7 Tips Meeting dengan Klien Agar Tak Berakhir Sia-sia – Dalam dunia bisnis, meeting dengan klien adalah hal lazim yang bakal sering Anda lakukan.

Meeting tidak hanya bisa dilakukan di kantor saja, tapi juga bisa dilakukan di tempat lain, misalnya café atau restoran.

Tentu saja, Anda pasti menginginkan setiap meeting yang Anda hadiri dapat berjalan dengan lancar dan efektif.

Dengan begitu, waktu dan tenaga Anda tidak terbuang sia-sia. Nah, setiap meeting, Anda perlu menarik perhatian klien karena secara tidak langsung, mereka mampu memengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Lantas, apa yang harus dilakukan?

7 Tips Meeting dengan Klien Agar Tak Berakhir Sia-sia

1Kenakan pakaian yang membuat Anda percaya diri

Tips pertama ialah Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Mulai dari materi presentasi hingga memilih pakaian untuk meeting.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Calon Konsumen Potensial yang Harus Diperhatikan

Kenakan baju rapi yang bisa menambah rasa percaya diri Anda. Sebutkan nama Anda dengan jelas, jabat tangan dengan erat, dan jangan lupa bawalah kartu nama untuk berjaga-jaga.


2Datang Tepat Waktu

Namun yang paling penting, datanglah tepat waktu. ini merupakan hal penting yang harus dilakukan karena dengan datang tidak terlambat, itu artinya Anda menghargai waktu Anda dan klien Anda sendiri.

Secara tidak langsung, klien bisa percaya bahwa Anda memang mampu mengerjakan sesuatu tepat waktu.


3Persiapkan materi presentasi yang interaktif

Selain mengetahui soal waktu, tempat, dan dengan siapa Anda akan bertemu, Anda juga perlu memahami konteks meeting yang akan dijalani.

Persiapkanlah materi presentasi dengan baik. Paparkan materi dengan singakt, jelas, dan juga mudah dipahami. Gunakanlah infografis, ilustrasi, gambar atau video yang akan membuat materi presetasi tidak membosankan.


4Tunjukan Anda menguasai materi dengan baik

Setelah membuat presentasi, tentunya Anda perlu menguasai materi yang hendak disampaikan. Penguasaan materi tidak akan membuat Anda kelabakan ketika disodori beragam pertanyaan dari klien.

Selain itu, jangan lupa pelajari juga profil klien dan perusahaannya. Riset sebelumnya akan membantu Anda dan klien terlibat dalam pembicaraan dua arah yang lebih santai dan luwes.


5Tetap tenang ketika dikritik klien

Kondisi meeting tidak akan selamanya adem ayam. Ada kalanya Anda dan klien berdebat akan suatu isu, ada kalanya klien tidak setuju dengan pendapat Anda, begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Ketika Merilis Produk Baru

Dalam menghadapi kondisi seperti ini, tetaplah bersikap tenang. Jelaskan semua ide, saran, kritikan dengan kepala dingin.

Jangan terpancing emosi ketika klien melontarkan kritikan pada materi yang Anda sampaikan. Kuncinya, pelajari materi presentasi dengan matang dan Anda pun bisa menghadapi klien dengan mudah.


6Beri kesempatan pada klien untuk memberi feedback

Namanya juga meeting, sudah pasti bukan cuma Anda yang berbicara. Berikanlah juga kesempatan pada klien untuk memberikan feedback terkait kepentingan suatu proyek.

Baca Juga: 4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther

Mempersilakan klien untuk bertanya lebih lanjut, memberi sanggahan, atau mengeluarkan pendapat, akan membuat mereka dihargai.

Ingat, komunikasi dua arah akan membuat meeting lebih efektif.


7Tindaklanjuti hasil meeting dengan klien

Meski meeting telah usai, bukan berarti hubungan Anda dengan mereka juga berakhir begitu saja. Coba hubungi klien Anda untuk mengonfirmasi atau menindaklanjuti kejelasan atas meeting yang sudah dilakukan.

Baca juga: Meski Penuh Tekanan, Ini 4 Tips Agar Berbisnis Lebih Menyenangkan

Jalin relasi yang baik dengan mereka supaya Anda memiliki hubungan jangka panjang yang baik. Misalnya, Anda bisa mengajak klien makan siang di luar atau mengundang klien menghadiri acara tertentu secara eksklusif.

Dengan begitu, klien akan mengingat Anda dan merekalah yang nantinya akan datang pada Anda dengan sendirinya.

Nah, itulah tips meeting dengan klien yang perlu Anda terapkan. Semoga bermanfaat!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.