6 Rumus Dasar Dalam Berbisnis yang Harus Anda Terapkan – Memulai bisnis adalah impian banyak orang. Bagi para pemula, bayangan kesuksesan membuat Anda bersemangat untuk segera menjalankan bisnis sendiri. Anda punya banyak ide yang ingin segera Anda realisasikan.

Namun, perlu Anda sadari sejak awal bahwa berbisnis itu penuh tantangan. Jika Anda bisa menghadapinya, maka kesuksesan bisa jadi milik Anda. Sedangkan jika Anda belum siap, maka kegagalan yang akan Anda terima. Anda harus siap dengan segala resikonya.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Merintis Bisnis Bagi Pemula

Sebagai entrepreneur pemula, Anda harus mengetahui rumus dasar dalam berbisnis untuk menjadi patokan Anda ketika menjalankan bisnis Anda. Dengan 6 rumus berikut, Anda akan siap untuk menjadi seorang entrepeneur.

6 Rumus yang Harus Jadi Patokan Anda Dalam Berbisnis

1Tahu Kapan Harus Memulai

humanengineers.com

Memulai bisnis butuh proses yang menguras waktu. Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan hingga saatnya tiba untuk merilis bisnis Anda. Mulai dari mencari ide bisnis, merencanakan konsep bisnis, mencari mitra kerja, membuat website, merancang desain logo, menyiapkan produk, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memulainya dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas. Untuk itu, perhatikan kondisi pasar untuk melihat peluang yang ada, sehingga Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda.

2Apa Tujuan Bisnis Anda?

Apa tujuan bisnis yang ingin Anda capai dalam jangka pendek hingga jangka panjang? Anda harus tahu visi utama bisnis Anda, karena itu yang akan menuntun Anda untuk melangkah ke arah yang benar.

Baca Juga: 6 Mentral Entrepreneur Sukses yang Harus Anda Miliki

Dengan mengetahui tujuan bisnis Anda secara jelas, Anda bisa mulai memikirkan langkah-langkah yang tepat untuk menggapainya. Sehingga Anda punya gambaran bagaimana perkembangan bisnis Anda ke depannya.

3Buat Rencana Bisnis

Setelah Anda menentukan tujuan bisnis, Anda lanjutkan dengan membuat rencana bisnis yang matang. Anda menyiapkan strategi-strategi bisnis yang akan Anda lakukan sehingga dapat bersaing dengan kompetitor dan unggul di mata konsumen.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Ketika Merilis Bisnis Baru

Pastikan segala konsep bisnis Anda terencana dengan baik, agar Anda mudah menjalankannya secara benar. Rencana bisnis yang matang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan menghadapi resiko yang ada.

4Mengevaluasi Bisnis

Setelah bisnis berjalan, Anda harus selalu melakukan evaluasi. Anda perhatikan kinerja bisnis Anda. Perhatikan apakah rencana bisnis Anda telah berjalan dengan benar, dan lihat sudah sejauh mana pencapaian bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Prinsip dalam Berinvestasi untuk Pemula

Dengan melakukan evaluasi, Anda tahu kekurangan dan kelebihan bisnis Anda. Kemudian lakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada bisnis Anda, dan juga upaya untuk meningkatkan kelebihan yang ada.

5Tahu Kapan Harus Berhenti

Anda harus siap menghadapi risiko terburuk, yakni kegagalan. Jika Anda merasa kinerja bisnis Anda terus memburuk, maka Anda harus sigap mengambil keputusan untuk berhenti. Anda harus siap menerima kenyataan.

Baca Juga: Bagaimana Menemukan Ide Bisnis yang Tepat? Berikut 3 Cara Efektif

Ini bukan berarti Anda menyerah, tapi Anda tahu kapan harus berhenti dan memulai kembali dari nol. Jangan buang waktu Anda dengan bisnis yang memang tidak akan menghasilkan apa-apa. Segera berhenti dan siapkan rencana lain, yakni plan B.

6Jalankan Plan B

Jika plan A tidak berjalan dengan baik, maka Anda harus rela menggantinya dengan plan B. Jangan terpaku hanya pada satu rencana. Tapi jalankan rencana baru untuk bisnis Anda, karena masih banyak peluang bisnis yang menunggu untuk Anda kembangkan. Jadi, tetap optimis dan terus berjuang mewujudkan impian Anda menjadi entrepreneur yang sukses.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.