5 Tanda Anda Sudah Siap Berbisnis Sendiri – Saat ini Anda masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan. Anda pergi bekerja setiap hari Senin hingga Jumat dari pagi hingga sore. Anda mulai merasa jenuh dengan pekerjaan dan menjadi malas untuk datang ke kantor.

Anda pun mulai berkeinginan untuk membuka usaha sendiri. Anda ingin menjadi seorang entrepreneur sukses yang punya bisnis berpenghasilan besar, namun dengan jam kerja fleksibel yang bisa Anda atur sendiri.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Merintis Bisnis Bagi Pemula

Menjadi bos bagi diri sendiri memang pilihan yang menarik. Tidak ada yang salah dengan keinginan tersebut. Siapa saja berhak untuk menentukan jalan hidupnya. Hanya saja, apakah Anda yakin untuk mengatakan selamat tinggal pada perusahaan Anda sekarang?

Sebelum Anda mengirimkan surat resign atau mengundurkan diri, sebaiknya Anda renungkan terlebih dahulu hal-hal berikut ini untuk menilai apakah Anda memang sudah siap menjadi wirausahawan. Berikut 5 tanda bahwa Anda sudah siap menjalankan bisnis sendiri.

5 Tanda Anda Sudah Siap Resign dan Berbisnis Sendiri

1Ingin Mengembangkan Potensi

Alasan utama Anda untuk memulai bisnis sendiri adalah karena Anda ingin mengembangkan potensi diri. Anda ingin sekali menjadi pribadi yang lebih baik dan meraih kesuksesan yang lebih besar sebagai entrepreneur.

Baca Juga: Ingin Usaha Anda Berkembang? Yuk Belajar dari Bos Zara Amancio Ortega

Anda merasa bahwa bekerja dengan orang lain tidak bisa membuat diri Anda berkembang secara maksimal. Anda tidak lagi tertarik mengejar karier di perusahaan Anda. Namun Anda lebih tertantang untuk segera memanfaatkan kesempatan dan potensi Anda untuk menjalankan bisnis sendiri.

2Pandangan Anda Jauh ke Depan

Anda adalah orang yang visioner. Anda sudah menargetkan pencapaian Anda dalam 5 tahun bahkan 10 tahun ke depan. Anda tahu apa tujuan hidup Anda secara jelas. Pandangan Anda selalu tertuju pada masa depan.

Baca Juga: 10 Perilaku Seorang Bos Sejati yang Patut Anda Miliki

Dengan selalu melihat jauh ke depan, mental Anda menjadi lebih optimis. Anda sudah menyiapkan berbagai rencana bisnis dan hidup Anda tidak mengalir begitu saja tanpa arah yang jelas. Ini membuat Anda punya harapan dan keyakinan untuk meraih apa yang Anda impikan.

3Kondisi Keuangan Sangat Baik

Saat ini Anda punya tabungan yang cukup banyak. Anda punya pemasukan yang rutin setiap bulan dan Anda selalu menyisihkan sebagian untuk ditabung. Anda menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga dan Anda punya investasi yang memberikan penghasilan pasif. Bahkan yang terpenting Anda tidak punya utang sama sekali.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda

Ini berarti kondisi keuangan Anda sudah sangat baik. Anda tidak kekurangan uang untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Anda pun sudah siap untuk mengeluarkan sejumlah modal untuk memulai bisnis yang Anda impikan.

4Prestasi di Kantor Sudah Bagus

Bagaimana prestasi Anda di kantor selama ini? Jika selama ini Anda bekerja malas-malasan dan Anda tidak disukai di kantor, maka ada yang salah dengan kepribadian Anda. Sebaiknya, Anda mengevaluasi diri Anda karena Anda akan menghadapi tantangan yang lebih besar jika menjalankan bisnis sendiri.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

Namun, jika selama ini Anda telah bekerja dengan baik, hubungan Anda dengan atasan dan rekan kerja juga baik, maka itu berarti Anda adalah orang yang pantas mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar. Anda pasti lebih siap untuk memulai bisnis karena Anda sudah kemampuan Anda sudah teruji di dunia kerja.

5Bukan untuk Pelarian

Keputusan Anda untuk menjalankan bisnis sendiri bukan berdasarkan emosi sesaat karena sedang punya masalah di kantor. Anda mau berbisnis bukan karena Anda ingin lari dari masalah pribadi Anda. Namun, fokus Anda memang untuk mengembangkan karier yang lebih besar sebagai entrepreneur.

Baca Juga: 6 Mental Entrepreneur yang Harus Anda Miliki Agar Bisa Sukses

Bagi Anda, menjadi entrepreneur adalah keputusan yang serius, sehingga Anda benar-benar menyiapkan diri Anda. Ini membuat Anda berani untuk hidup mandiri sebagai seorang entrepreneur sejati.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.