4 Hal Penting yang Akan Diketahui Saat Melakukan Riset Pasar – Memulai bisnis membutuhkan persiapan matang dan memakan waktu lama. Salah satu persiapan yang sangat penting sebelum menjalankan bisnis ialah melakukan riset pasar atau riset pemasaran.

Riset pasar adalah kegiatan yang dilakukan pebisnis untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai informasi atau data yang berguna terkait masyarakat yang akan menjadi target bisnis mereka. Setelah melakukan riset pasar, pebisnis akan lebih mudah untuk menyusun rencana pemasaran.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

Umumnya, data pada riset pasar bisa dikumpulkan melalui interview atau wawancara langsung atau tatap muka, survei, kuisioner online, dan diskusi kelompok untuk mengetes produk atau pelayanan. Proses riset memang rumit, tetapi harus dilakukan karena hasilnya dapat menjadi panduan dalam menentukan strategi bisnis yang akan dijalankan.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis baru, melakukan riset pasar akan memberikan sejumlah manfaat penting. Berikut empat informasi yang akan diketahui saat Anda melakukan riset pasar.

Baca Juga: 5 Contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha Dalam Berbisnis

4 Informasi yang Akan Anda Ketahui Saat Melakukan Riset Pasar

1Mengetahui Perilaku Konsumen

gambar: ipleaders.in

Riset pasar akan memberikan Anda pengetahuan tentang perilaku konsumen yang menjadi target bisnis Anda. Perilaku konsumen meliputi cara konsumen dalam membuat keputusan pembelian, caranya menggunakan atau mengonsumsi barang atau jasa yang dibeli, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam membuat keputusan saat pembelian dan penggunaan produk.

Dengan informasi mengenai perilaku konsumen tersebut, Anda bisa menyesuaikan strategi pemasaran yang efektif untuk membuat target pasar Anda mau membeli dan menggunakan produk Anda. Anda bisa mengikuti kemauan mereka dengan cara yang tepat.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan

2Mengetahui Minat Terhadap Produk Anda

Dengan melakukan riset pasar, Anda dapat memprediksi seberapa besar jumlah konsumen Anda. Anda akan mengetahui bagaimana konsumen menanggapi produk Anda, apakah mereka membutuhkannya atau ternyata produk Anda tidak menyelesaikan masalah kebutuhan mereka.

Nantinya, hasil riset dapat digunakan untuk mengevaluasi produk. Jika konsumen tidak berminat, berarti Anda harus berpikir ulang untuk memasarkan produk tersebut. Namun, jika konsumen ternyata menyukainya, maka Anda harus meningkatkan kualitas produk tersebut sebelum Anda pasarkan.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

3Mengetahui Kompetitor

Tidak ada bisnis tanpa persaingan. Sebagus apapun bisnis Anda, Anda tetap harus waspada terhadap pesaing atau kompetitor. Nah, dengan melakukan riset pasar, Anda akan tahu siapa saja yang berpotensi menjadi kompetitor langsung maupun tidak langsung dalam bisnis Anda.

Setelah itu, Anda bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan kompetitor tersebut agar Anda dapat menyusun strategi untuk mengalahkan mereka. Sehingga Anda bisa lebih siap untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi ini.

Baca Juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

4Mengetahui Hambatan Bisnis

Setiap jenis bisnis pasti ada hambatannya. Hambatan merupakan masalah serius yang dapat merintangi kemajuan bisnis Anda. Anda harus menguasai bidang bisnis Anda agar Anda mampu mengatasi setiap hambatan yang akan terjadi.

Contoh hambatan dalam bisnis, yaitu kendala perizinan untuk membentuk badan usaha, regulasi pemerintah yang berbelit-belit, minimnya vendor atau supplier yang tersedia, masalah modal usaha, dan lain-lain. Namun, semua hambatan tersebut tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan, karena Anda pasti akan lebih siap mengatasinya setelah melakukan riset pasar.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

Nah, itulah empat hal penting yang akan Anda ketahui saat melakukan riset pasar atau riset pemasaran. Bagi Anda yang akan segera memulai bisnis, semoga informasi tersebut berguna untuk membantu Anda menyiapkan bisnis dengan baik dan profesional.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here