5 Tanda Anda Tidak Disukai oleh Karyawan Anda Sendiri – Jika karyawan Anda tidak bersemangat dalam bekerja, mungkin masalah utamanya bukan pada mereka, tetapi pada Anda.

Kadang-kadang, masalahnya sederhana karena Anda tidak menghargai karyawan Anda dan mengapresiasi pekerjaan mereka. Mereka merasa bahwa Anda bukanlah bos atau pemimpin yang bijaksana.

Baca Juga: 10 Contoh Bos yang Dibenci Karyawan

Padahal, penting untuk memperhatikan orang-orang yang bekerja dengan Anda. Anda tidak harus membangun hubungan pertemanan yang personal, tapi setidaknya hubungan kerja tetap terjalin dengan baik.

Dengan begitu, kepemimpinan Anda dapat berjalan dengan efektif. Karyawan bisa respek pada Anda dan mau mengerjakan setiap tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Baca Juga: 6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

Sedangkan jika karyawan sampai membenci Anda, maka akan terjadi perubahan sikap yang akan merugikan bisnis Anda. Mereka akan asal-asalan dalam bekerja hingga akhirnya berhenti kerja secara mendadak.

Oleh sebab itu, Anda harus menyadari sinyal-sinyal berikut ini yang menjadi isyarat bahwa Anda sedang dibenci oleh karyawan Anda sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Agar Bekerja Lebih Lama


5 Tanda Anda Tidak Disukai Karyawan di Kantor

1Karyawan Tidak Berinisiatif Membantu Anda

gambar: theconversation.com

Karyawan ingin menyenangkan bosnya. Jika mereka menikmati pekerjaannya, mereka akan dengan senang hati menawarkan bantuan, tanpa Anda memintanya.

Namun, jika karyawan Anda tidak lagi menunjukkan inisiatif, bisa jadi mereka sudah tidak menyukai Anda. Mereka tidak mau tahu apakah ada hal yang bisa dikerjakannya dan cuek dengan pandangan Anda terhadapnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Minta Maaf pada Karyawan

2Karyawan Menghindari untuk Bertemu Anda

Karyawan yang membenci Anda akan berusaha untuk menghindari Anda. Mereka melakukan berbagai cara untuk tidak bertemu dan berinteraksi dengan Anda.

Contohnya, karyawan sering mencari alasan untuk tidak ikut rapat. Pura-pura berjalan ke arah lain saat Anda mendekatinya. Mereka menunjukkan sikap tidak nyaman dan tidak senang saat berada di dekat Anda.

Baca Juga: Cara Mengetahui Apakah Karyawan Anda adalah Orang yang Dapat Dipercaya

3Karyawan Tidak Mau Berbasa-basi dengan Anda

Jika tidak ada lagi obrolan ringan dan basa-basi untuk mengakrabkan diri, ini merupakan tanda Anda tidak disukai karyawan. Sebab karyawan yang pendiam pun akan berusaha untuk berbasa-basi dengan bosnya.

Namun, jika karyawan sudah membenci Anda, mereka lebih banyak diam dan malas berbicara ketika sedang bersama Anda. Mereka baru akan berkomunikasi dengan Anda ketika terpaksa dan hanya membicarakan pekerjaannya.

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan Anda

4Karyawan Sering Tidak Masuk Kerja

gambar: n-va.be

Jika kebencian karyawan sudah lama dipendam dan mereka tidak tahan lagi, mereka akan semakin tidak peduli dengan tanggung jawabnya. Mereka mulai bersikap semaunya, seperti sering datang terlambat hingga tidak masuk kerja.

Mereka kerap beralasan sakit, padahal mereka sedang malas atau ada wawancara kerja di perusahaan lain. Kedisiplinan menjadi mengendor dan mereka tidak menghiraukan teguran Anda lagi.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Karyawan Agar Mau Disiplin dalam Bekerja

5Karyawan Berhenti Kerja Secara Mendadak

gambar: kbic.com

Hal terburuk dari sikap karyawan yang membenci Anda ialah mereka tidak lagi patuh dengan peraturan dan etika kerja. Mereka tidak peduli dengan masa depan perusahaan, karena mereka sudah tidak bahagia bersama dengan Anda.

Mereka tidak lagi peduli dengan tanggung jawabnya yang belum selesai. Bahkan mereka memilih keluar secara tiba-tiba dan membiarkan Anda kelimpungan sendiri.

Baca Juga: Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini


Nah, itulah beberapa tanda Anda tidak disukai karyawan Anda. Jika Anda mengalami hal-hal di atas, cobalah melakukan introspeksi diri. Mungkin saja memang sikap Anda selama ini tidak mencerminkan sosok pemimpin yang bijaksana.

Oleh sebab itu, mulailah mengubah sikap buruk Anda terhadap karyawan, sehingga hubungan kerja antara Anda dengan mereka dapat terjaga dengan baik dan profesional.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.