6 Sifat Buruk yang Bisa Menggagalkan Anda dalam Berbisnis – Banyak orang ingin membangun bisnis, tetapi pada kenyataannya hanya sedikit yang mampu menjadi pengusaha sukses.

Memang berbisnis itu tidak mudah. Kegagalan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya sifat Anda yang buruk.

Baca Juga: 6 Sikap Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

Mungkin Anda tidak menyadarinya karena Anda menutup mata atas kekurangan diri sendiri. Namun, jika Anda ingin berhasil, Anda perlu menyingkirkan sifat negatif yang melekat dalam diri Anda.

Dengan begitu, Anda dapat membangun kebiasaan dan menjadi pribadi yang lebih positif. Niscaya, Anda pun akan lebih siap untuk menjalankan bisnis dengan cara yang lebih baik.

Baca Juga: 10 Jurus Sukses dalam Membangun Bisnis

Nah, berikut beberapa sifat buruk yang mesti Anda tinggalkan.


6 Sifat Buruk yang Bisa Gagalkan Anda Berbisnis

1Sombong

contoh sikap negatif pemimpin di tempat kerja
gambar: pravsinfotech.com

Sehebat apapun Anda, ada orang yang lebih hebat. Walaupun Anda pintar, tidak selamanya Anda mengetahui segala hal dan dapat melakukan semua pekerjaan dengan benar.

Maka dari itu, jangan merasa sombong dan selalu lebih baik dari orang lain. Kesombongan dapat menjatuhkan Anda dan membuat Anda tidak menyadari kekurangan dan berhenti memperbaikinya.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Kemampuan Leadership dalam Bisnis

2Keras Kepala

kriteria pemimpin bisnis yang ideal

Ketika Anda berbisnis, Anda adalah bos atas bisnis Anda. Namun, bukan berarti Anda pasti selalu benar dan semua orang mesti mengikuti apa kata Anda.

Sebab ada kalanya rekan bisnis dan bawahan Anda punya pandangan yang lebih baik. Anda perlu belajar untuk menerima masukan dari orang lain agar setiap keputusan yang Anda ambil bisa berdasarkan pertimbangan yang lebih matang.

Baca Juga: Syarat-Syarat Menjadi Pemimpin yang Wajib Dimiliki Manajer

3Suka Mengeluh

pemimpin dan karyawan senior yang lebih tua
gambar: moneycrashers.com

Tidak ada orang yang tidak pernah mengeluh. Namun, jika Anda suka mengeluh, sifat buruk Anda tersebut tidak akan mengubah keadaan apapun, malah membuat hati dan pikiran Anda semakin kacau saat sedang bermasalah.

Maka dari itu, kurangi mengeluh dan perbanyak bersyukur. Selalu ada hikmah di balik setiap masalah. Lebih baik, Anda berpikir positif agar Anda bisa segera mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Hal yang Membuat Komunikasi dalam Bisnis Tidak Efektif

4Tidak Jujur

tips agar selalu berpikir positif dalam berbisnis

Pentingnya kejujuran dalam berbisnis terkadang tidak diindahkan karena terlalu egois demi meraup keuntungan. Itulah kenapa sering ditemui pebisnis yang melakukan penipuan dan merugikan konsumen.

Maka dari itu, jadilah pebisnis yang jujur. Jangan kompromi untuk berbohong, karena sekali Anda berbohong dan ketahuan, maka kredibilitas bisnis Anda akan sulit untuk dibangun kembali.

Baca Juga: 3 Manfaat Kritik dan Saran dari Pelanggan

5Ragu-ragu

hal yang tanpa disadari menimbulkan masalah dalam bisnis

Keragu-raguan adalah hal yang wajar, asalkan tidak sampai membuat Anda takut untuk bersikap tegas dalam mengambil keputusan. Pebisnis harus berani menanggung risiko dari setiap keputusan yang dibuat.

Sedangkan jika Anda ragu-ragu, bagaimana caranya Anda bisa memimpin orang lain, padahal Anda perlu mengarahkan tim Anda. Jadi, hindari pikiran yang tidak-tidak karena akan membuat Anda tidak berani bertindak.

Baca Juga: 3 Ilmu Penting yang Perlu Diketahui Para Calon Pebisnis

6Terlalu Pendiam

hai bos, ubahlah kebiasaan buruk di kantor berikut ini

Butuh komunikasi untuk dapat meyakinkan orang lain. Maka dari itu, jangan sampai Anda terlalu pendiam, apalagi bersikap anti-sosial dan tidak membuka diri dalam pergaulan.

Karena untuk menjadi orang sukses, Anda memerlukan jaringan bisnis yang luas. Anda perlu membangun koneksi yang dapat menunjang Anda untuk mencapai kesuksesan.

Baca Juga: Agar Dagangan Laris, Inilah yang Harus Dilakukan Penjual


Nah, itulah sifat-sifat buruk yang bisa menggagalkan Anda dalam berbisnis. Oleh sebab itu, hindari memelihara sifat negatif tersebut karena sifat apapun dapat diubah jika Anda mau berusaha untuk berubah.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.