6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja – Hati-hati dalam memulai pembicaraan. Ada beberapa topik yang sebaiknya tidak dibahas di lingkungan kerja. Topik pembicaraan yang dapat membuat canggung, menyinggung, dan tidak berhubungan sama sekali dengan urusan bisnis maupun pekerjaan.

Setiap orang punya pandangan yang berbeda dalam berbagai hal. Daripada membicarakan hal yang rentan mengganggu hubungan profesional Anda dengan orang lain di kantor, maka lebih baik Anda membahas hal-hal yang dapat membangun perusahaan. Untuk itu, hindari membicarakan 6 topik berikut ini.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Pikiran Positif Agar Bisa Jadi Orang Sukses

Hindari Membicarakan 6 Hal Ini di Tempat Kerja Anda

1Agama

Agama adalah topik yang sensitif. Tempat terbaik untuk membicarakan agama ialah di rumah ibadah. Sedangkan di tempat kerja, agama bisa memicu perdebatan tak berujung, karena tidak semua orang di lingkungan kerja Anda beragama yang sama. Bahkan meski seagama pun, cara setiap orang dalam meyakini agamanya berbeda-beda.

Iman adalah hal yang sangat personal antara manusia dengan Tuhan. Jangan berlebihan dalam membanggakan agama sendiri dan merendahkan agama orang lain. Untuk itu, hindari berdiskusi tentang masalah agama dan kepercayaan dengan siapapun di tempat kerja.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Berhasil

2Politik

Politik adalah topik yang berat dan dapat memancing konflik. Urusan politik memang rumit, karena berhubungan dengan pemerintah dan negara. Apalagi saat musim pilkada dan pemilu, perdebatan politik terjadi di mana-mana dan bahkan dapat merusak hubungan dengan keluarga, pasangan, dan teman-teman.

Perlu Anda sadari bahwa setiap orang punya pandangan yang berbeda mengenai dunia politik. Partai, politikus, dan pejabat favorit setiap orang juga berbeda-beda. Untuk itu, Anda tidak perlu membicarakan hal berbau politik di tempat kerja, karena akan membuat kondisi jadi tidak menyenangkan.

Baca Juga: Ayo Tertawa, Ini 5 Manfaat Humor di Lingkungan Kerja

3Masalah Keluarga

Masalah keluarga adalah masalah pribadi. Anda mungkin akan terlihat murung dan tidak semangat dalam bekerja. Namun, coba tutupi masalah Anda. Tidak perlu Anda membagikan masalah orang tua, mertua, anak, atau saudara Anda. Tidak semua orang akan bersimpati, tapi ada yang akan menjadikannya sebagai bahan gosip.

Begitu juga dengan masalah keluarga orang lain. Anda tidak perlu ikut campur dan membicarakannya. Setiap orang punya privasi yang tidak ingin diganggu. Biarlah masalah keluarga jadi urusan masing-masing.

Baca Juga: Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

4Masalah Percintaan

Masalah percintaan sebaiknya menjadi urusan Anda dengan pasangan saja. Anda tidak perlu mengumbar masalah asmara Anda atau ikut campur masalah asmara orang lain. Konflik suami-istri, masalah dengan pacar atau mantan, dan segala hal yang berhubungan dengan percintaan biarlah menjadi urusan pribadi.

Termasuk kehidupan seksual, sebaiknya tidak dibicarakan di tempat kerja. Mengingat Indonesia masih menganggap tabu topik tersebut, maka lebih baik tidak menyinggung hal berbau seks. Jika Anda ingin membicarakan hal tersebut, pilihlah orang terdekat saja yang dapat dipercaya.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Bisnis

5Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan fisik maupun jiwa adalah hal yang tidak perlu dibicarakan sedetail mungkin. Jika Anda sedang sakit, orang-orang di tempat kerja tentu pasti akan bertanya. Namun, Anda tidak perlu menceritakan segala hal yang Anda alami. Sebab orang lain akan merasa kasihan dan mungkin akan meragukan kemampuan kerja Anda.

Begitu juga saat ada rekan yang sakit, hindari untuk memaksanya bercerita tentang penyakit yang dideritanya. Tidak semua orang nyaman untuk membicarakan masalah kesehatannya, karena akan membuatnya terlihat lemah untuk bekerja.

Baca Juga: 5 Pebisnis Ini Bocorkan Rahasia Sukses di Usia Muda

6Ambisi di Luar Bisnis

Ambisi di luar bisnis sebaiknya disimpan sendiri. Saat berada di kantor, biarlah urusan perusahaan yang jadi pembicaraan utama. Sedangkan jika Anda punya ambisi lain yang tidak berhubungan dengan urusan perusahaan, janganlah umbar itu di tempat kerja. Karena orang lain akan menganggap Anda tidak lagi memberikan perhatian penuh pada perusahaan.

Biarlah impian, rencana, dan ambisi Anda tersebut, jadi rahasia Anda dan orang-orang terdekat Anda. Namun, saat berada di tempat kerja, lebih baik Anda fokus saja membicarakan pekerjaan dan hal-hal penting yang dapat memajukan bisnis perusahaan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here