Punya Tim Baru di Kantor? Ini 4 Tips Bagi Para Manajer – Dalam suatu perusahaan, struktur dan manajemen bisa saja berganti.

Biasanya, Anda bekerja dengan si A atau si B. Namun, setelah pergantian struktur, Anda punya tim baru di kantor dan kali ini Anda harus bekerja dengan si C dan D.

Baca juga: 8 Tipe Pemimpin yang Ideal dalam Memimpin Sebuah Perusahaan

Menanggapi hal ini, siapapun tentu harus pintar beradaptasi dan menyesuaikan cara kerja satu sama lain. Terutama, bagi para manajer yang harus memimpin tim.

Jika ingin tim Anda memercayai dan menghargai Anda, Anda perlu membantun hubungan profesional, juga mempelajari apa yang mereka suka atau inginkan sebagai pekerja. Ini dia 4 tips yang bisa diterapkan supaya pekerjaan yang dihasilkan bersama-sama bisa lebih maksimal.

Punya Tim Baru di Kantor? Ini 4 Tips Bagi Para Manajer

1Buat jadwal meeting singkat one-on-one

Kenali tim Anda secara personal, lalu pelajari juga soal kelebihan, kekurangan, tujuan, juga tujuan mereka.

Meeting ini pun bisa dilakukan lebih dari sekali. Dengan demikian, Anda bisa lebih memahami bagaimana mengatur tim Anda. Anda juga bisa membuktikan bahwa Anda peduli dengan pengembangan mereka.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Sikap Karyawan yang Tertutup

Di sisi lain, ini merupakan kesempatan yang baik untuk berkomunikasi dengan keseluruhan tim sehingga tim Anda bisa mencapai tujuan bersama.


2Pastikan bagaimana mereka ingin memberi atau menerima feedback

Adanya feedback memungkinkan karyawan untuk mengerti apa yang orang lain harapkan terhadap mereka. Proses ini bisa saja terasa agak mengintimidasi. Namun, sebagai manajer, Anda bisa mencoba lebih dahulu untuk mendengarkan preferensi tim Anda.

Baca Juga: 6 Tips Menjadi Pemimpin yang Disukai dan Disegani

Misalnya, tanyakan apa yang mereka butuhkan di perusahaan, masalah apa yang tengah dihadapi, beban kerja, dan sebagainya.

Ketahui dan pastikan bagaimana mereka ingin memberi dan mendengar umpan balik. Ketika Anda memberikan feedback, pastikan setiap anggota tahu bahwa Anda memiliki kepentingan dan tujuan yang baik, entah secara profesional maupun pribadi.

Baca juga: 3 Hal Ini Membuktikan bahwa Memulai Bisnis Sama Seperti Kencan Pertama

Hal ini akan membuat mereka lebih tanggap dan termotivasi untuk berani mengungkapkan feedback masing-masing.


3Ajak berdiskusi bersama

Adanya open communication atau komunikasi terbuka akan menghasilkan ide-ide segar dan kolaborasi baru yang tentunya sanat bermanfaat bagi kekompakkan tim.

Baca Juga: 10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja

Saat sedang berdiskusi atau berbincang, Anda harus memastikan beberapa hal. Salah satunya ialah, setiap orang harus terbuka ketika mengungkapkan pemikirannya, tak peduli apapun posisi mereka.

Poin ini sangat penting untuk dilakukan bagi perkembangan profesional masing-masing orang.


4Sadari akan adanya hambatan dan tawarkan solusi

Di dalam sebuah tim, sangat mungkin adanya hambatan yang menghampiri. Salah satu contohnya ialah Anda atau ada anggota tim yang masih kesulitan beradaptasi untuk management style anggota lain.

Baca Juga: Waspada, Kenali 7 Ciri-Ciri Karyawan Penjilat di Tempat Kerja

Masalah sekecil apapun, harus Anda sadari. Jangan ragu untuk bertanya secara jujur mengenai masalah tersebut, lalu coba tawarkan solusi terbaik. Jangan takut pula untuk memberikan dukungan Anda karena bagaimana pun juga, Anda dan mereka bekerja dalam tim.

Anda tentu mau tim Anda bekerja dengan kompak dan maksimal, kan?


5Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here