8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja – Kesibukan dapat menyita waktu Anda untuk memperhatikan diri sendiri. Bagi pebisnis, jadwal kerja yang padat sudah menjadi hal biasa. Tanggung jawab yang besar membuat Anda harus bekerja keras, bahkan sampai harus lembur di kantor.

Namun, rutinitas itu menjenuhkan. Pergi ke kantor di pagi hari, pulang ke rumah di malam hari, tidur, lalu besok pagi kembali ke kantor, dan begitu seterusnya. Kesibukan dapat membuat Anda mudah stres dan sakit, jika Anda tidak menjaga kesehatan Anda sendiri.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Pikiran Positif Agar Bisa Jadi Orang Sukses

Untuk itu, walaupun Anda sangat sibuk, Anda tetap harus memperhatikan kesehatan pribadi. Tubuh Anda harus tetap prima dan pikiran harus tetap segar, sehingga Anda mampu menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Berikut 8 hal yang perlu Anda terapkan agar kesehatan tubuh dan pikiran tetap terjaga.

8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran Walau Sibuk Bekerja

1Ingat untuk Istirahat Sebentar

Penting untuk tetap fokus saat bekerja. Namun, jangan sampai Anda lupa mengambil waktu untuk istirahat, meskipun hanya sebentar saja. Setelah mengerjakan sesuatu dalam waktu yang lama, luangkan sedikit waktu untuk beristirahat. Gunakan waktu tersebut untuk santai sejenak.

Baca Juga: Ayo Tertawa, Ini 5 Manfaat Humor di Lingkungan Kerja

2Sempatkan Cari Hiburan

Sesibuk apapun Anda, sediakan waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Sempatkan untuk mencari hiburan, seperti menonton acara favorit di televisi, pergi ke bioskop, mendengarkan lagu, berkumpul dengan sahabat, dan lain-lain. Anda juga harus menikmati kehidupan agar pikiran Anda tidak suntuk.

3Minum Air Putih yang Cukup

Jika Anda kurang minum air putih, Anda bisa kehilangan konsentrasi dan kesehatan mulai terganggu. Sakit kepala adalah salah satu tanda jika tubuh kekurangan cairan. Untuk itu, pastikan Anda selalu minum air putih yang cukup setiap hari, sekitar 2 liter atau 8 gelas sehari.

Baca Juga: 5 Contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha Dalam Berbisnis

4Kurangi Kafein

Saat bekerja, minum kopi jadi kebiasaan agar tidak cepat mengantuk. Anda boleh saja minum kopi atau mengonsumsi makanan yang berkafein. Namun, hindari mengonsumsi terlalu berlebihan. Kafein yang terlalu banyak dalam tubuh dapat membuat Anda gelisah dan mengganggu sistem pencernaan.

5Hindari Junk Food

Jadwal yang padat seringkali membuat Anda tak sempat makan. Solusinya agar Anda tetap makan ialah dengan memesan makanan junk food yang cepat saji. Meski mengenyangkan, junk food adalah makanan tidak sehat yang seharusnya Anda hindari. Untuk itu, kurangi konsumsi makanan yang junk food yang mengandung kalori, lemak, dan gula yang tinggi, tetapi kurang serat, protein, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: 5 Hal yang Pebisnis Harus Pelajari dari Coca-Cola

6Tidur yang Cukup

Usahakan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari, sekitar 6-8 jam. Namun, jika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tetap hindari begadang agar bisa bangun di pagi hari. Lalu Anda bisa melanjutkan pekerjaan yang belum selesai di pagi harinya dengan kondisi tubuh yang fit dan pikiran yang segar kembali.

7Tetap Berolahraga

Meski pekerjaan Anda sedang menumpuk, usahakan untuk tetap berolahraga. Jika biasanya Anda punya waktu untuk olahraga selama 1-2 jam sehari, maka disaat sedang sibuk, Anda bisa mengurangi durasi berolahraga, misalnya hanya setengah jam saja. Tidak masalah, yang penting Anda berusaha untuk menjaga kebugaran fisik Anda.

Baca Juga: 7 Tips Kepemimpinan yang Baik Dalam Lingkungan Bisnis

8Jangan Bekerja 7 Hari Seminggu

Aturlah waktu Anda dengan bijaksana. Sesibuk apapun Anda, jangan mau bekerja selama 7 hari dalam seminggu. Sediakan waktu untuk urusan lain di luar bisnis dan pekerjaan. Seperti menikmati waktu sendiri, meluangkan waktu untuk keluarga, pasangan, dan juga sahabat. Hal ini dapat membuat Anda lebih bahagia, sehingga Anda tidak mudah stres dan sakit.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.