5 Penyebab Anda Tidak Bisa Kaya Walau Sudah Lama Berbisnis – Hidup mapan adalah impian semua orang. Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami kesusahan.

Tentu saja untuk bisa hidup dalam kelimpahan materi membutuhkan upaya. Salah satunya dengan menempuh jalur wirausaha.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Banyak Anak Muda Gagal Berbisnis

Namun, bagi Anda yang sudah bertahun-tahun menjalankan bisnis, bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini? Sudahkan bisnis Anda sukses dan menghasilkan banyak uang?

Jika Anda belum meraih kesuksesan dan kekayaan yang diharapkan, berarti ada masalah yang perlu Anda evaluasi. Berikut beberapa hal yang kerap menghambat seorang pebisnis menjadi kaya raya.

Baca Juga: 7 Tips Agar Anda Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis


5 Hal yang Membuat Pebisnis Tidak Bisa Kaya

1Besar Pasak daripada Tiang

Orang yang memiliki pendapatan yang besar cenderung menghabiskan uang lebih banyak, karena dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup.

Penghasilan Anda boleh besar, tapi jika pengeluaran Anda juga boros, maka wajar jika Anda tak bisa kaya. Padahal, mungkin usaha Anda selalu untung, tapi masalahnya Anda tidak bijak mengatur penghasilan Anda.

Maka dari itu, kelola keuangan dengan baik. Jangan biarkan pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Biasakan hidup hemat, walaupun bisnis Anda sedang banyak untungnya.

Baca Juga: 5 Pertanda Anda adalah Calon Miliarder di Masa Depan

2Banyak Berutang

Hutang menyebabkan orang tidak bisa kaya dan mengalami kemerdekaan finansial. Anda bisa gagal mengembangkan usaha dan membeli rumah karena masih banyak tagihan yang harus dibayar setiap bulan.

Maka dari itu, hati-hati menggunakan kartu kredit dan hindari membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Anda harus bijaksana dalam memakai uang agar tidak berutang.

Namun, bagaimana dengan utang usaha? Hal itu boleh saja. Namun, hindari menambah utang jika pemasukan belum stabil.

Intinya, berutang pun harus dengan persiapan. Anda juga harus yakin jika bisnis Anda bisa menghasilkan laba untuk membayar utang tersebut, sehingga Anda bisa meminimalisir risikonya.

Baca Juga: 5 Hal yang Jangan Dilakukan Jika Nanti Anda Sudah Sukses

3Bisnis Anda Tidak Berkembang

Kalau Anda puas dengan kondisi bisnis Anda saat ini, berarti Anda sedang terjebak dalam zona nyaman. Bisnis Anda memang memberi keuntungan, tapi bisnis Anda tidak berkembang.

Makanya, penghasilan bisnis Anda tidak pernah meningkat secara signifikan. Bisnis Anda hanya berjalan tanpa inovasi yang dapat mendorong kemajuannya.

Untuk itu, manfaatkan peluang dengan baik dalam mengembangkan bisnis Anda. Lakukan hal baru agar bisnis Anda bisa maju, walaupun pasti ada risikonya.

Sebab jika Anda berusaha lebih keras, bisnis Anda akan berkembang dan tentunya lebih banyak menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Memulai Bisnis untuk Entrepreneur Pemula

4Tidak Berani untuk Investasi

Berinvestasi memang memiliki risiko dan tidak selalu untung. Namun, jika Anda cermat dalam berinvestasi, Anda bisa memperoleh keuntungan yang berlipat kali ganda.

Maka dari itu, jangan cuma mengandalkan pendapatan dari bisnis Anda. Akan tetapi, beranikan diri berinvestasi agar Anda bisa mendapatkan passive income.

Sebab penghasilan pasif dapat menambah pundi-pundi rupiah tanpa Anda perlu aktif bekerja mengelolanya. Contohnya reksadana, deposito, dan properti sewa.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Sesuai dengan Risk Tolerance

5Tidak Punya Tujuan Finansial

Anda harus membuat tujuan finansial yang jelas untuk membangun kekayaan. Sehingga Anda bisa mengontrol pengeluaran dan dapat terus meningkatkan target pendapatan.

Rencanakan keuangan Anda, seperti berapa target omset setiap bulan dan kapan Anda akan membeli rumah. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dan berusaha dalam mengejar tujuan Anda.

Baca Juga: 5 Pemikiran Orang Sukses yang Wajib Ditiru Saat Anda Berbisnis


Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda tidak bisa kaya walau sudah lama berbisnis.

Jadi, perbaikilah cara Anda berbisnis dan mengelola keuangan. Dengan begitu, kelak bisnis Anda bisa sukses besar dan Anda bisa hidup mapan secara finansial.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.