24 Jam Sehari Tidak Cukup? Cobalah Lakukan Tips Manajemen Waktu Ini – Pernahkah Anda merasa bahwa waktu 24 jam sehari itu tidak cukup? Terutama saat Anda memiliki banyak pekerjaan menumpuk yang belum diselesaikan.

Jika Anda sering kekurangan waktu, itu berarti Anda belum mengatur waktu dengan baik. Saatnya Anda harus melakukan time management (manajemen waktu), yakni suatu pengaturan waktu untuk menyeimbangkan waktu Anda untuk bekerja, bersenang-senang, bersantai, beristirahat, dan kegiatan Anda lainnya.

Baca Juga: 6 Bidang Manajemen Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Dengan melakukan manajemen waktu yang efektif, Anda bisa lebih produktif setiap hari. Anda akan terhindar dari kegiatan yang membuang-buang waktu dengan sia-sia.

Nah, berikut sejumlah tips manajemen waktu yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Beban Kerja yang Berat Akan Terasa Ringan Jika Anda Melakukan Ini

7 Tips Manajemen Waktu Agar Anda Lebih Produktif

1Sadari Betapa Berharganya Waktu

Ini adalah hal pertama yang harus Anda pahami tentang manajemen waktu. Tingkatkan kesadaran Anda bahwa waktu itu sangat berharga. Tak peduli seberapa sibuk diri Anda, pasti selalu ada 24 jam dalam sehari.

Waktu tidak berubah dan terus berputar. Uang bisa dicari, tapi waktu tak bisa dibeli. Hargai waktu yang Anda miliki. Kelola waktu Anda dengan benar terlebih dahulu jika Anda ingin melihat perubahan nyata dalam hidup Anda.

Baca Juga: Setiap Pengusaha Harus Selalu Memperhatikan 4 Hal Ini Agar Bisnis Lebih Terarah

2Lakukan Hal yang Mendukung Tujuan

Ketahui tujuan jangka pendek maupun jangka panjang dalam bisnis Anda. Pastikan Anda melakukan hal-hal penting yang dapat membuat Anda mencapai tujuan bisnis Anda tersebut. Semua aktivitas pekerjaan Anda harus berhubungan dengan hal-hal yang dapat mengembangkan bisnis Anda.

3Bekerja Sesuai Prioritas

Kerjakan tugas Anda sesuai prioritas. Ada empat kategori prioritas, yakni yang penting dan mendesak, yang penting tapi tidak mendesak, yang mendesak tapi tidak penting, serta yang tidak mendesak dan tidak penting.

Pekerjaan penting dan mendesak adalah hal yang harus Anda utamakan. Tulis semua tugas yang penting dan mendesak untuk segera ditangani agar Anda tidak lupa. Lalu segera kerjakan agar Anda bisa melakukan tugas lainnya.

Baca Juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

4Hilangkan Gangguan Saat Bekerja

Cari tahu hal-hal yang sering mengganggu Anda untuk fokus bekerja. Seperti kebiasaan buruk Anda dalam menggunakan waktu. Misalnya, jika Anda sering bermain handphone saat sedang bekerja, maka coba jauhkan handphone Anda dari meja kerja. Hindari segala hal yang membuat Anda terganggu.

5Delegasikan Tugas

Kunci sukses dalam tips manajemen waktu adalah delegasi. Tentukan tugas yang harus Anda kerjakan dan mana yang bisa dikerjakan oleh bawahan. Anda memiliki karyawan yang berkompeten dan berdedikasi tinggi. Anda bisa mempercayakan sejumlah pekerjaan padanya. Delegasikan tugas dengan baik. Jangan kerjakan semua hal sendiri, karena akan membuat Anda kesulitan mengatur waktu.

Baca Juga: Stop Menunda Pekerja! Atasi Segera dengan 5 Solusi Berikut Ini

6Hindari Kegiatan yang Tidak Sesuai Rencana

Anda sudah menyusun jadwal kerja harian Anda sesuai prioritas. Anda sudah punya rencana untuk melakukan apa saja. Namun, terkadang Anda bisa tergoda untuk melakukan hal lain yang kurang penting.

Misalnya, teman Anda mendadak mengajak bertemu. Anda boleh saja bertemu, tapi pastikan pertemuan tersebut memang penting dan mendesak. Jika tidak, sebaiknya Anda tolak saja. Anda bisa mengatur janji bertemu dengannya di hari lainnya.

7Sediakan Waktu untuk Diri Sendiri

Sesibuk apapun pekerjaan Anda, miliki waktu untuk diri sendiri. Jagalah diri Anda dengan baik. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk istirahat, berolahraga, berkumpul dengan keluarga, dan aktivitas pribadi lainnya. Namun, tetap hindari aktivitas yang membuang-buang waktu dan tidak berguna.

Baca Juga: Para CEO di Dunia Punya 3 Kesamaan Ini, Bagaimana dengan Anda?


Itulah tips manajemen waktu untuk Anda yang sering merasa kekurangan waktu dalam menjalankan aktivitas. Ingat, waktu yang sudah berlalu tidak dapat kembali dan diganti. Itulah sebabnya Anda perlu menggunakan waktu Anda sehari-hari dengan bijaksana. Niscaya, Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses jika Anda pandai mengatur waktu dan meningkatkan produktivitas.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.