Hari Senin? Ini 3 Cara Supaya Tetap Produktif dalam Bekerja

204
tipe karyawan yang dicari perusahaan - supaya tetap produktif
gambar: nationaldailyng.com

Hari Senin? Ini 3 Cara Supaya Tetap Produktif dalam Bekerja – Dalam satu minggu, memang tidak ada yang lebih dinanti selain akhir pekan.

Ini adalah saat di mana Anda bisa menikmati hidup tanpa kejaran deadline, tanpa meeting, bisa movie marathon sepuasnya, bisa bangun siang, bisa juga menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

Baca juga: 6 Tips Sukses Merintis Bisnis Bagi Pemula

Lalu, tiba-tiba Anda menyadari bahwa hari Minggu telah tiba. Hari Senin akan tiba dalam beberapa jam lagi dan seringnya Anda merasa tak rela jika akhir pekan Anda berakhir begitu saja.

Tak heran, banyak yang mengeluh bila Senin cepat datang. Rasanya tubuh dan pikiran Anda belum siap untuk menghadapi lima hari kerja ke depan.

Baca juga: 8 Cara Bijak Menerima Kritik Dari Orang Lain

Yuk, segera hilangkan rasa malas itu dari benak Anda dan tingkatkan produktivitas Anda demi menjalani hari Senin yang lebih ceria, menyenangkan, dan bersemangat!

Hari Senin? Ini 3 Cara Supaya Tetap Produktif dalam Bekerja

1Buatlah daftar pekerjaan setiap harinya

tips meningkatkan produktivitas kerja di kantor

Mungkin, Senin adalah hari yang menyebalkan. Belum lagi, Anda memaksa diri untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang belum terselesaikan hanya dalam satu hari.

Daripada jadinya tidak produktif, cobalah untuk membuat daftar pekerjaan untuk masing-masing hari. Jangan menumpuk semua pekerjaan di hari Senin karena hal tersebut hanya akan membuat Anda malas.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Harus Dikuasai Demi Meraih Kesuksesan

Contoh, tugas Anda di hari Senin adalah membuat infografis terkait peer-to-peer lending. Hari Selasa, Anda mengedit video event yang telah berlangsung. Hari Rabu, Anda membuat desain untuk media sosial dan seterusnya.

Ketika Anda mampu menyelesaikan masing-masing tugas setiap harinya, otak akan terstimulasi untuk lebih bersemangat sehingga Anda juga tidak akan mengeluh bila harus mengerjakan hal-hal lain.


2Berjalan-jalanlah sebentar

pembicaraan di tempat kerja

Jauhi meja kerja, laptop, dan telepon Anda. Berjalan-jalanlah sebentar, misalnya ke pantry dan membuat kopi atau mungkin ke toilet.

Lenturkan badan yang kaku akibat terlalu lama duduk. Dinginkan kepala Anda setelah terbebani beragam pikiran yang memberatkan. Alihkan pikiran Anda sejenak kepada hal-hal yang lebih menyegarkan dan menyenangkan.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Dunia Bisnis

Bahkan, sebuah perusahaan pernah mendorong para pekerjanya untuk berjalan-jalan sebentar selama 15 menit dan hasilnya, mereka mampu bekerja 30% lebih produktif.

Sedikit tips, tinggalkan smartphone Anda karena perangkat ini hanya akan membuat Anda terdistraksi dengan email atau hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan.


3Selesaikan pekerjaan yang lebih berat dahulu

cara berubah menjadi lebih baik dalam bisnis dan kehidupan

Pada poin ini, Anda akan belajar bagaimana menyusun prioritas dalam pekerjaan. Lebih baik, pekerjaan yang sulit Anda letakkan pada nomer satu karena jika mampu menyelesaikan pekerjaan menantang tersebut, maka sisa hari Anda di kantor akan terasa ringan.

Baca juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

Patut diingat, hindari diri Anda untuk bekerja multitasking karena hal tersebut hanya akan membuat Anda menjadi tidak fokus, sebab Anda mengerjakan ini dan itu dalam waktu bersamaan. Akibatnya, Anda malah jadi tidak produktif, deh.

Nah, dengan menjalani 3 cara di atas, semoga apa yang Anda kerjakan bisa membuahkan hasil yang baik.