5 Tips untuk Anda yang Punya Resolusi Memulai Bisnis di Tahun Baru – Setiap tahun baru tiba, banyak orang yang membuat resolusi baru tentang hal-hal yang ingin dicapai selama setahun. Mempunyai resolusi bisa membantu perjalanan hidup di tahun baru jadi lebih terarah dan memiliki tujuan yang jelas.

Tidak sulit membuat resolusi. Namun, untuk menjalani realita itu yang tidak mudah. Harapan-harapan di awal tahun akan diuji saat Anda menghadapi banyak tantangan yang tidak sesuai ekspektasi. Apalagi jika Anda mempunyai resolusi untuk memulai bisnis sendiri. Tentu saja, banyak hal yang harus Anda upayakan agar resolusi tersebut dapat terwujud di tahun baru.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

Untuk itu, bagi Anda para calon pebisnis, yuk simak tips berikut ini agar impian Anda untuk membuka usaha sendiri di tahun yang baru dapat terlaksana dengan baik.

5 Tips Agar Resolusi Memulai Bisnis di Tahun Baru Dapat Terwujud

1Ide Bisnis Harus Realistis

Pastikan ide bisnis Anda itu realistis. Maksudnya, Anda menulis resolusi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Memang tidak ada salahnya bermimpi setinggi mungkin, namun cobalah untuk menilai kemampuan secara realistis. Hindari membuat resolusi yang kemungkinan besar sulit untuk dicapai dalam setahun.

Misalnya, Anda ingin membuka sebuah kafe di dalam mal karena menilai bisnisnya sedang berpotensi untuk berkembang. Padahal, kenyataannya Anda sama sekali tidak punya pengetahuan yang memadai di dunia kuliner dan modal Anda tidak cukup untuk menyewa ruang di mal. Seperti diketahui harga sewa itu mal sangat mahal karena merupakan tempat yang sangat ramai pengunjungnya.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

Lebih baik jika Anda ingin mempermudah perjalanan bisnis Anda, buatlah resolusi yang sesuai dengan kemampuan Anda saat ini. Coba mulai dari hobi atau latar belakang pendidikan Anda. Misalnya, jika Anda lulusan Teknologi Informasi dan menyukai dunia internet, coba saja menjalankan bisnis online yang berkaitan dengan hobi Anda.

2Konsep Bisnis Harus Spesifik

Setelah menemukan ide bisnis yang pas, buatlah konsep bisnisnya. Konsep harus spesifik agar rencana bisnis Anda jelas dan Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Jika Anda ingin menjalankan bisnis online, tulis secara spesifik produk yang ingin Anda jual dan bagaimana cara pemasarannya. Misalnya, Anda mau menjual produk-produk suplemen fitnes melalui media sosial Instagram dan website sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan daftar nama produk yang ingin dijual dan membuat akun media sosial serta websitenya.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Bisnis

3Tetapkan Tujuan Utama Bisnis

Menetapkan tujuan utama bisnis Anda akan membuat Anda fokus di sepanjang perjalanan bisnis Anda. Anda tahu mengapa Anda menjalankan bisnis, dan Anda tahu apa yang ingin Anda raih melalui bisnis Anda untuk saat ini dan di masa yang akan datang. Ini akan membantu Anda menyusun rencana demi rencana bisnis yang terarah, serta membuat Anda lebih bergairah dalam menghadapi segala tantangan.

Baca Juga: Bisnis Lebih Terarah, Setiap Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini

4Tentukan Target Waktu

gambar: shutter-franchise.co.uk

Ada harus menentukan batas waktu untuk resolusi Anda. Targetkan waktu kapan Anda akan memulai bisnis yang telah Anda tulis agar Anda tidak menunda-nunda. Dalam setahun terdapat 12 bulan. Coba tentukan tanggal dan bulan berapa bisnis Anda akan dirilis, agar Anda bisa mendisiplinkan waktu Anda untuk mengejar target tersebut.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Harus Dikuasai Demi Meraih Kesuksesan

5Wujudkan

Setelah itu, teruslah berupaya mewujudkan resolusi Anda. Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa memulai bisnis di tahun yang baru ini, dan fokus dengan setiap rencana. Persiapkan segala hal yang dibutuhkan dan perhatikan target waktu, sehingga bisnis Anda dapat dimulai sesuai perkiraan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.