Susah Tidur Karena Memikirkan Pekerjaan? Ini Cara Mengatasinya – Durasi tidur yang baik adalah berkisar antara 7-8 jam. Masalahnya, saat insomnia melanda, Anda pasti akan sulit untuk terlelap.

Padahal, pada pagi harinya Anda harus kembali menjalankan aktivitas seperti biasa. Namun jika Anda kurang tidur, kondisi Anda menjadi tidak fit dan akibatnya produktivitas bisa terganggu.

Baca Juga: 10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha

Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kualitas maupun kuantitas tidur Anda. Apalagi bagi Anda pebisnis yang punya kesibukan yang sangat padat setiap hari.

Akan tetapi, bagi Anda yang sedang banyak pikiran karena masalah pekerjaan, Anda pasti akan kesulitan untuk tertidur. Hal ini tentu akan membuat waktu tidur Anda menjadi kacau.

Baca Juga: Walau Anda Sibuk Kerja, 4 Hal Ini Jangan Dilupakan

Nah, bagi Anda yang sering mengalaminya, cobalah atasi dengan tips berikut ini.


6 Cara Mengatasi Masalah Susah Tidur

1Jangan Bekerja Sampai Larut Malam

Jika masih ada pekerjaan yang belum beres, maka tinggalkan pekerjaan itu di kantor. Sekalipun terpaksa harus dibawa pulang ke rumah, kerjakan semampunya saja.

Pastikan Anda tidak mengerjakannya hingga larut malam menjelang jam tidur Anda. Karena sebelum tidur, Anda sebaiknya merilekskan tubuh dan pikiran agar bisa cepat terlelap.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha dan Kerja Malam Hari yang Menjanjikan

2Jangan Main Handphone di Tempat Tidur

Menurut penelitian, sinar yang dipancarkan handphone akan menghambat produksi hormon melatonin yang dibutuhkan untuk membantu manusia tidur di malam hari.

Maka dari itu, hentikan kebiasaan untuk bermain handphone di tempat tidur sambil berbaring. Namun, lebih baik matikan lampu kamar dan mulailah pejamkan mata untuk beristirahat.

Baca Juga: 6 Hal yang Pantang Dilakukan oleh Orang yang Ingin Sukses

3Siapkan Perlengkapan Kerja Sebelum Tidur

Pastikan Anda sudah menyiapkan segala barang dan kebutuhan kerja Anda sebelum tidur. Seperti memilih dan menyetrika pakaian kerja untuk besok.

Dengan begitu, beban pikiran akan berkurang saat menjelang tidur. Lalu saat keesokan harinya, Anda juga tidak akan tergesa-gesa saat bersiap-siap pergi bekerja.

Baca Juga: 6 Tips Agar Anda Tidak Terburu-buru Berangkat Kerja di Pagi Hari

4Yoga atau Meditasi Sebelum Tidur

Bagi Anda yang susah tidur, coba lakukan yoga atau meditasi selama beberapa menit. Melakukan olahraga ringan sambil relaksasi dapat membuat Anda menjadi lebih rileks.

Saat pikiran menjadi lebih tenang, stres pun berkurang. Niscaya Anda terhindar dari insomnia, sehingga tidur Anda akan lebih nyenyak di malam hari.

Baca Juga: Solusi Jika Anda Sering Merasa Kurang Produktif Bekerja

5Singkirkan Semua Kekhawatiran

gambar: harvestraleigh.org

Singkirkan pikiran negatif yang mengganggu ketenangan Anda. Kekhawatiran hanya akan membuat Anda memikirkan hal yang tidak-tidak.

Terutama pada saat malam hari, berhentilah memikirkan hal yang berat. Namun, cobalah berdoa dan berserah jika itu membuat hati Anda merasa lebih tenang.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan

6Tulis Semua Rencana Kerja

Supaya Anda lebih mudah dalam mengorganisir setiap pekerjaan, Anda perlu menulis semua rencana kerja Anda. Anda bisa membagi pekerjaan berdasarkan prioritasnya. Catat deadline-nya agar Anda menyelesaikan semuanya tepat waktu.

Lalu jangan lupa tandai pekerjaan yang belum dan sudah selesai. Sehingga tidak ada pekerjaan yang terlupakan dan hal ini pun akan mengurangi rasa khawatir Anda.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Anda Mampu Bekerja Secara Multitasking


Nah, itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah susah tidur di malam hari. Semoga tips di atas dapat membantu Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.