3 Cara Menghemat Modal Saat Membuka Toko Offline – Pada era yang serba digital sekarang ini, keberadaan toko offline belum tergantikan. Banyak pebisnis online yang juga membuka toko konvensional untuk meningkatkan skala bisnisnya.

Namun, membuka toko fisik cenderung membutuhkan modal yang besar. Pebisnis mesti memiliki tempat untuk berjualan, entah itu menyewa ruko, menyewa tenant di pusat perbelanjaan, atau membangun sendiri toko di atas lahan yang strategis.

Bagi Anda yang ingin membuka toko, pilihlah lokasi usaha yang tepat supaya peluang Anda untuk mendapatkan konsumen bisa lebih besar. Sementara untuk masalah biaya, tenang saja karena sebenarnya Anda bisa menghematnya.

Baca Juga: Buka Toko Online atau Offline, Mana yang Lebih Baik?

Nah, bagi Anda yang memiliki keterbatasan dana, Anda bisa kok membuka toko dengan biaya yang lebih terjangkau. Berikut trik menghemat modal usaha toko offline.


3 Cara Hemat Membuka Toko Offline

1Pilih Lokasi yang Kurang Strategis

Tidak perlu memaksakan diri untuk menyewa ruko di pinggir jalan yang ramai. Memang lokasinya sangat strategis, tetapi harga sewa bangunan pasti sangat mahal mencapai puluhan hingga ratusan juta per tahun.

Jika modal minim, cobalah cari lokasi yang kurang strategis untuk mendapatkan harga miring. Contohnya, di dalam gang, di mal yang kurang populer, atau di kawasan yang masih sepi karena biasanya harga sewanya lebih murah.

Meski tidak berada di area yang ramai, bisnis Anda bisa tetap laris, karena Anda bisa mempromosikannya melalui dunia maya untuk memberitahukan konsumen di mana lokasi toko Anda. Dengan begitu, mereka tidak akan kesulitan untuk menemukan toko Anda.

Baca Juga: 5 Trik Efektif Agar Toko Selalu Ramai Pengunjung

2Berbagi Tempat Usaha

buka toko offline atau toko online

Apakah Anda punya kerabat atau teman yang memiliki ruko dan membuka toko offline di ruko tersebut? Jika ada, cobalah bekerja sama dengannya untuk berbagi tempat usaha.

Jika tidak ada, Anda coba cari seseorang yang juga ingin membuka toko dan ajak dia patungan untuk menyewa sebuah ruko. Kemudian, ruko tersebut bisa dijadikan tempat usaha bersama.

Namun, saat berbagi tempat usaha, sebaiknya setiap pihak menjual produk yang berbeda supaya saling melengkapi dan tidak saling berebut konsumen. Misalnya, Anda menjual makanan dan minuman, sementara yang lain menawarkan jasa barbershop.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Kuliner yang Cocok untuk Dikembangkan

3Tawarkan Kerja Sama Bagi Hasil

bisnis musiman
gambar: spazee.id

Coba tawarkan sistem kerja sama bagi hasil dengan pemilik tempat usaha. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membayar sewa karena si pemilik tempat mau berinvestasi ruang usahanya untuk Anda berdagang.

Supaya pemilik tempat tertarik, Anda mesti meyakinkannya bahwa bisnis Anda berpotensi dan Anda akan membagikan keuntungan yang setimpal. Jika dia setuju, Anda akan bebas menggunakan tempat usahanya dan akan berbagi hasil sesuai kesepakatan.

Jadi, pastikan terdapat kontrak kerja sama agar sistem bagi hasil menjadi jelas. Misalnya, pembagian hasilnya 50:50. Berarti jika keuntungan yang diraih Rp 10 juta, maka pemilik tempat berhak mendapatkan Rp 5 juta dan sisanya Anda.

Baca Juga: 12 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cocok untuk Anak Muda


Nah, itulah cara-cara menghemat modal saat membuka toko offline. Tips tersebut cocok untuk diterapkan oleh Anda yang memiliki modal usaha yang minim. Selamat berbisnis!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.