tidak Mengatur Waktu dengan Baik

target waktu - kalender tahun baru
gambar: shutter-franchise.co.uk

Anda memiliki waktu 12 bulan untuk mewujudkan resolusi tahun baru Anda. Seharusnya cukup untuk Anda melakukan banyak hal dan juga mencapai banyak hal yang Anda impikan.

Namun, jika Anda tidak pandai mengatur waktu, rencana Anda bisa berantakan. Anda keteteran dalam mengerjakan hal-hal penting dan membuat resolusi Anda tidak dapat terwujud dengan maksimal.

Maka dari itu, manfaatkan waktu sebijaksana mungkin. Buat prioritas dan kerjakan dengan benar. Jangan menunda-nunda dan giat dalam berusaha. Niscaya, Anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Ditunjukkan Saat Menghadapi Masalah Bisnis

5Anda Fokus Sama Hal-Hal Negatif

sikap yang harus ditunjukkan saat menghadapi masalah bisnis

Pasti akan ada banyak tantangan dan cobaan saat mewujudkan resolusi tahun baru. Hal-hal yang tak menyenangkan akan terjadi dan coba mengganggu fokus Anda.

Jika Anda lebih fokus pada masalah, Anda akan cenderung bersikap negatif. Akibatnya, semangat hanya bertahan pada awal-awal bulan saja. Lalu, Anda tidak lagi peduli dengan resolusi Anda.

Jika Anda seperti itu, kegagalan akan terus terjadi. Lebih baik Anda memotivasi diri karena akan membuat Anda mampu bertahan sampai akhir.

Baca Juga: 8 Bisnis di Akhir Tahun yang Meningkat Pesat Selama Masa Libur


Nah, itulah beberapa penyebab resolusi Anda sering gagal. Semoga tahun ini Anda bisa lebih baik dalam menjalankan resolusi dan mencapai hasil yang sesuai harapan.

Happy New Year!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.