Sikap-sikap Baik yang Perlu Dimiliki Seorang Pemimpin –┬áSeringkali orang yang baik hati dianggap sebagai orang yang lemah dan tidak tegas.

Sebagai pemimpin, mungkin Anda ragu untuk terlihat baik karena takut kehilangan wibawa. Namun, menjadi pemimpin yang tegas bukan berarti menjadi orang yang tidak ramah.

Baca Juga: Inilah 3 Skill Penting yang Perlu Dikuasai Seorang Pengusaha

Maka dari itu, perhatikan tutur kata dan perilaku yang baik saat berada di kantor. Sikap yang baik akan membuat orang lain semakin hormat kepada Anda.

Nah, berikut cara-cara bersikap baik yang bisa Anda tunjukkan kepada karyawan di kantor.

Baca Juga: 8 Tipe Pemimpin yang Ideal dalam Memimpin Perusahaan


5 Sikap Baik Pemimpin yang Perlu Anda Miliki

1Memberikan Solusi yang Baik

Pasti akan ada masalah dalam pekerjaan. Karyawan yang kesulitan menanganinya biasanya akan stres dan takut melakukan kesalahan yang fatal.

Namun, cobalah sudut pandang orang lain dalam melihat masalah agar Anda tidak mudah menghakimi mereka. Dengarkan masalah mereka dengan penuh perhatian.

Dengan begitu, Anda akan lebih memahami masalah karyawan. Sehingga Anda akan datang dengan solusi yang baik, bukan malah membuat mereka semakin tertekan.

Baca Juga: 5 Cara Pemimpin untuk Menjadi Pendengar yang Baik

2Memberikan Kritik yang Konstruktif

Bersikap baik bukan berarti Anda enggan memberikan kritik. Dalam sebuah hubungan kerja yang profesional, Anda perlu memberikan umpan balik kepada tim Anda.

Dengan menyampaikan kritik yang konstruktif Anda tidak akan terlihat sebagai pemimpin yang buruk. Namun, tim Anda akan menghargai masukan Anda karena pesan yang disampaikan bersifat membangun dan bukan menjatuhkan.

Maka dari itu, perhatikan pemilihan kata-kata yang positif saat mengkritik. Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan membantu karyawan Anda menjadi lebih baik dalam bekerja.

Baca Juga: 7 Contoh Pemimpin yang Memiliki Sikap Empati di Lingkungan Kerja

3Sabar dan Menahan Amarah yang Berlebihan

gambar: bizjournals.com

Pemimpin yang baik dapat bersikap sabar dan mengontrol amarah. Anda pasti sebal jika ada karyawan yang melakukan pelanggaran dan kesalahan. Namun, tidak semua hal harus dihadapi dengan emosi.

Jika kesalahan yang dilakukan masih sepele, cukup peringatkan dan berikan kritik yang membangun. Tidak perlu marah-marah dengan nada tinggi hingga mengucapkan kalimat negatif.

Baca Juga: 7 Hal yang Tidak Disenangi Karyawan dari Bosnya

4Izinkan Karyawan Melakukan Negosiasi

Biarkan karyawan mengutarakan keinginannya dan berdiskusi dengan Anda. Ada kalanya, karyawan ingin melakukan negosiasi terkait hak-haknya.

Misalnya, karyawan ingin mengajukan izin cuti kerja untuk jangka waktu yang panjang. Anda perlu menunjukkan sikap baik dan keramahan saat karyawan menyampaikan permohonannya itu.

Pahami keinginannya dan sesuaikan dengan kebijakan kantor. Jika memang memungkinkan, jangan tahan hak karyawan itu. Buatlah kesepakatan yang bijaksana dan adil agar karyawan merasa dihargai.

Baca Juga: 7 Tips Menjalin Relasi dengan Orang Lain di Lingkungan Bisnis

5Mau Meminta Masukan dari Orang Lain

Sebagai pemimpin Anda harus dapat mengambil keputusan. Namun, jangan hanya mengikuti pikiran sendiri. Anda perlu memikirkan baik-baik keputusan Anda dari berbagai perspektif.

Cobalah berdiskusi dengan tim Anda. Ucapkan terima kasih atas setiap masukan dari mereka yang menjadi bahan pertimbangan Anda.

Walau pada akhirnya tidak semua orang akan setuju dengan keputusan final yang diambil, Anda telah punya iktikad yang baik karena secara terbuka membahasnya bersama dengan tim Anda.

Baca Juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses


Nah, itulah sikap-sikap baik yang diperlukan oleh seorang pemimpin. Ingat, kualitas kepemimpinan juga dinilai dari kebaikan yang Anda tunjukkan.

Oleh sebab itu, jadilah pemimpin yang baik yang selalu bijaksana dalam memperhatikan setiap perkataan dan perbuatannya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.