Anda Tidak Berani Memulai Bisnis? Yuk, Coba Tips Ini – Banyak orang berkeinginan untuk berbisnis, tapi hanya sedikit yang kemudian menjalankannya.

Ketakutan untuk memulai hal baru menjadi salah satu alasan yang membuat orang ragu. Padahal, takut rugi, takut bangkrut, takut gagal, dan ketakutan apapun sebenarnya merupakan hal yang wajar.

Baca Juga: 10 Tips Agar Anda Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Setiap pebisnis pasti merasakannya juga, karena tidak ada orang yang ingin bernasib buruk. Semua orang pasti ingin bisnisnya berkembang dan menghasilkan keuntungan.

Nah, apakah Anda adalah salah satu orang yang masih belum berani untuk berbisnis? Jika iya, maka Anda harus mengubah ketakutan tersebut dengan tips berikut ini.

Baca Juga: 3 Hal yang Paling Disesali Pebisnis Saat Menjalankan Usaha


3 Tips untuk Anda yang Masih Tidak Berani Berbisnis

1Jaga Sikap Positif

Jangan menciptakan kekhawatiran yang tidak perlu. Kendalikan pikiran negatif yang menghantui Anda.

Caranya, dengan menjaga sikap positif. Gambaran masa depan yang sukses harus lebih sering Anda pikirkan untuk mencegah ketakutan menguasai Anda.

Semakin sering Anda berpikir positif, maka sikap Anda juga ikut terpengaruh. Maka dari itu, visualisasikanlah kesuksesan sesering mungkin.

Baca Juga: 10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha

2Pertimbangkan Skenario Terburuk

Meski Anda sering memikirkan kesuksesan, rasa tidak berani terkadang tetap muncul. Namun, daripada ketakutan itu hanya berada di pikiran Anda, lebih baik Anda menuliskan kemungkinan terburuk dalam bisnis Anda.

Hal ini akan membantu Anda dalam merencanakan cara mencegah kegagalan. Walau Anda tak bisa menghindari semua masalah, tapi dengan mempertimbangkan skenario terburuk, Anda akan lebih siap ketika masalah itu muncul.

Sebab Anda sudah punya rencana darurat untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga Anda tidak akan terlalu kesusahan untuk melewati masa krisis jika hal itu terjadi.

Baca Juga: Waspada, 4 Jebakan dalam Berbisnis yang Bisa Membuat Anda Gagal

3Tentukan Tenggat Waktu Persiapan

gambar: shutter-franchise.co.uk

Sebelum memulai bisnis, Anda sudah sepatutnya menyiapkan segala hal. Anda akan mencari ide bisnis terbaik, Anda mencari rekan bisnis yang tepat, dan Anda merancang strategi pemasaran yang efektif.

Segala rencana bisnis memang harus dipersiapkan dengan matang supaya bisnis Anda bisa berjalan dengan baik. Namun, terkadang persiapan yang terlalu lama malah membuat Anda semakin takut.

Sebab saat Anda menyiapkan bisnis tersebut, Anda pasti menemukan banyak kendala. Hal ini akan membuat Anda semakin takut untuk menghadapi kendala-kendala lain yang lebih besar ketika bisnis Anda berjalan.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Risiko Menjalankan Usaha Bersama Teman

Maka dari itu, Anda perlu menentukan tenggat waktu persiapan. Dengan begitu, Anda punya target yang jelas kapan bisnis Anda seharusnya dimulai.

Anda pun akan mempersiapkan yang terbaik hingga batas akhir yang Anda tentukan. Sehingga ketika saatnya tiba, Anda akan terdorong untuk memulainya dan tidak menundanya.

Baca Juga: Tak Ada Bakat Berbisnis Bukan Alasan untuk Tidak Sukses


Nah, itulah tips untuk Anda yang tidak berani memulai usaha. Apapun ketakutan yang menghalangi langkah Anda, jangan biarkan itu menghentikan rencana Anda untuk berbisnis.

Ingat, kesuksesan itu tidak datang dengan sendirinya. Jadi, jangan cuma dibayangkan, tapi kejarlah hingga terwujud.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.