Setelah Lulus Kuliah Langsung Kerja atau Buka Usaha? Ini Jawabannya – Anak muda zaman sekarang banyak yang ingin jadi pebisnis. Namun, pada saat semester akhir hingga jadi sarjana, banyak yang bingung untuk langsung berbisnis atau cari kerja dulu.

Anda mau melamar kerja di perusahaan atau langsung membuka usaha adalah dua pilihan yang sama-sama baik. Semua keputusan terserah Anda karena Anda yang menjalankannya.

Baca Juga: 5 Kesalahpahaman Soal Bisnis yang Harus Dihindari Generasi Millennial

Akan tetapi, sebelum Anda memutuskan mana yang lebih baik, coba Anda simak dulu pembahasan berikut ini.

Baca Juga: 8 Tips Sukses Memulai Usaha Sampingan Bagi Pekerja Kantoran

Setelah Lulus Kuliah: Langsung Kerja vs Buka Usaha

Lulus Kuliah Langsung Kerja

pengusaha muda - entrepreneur

Setelah Anda meraih gelar sarjana, Anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Apalagi jika Anda memiliki prestasi di universitas, aktif dalam organisasi mahasiswa, dan lulusan kampus ternama.

Jika Anda memilih untuk menjadi karyawan terlebih dahulu, maka carilah perusahaan yang bagus dan bergerak di bidang industri yang sesuai minat Anda. Misalnya, jika Anda berencana untuk membangun bisnis e-commerce sendiri, cobalah melamar kerja di perusahaan startup. Sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman yang berguna untuk bekal Anda saat berbisnis nanti.

Baca Juga: Buka Peluang Karier, Ini 12 Lembaga Pendidikan Mitra KoinWorks

Adapun keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda bekerja dulu, antara lain Anda bisa mempelajari keseluruhan proses bisnis di perusahaan, bisa membangun relasi bisnis dengan para profesional, dan Anda bisa mendapatkan gaji bulanan yang pasti untuk mengumpulkan modal usaha.

Namun, jangan lupa merencanakan sampai kapan Anda akan bekerja kantoran. Buatlah target sejak awal Anda bekerja agar rencana Anda untuk berbisnis bisa tetap direalisasikan.

Baca Juga: Bosan Jadi Pegawai Kantor? Resign Saja dan Jalankan 5 Bisnis Ini

Lulus Kuliah Langsung Usaha

bisnis berhasil - penjualan meningkat

Terjun langsung ke dunia bisnis setelah lulus kuliah? Kenapa tidak! Boleh saja, walau Anda mungkin belum punya pengalaman bisnis sama sekali.

Modal usaha bisa dari hasil tabungan sendiri atau dari pemberian orang tua. Namun, Anda harus tahu bahwa berbisnis itu penuh resiko. Sebagai pebisnis pemula, Anda harus menyiapkan diri sebelum membuka usaha.

Baca Juga: Begini Cara Pebisnis Pemula Menghilangkan Keraguan dalam Berbisnis

Selama Anda kuliah, mulailah mempelajari tentang dunia usaha. Anda bisa membaca banyak buku tentang bisnis, aktif mengikuti seminar wirausaha, dan bergabung dengan komunitas bisnis anak muda.

Anda harus membekali diri Anda dengan wawasan bisnis supaya Anda lebih siap berkecimpung di dunia bisnis yang penuh tantangan dan persaingan. Anda juga perlu membangun koneksi supaya Anda bisa belajar dari yang berpengalaman dan mendapatkan dukungan saat menghadapi rintangan dalam bisnis.

Baca Juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menjanjikan

Namun, bagaimana jika gagal? Tidak perlu terlalu dipikirkan. Setiap pebisnis yang saat ini sudah sukses dulunya pernah gagal. Usia Anda masih 20-an dan Anda masih punya banyak kesempatan untuk belajar dari kegagalan.

Jika belum berhasil, coba lagi dan lagi. Mumpung belum berumah tangga, beban ekonomi masih rendah, dan masih punya energi lebih, maka Anda masih punya banyak waktu untuk mengejar impian Anda.

Baca Juga: 10 Keuntungan Saat Memulai Bisnis di Usia Muda

Anda yang menentukan masa depan Anda sendiri. Anda sudah dewasa dan bebas untuk memilih apakah setelah lulus kuliah langsung kerja atau buka usaha. Selamat merencanakan tujuan hidup Anda. Semoga Anda sukses menjalankan pilihan Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.