7 Kriteria yang Tepat dalam Menentukan Tempat Usaha yang Strategis – Sebelum memulai bisnis, Anda harus jeli dalam memilih lokasi usaha. Tempat usaha yang tepat akan mempengaruhi keberhasilan usaha Anda.

Sedangkan jika Anda salah menentukan tempat usaha, maka kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah kegagalan karena usaha Anda sepi pembeli. Upaya Anda untuk bertahan juga akan menjadi jauh lebih besar.

Baca Juga: Pikirkan 8 Hal Ini Sebelum Resign dan Buka Usaha Sendiri

Makanya, Anda jangan asal mencari lokasi usaha. Dalam strategi pemasaran, pilihlah tempat yang strategis agar penjualan dapat lebih mudah dilakukan. Berikut kriteria yang harus Anda perhatikan dalam memilih tempat strategis untuk jualan.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini

7 Tips Memilih Tempat Usaha yang Strategis

1Lokasi yang Padat Penduduk

gambar: wisata-bima.blogspot.co.id

Cari tempat usaha di lokasi yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Semakin ramai penduduk yang tinggal di sekitar lokasi, semakin tinggi kesempatan bagi usaha Anda untuk sukses.

Konsumen potensial sudah tersedia. Sehingga Anda tinggal merebut hati mereka agar mau mencoba produk jualan Anda, dan akhirnya menjadi pelanggan yang setia.

Baca Juga: Tak Harus Cari Partner! Ini 7 Keuntungan Membangun Usaha Sendiri

2Banyak Orang yang Lewat

gambar: bandaacehkota.go.id

Perhatikan keramaian lalu lalang kendaraan yang lewat maupun pejalan kaki. Jika banyak orang yang sering lewat di depan lokasi usaha, maka kemungkinan besar akan ada banyak orang akan mampir ke tempat usaha Anda untuk melihat-lihat dan membeli.

3Akses yang Mudah Menuju Lokasi

gambar: rumahdijual.com

Konsumen akan merasa nyaman jika akses ke tempat usaha Anda mudah dijangkau. Misalnya, lokasi yang dilewati kendaraan umum dan lahan parkir yang memadai, jika tempat usahanya di dekat jalan raya.

Sedangkan untuk tempat usaha di dalam gedung seperti mall atau pusat perbelanjaan, pilihlah ruang usaha yang tidak terlalu di pojok dan di lantai paling atas. Karena pengunjung cenderung malas untuk menuju lokasi tersebut.

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Tahap Memulai Bisnis Kuliner

4Perhatikan Pendapatan Masyarakat Sekitar

gambar: indonesiaexpat.biz

Berapa harga jual produk Anda? Sesuaikanlah dengan kondisi perekonomian orang-orang di sekitar lokasi. Karena tingkat pendapatan masyarakat memiliki pengaruh terhadap daya beli.

Jika Anda menjual produk yang mahal, maka tidak cocok memilih tempat usaha di wilayah yang ditinggali banyak masyarakat menengah ke bawah. Karena mereka cenderung lebih membeli barang yang berharga terjangkau.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja

5Tidak Banyak Usaha Sejenis di Sekitar Lokasi

Biasanya, terdapat banyak macam usaha yang berdiri di lokasi yang strategis. Ini akan memancing orang-orang dari luar lokasi tersebut untuk datang dengan tujuan berbelanja. Contohnya, pasar dan mal.

Namun, persaingan bisnis jadi semakin ketat, sehingga pasti ada yang bertahan dan ada juga yang tutup karena tidak mampu bersaing. Maka sebaiknya, hindari membuka usaha di lokasi yang sudah banyak usaha sejenis. Kecuali Anda yakin dapat mengungguli kompetitor Anda.

Jika tidak, maka lebih baik pilih lokasi strategis tapi yang belum banyak usaha yang mirip dengan punya Anda. Sehingga tingkat kompetisi lebih rendah dan Anda lebih mudah memasarkan bisnis Anda.

Baca Juga: Penting! 10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha yang Harus Anda Perhatikan

6Lingkungan yang Bersih dan Aman

gambar: spazee.id

Kebersihan dan keamanan lingkungan di lokasi usaha akan mempengaruhi kenyamanan konsumen. Untuk itu, hindari lokasi yang kumuh dan tempat yang sudah memiliki reputasi kurang baik karena banyak kasus pencurian, asusila, dan kriminal lainnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Konsumen Tidak Mau Membeli Produk Anda

7Sesuaikan dengan Modal yang Tersedia

Harga sewa tempat usaha di lokasi yang strategis pasti lebih mahal. Anda harus mempertimbangkannya baik-baik. Hitunglah apakah keuntungan setiap bulan dapat memenuhi biaya sewa dan operasional bisnis.

Selain itu, harga sewa juga biasanya akan naik setiap tahun. Sehingga Anda harus melakukan perhitungan yang cermat, agar bisnis Anda tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Baca Juga: 8 Tempat yang Tepat untuk Mencari dan Menemukan Ide Bisnis


Nah, itulah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih lokasi usaha. Jadi, Anda harus mencari tempat usaha yang strategis agar bisnis Anda berpeluang besar untuk maju. Namun, tentu saja disesuaikan dengan uang sewa yang tersedia. Pertimbangkanlah semuanya sebelum memulai bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.