6 Manfaat yang Diperoleh Jika UKM Melek Digital – Masih banyak pelaku Usaha Kecil Menengah atau UKM yang belum memanfaatkan internet dalam berbisnis.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2018, hanya sekitar 8 persen dari 58 juta UKM di Indonesia yang sudah melibatkan teknologi digital dalam bisnisnya.

Angka yang sangat kecil, padahal setiap UKM sangat perlu mengoperasikan usahanya melalui media online agar dapat bersaing di era internet saat ini. Berbisnis di zaman sekarang tidak bisa jika cuma mengandalkan cara-cara lama dan konvensional.

Contohnya, kalau dulu orang harus datang langsung ke toko atau pasar untuk mendapatkan sesuatu, tapi sekarang tidak perlu. Konsumen kini sudah bisa memesan barang secara online.

Baca Juga: 7 Cara Agar Bisnis Cepat Untung Walau Baru Dimulai

Itu sebabnya, para pebisnis perlu beradaptasi dengan gaya hidup masyarakat pada zaman sekarang yang serba digital. Jika tidak, usaha akan sulit untuk bersaing dengan bisnis lain yang sudah lebih modern.

Nah, berikut keuntungan yang didapatkan jika UKM Anda sudah melek digital.


6 Manfaat Jika UKM Melek Digital

1Memudahkan Proses Jual-Beli

Anda bisa memulai bisnis online dengan mempromosikan produk-produk Anda melalui media sosial. Sederhananya, buat saja akun Instagram untuk berjualan.

Kemudian, coba bergabung dengan marketplace, yakni situs yang memfasilitasi pertemuan dan transasi online antara penjual dan pembeli. Contohnya, BukaLapak, Tokopedia, Shopee, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Alasan Jangan Membeli Followers IG untuk Bisnis Online Anda

2Mendapatkan Pasar yang Lebih Luas

metode pembayaran bisnis online

Dengan membuat bisnis Anda tersedia secara online, orang-orang dari mana saja bisa menemukan UKM Anda hanya dalam beberapa menit. Mungkin mereka tidak sengaja mengetik kata kunci tertentu di Google dan akhirnya muncul nama usaha Anda.

Pelanggan Anda jadi bisa bertambah dan berasal dari berbagai daerah. Pasar Anda semakin luas, bahkan bukan tidak mungkin jika bisnis Anda akan menjangkau konsumen dari luar negeri.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Banyak Orang Tertarik Berbelanja Secara Online

3Memerlukan Biaya Pemasaran yang Minim

laba bisnis - profit - keuntungan - uang

Aktif di media sosial tidak akan menguras uang. Anda hanya perlu membayar kuota internet yang biayanya tidak mahal, tergantung pemakaian bulanan Anda saja.

Mendaftar di situs marketplace juga banyak yang gratis. Bahkan jika Anda mau beriklan online, biayanya termasuk lebih terjangkau dibandingkan memasang iklan di media massa dan mencetak flyer atau brosur promosi.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Agar Kondisi Keuangan Tetap Stabil

4Cepat Menangkap Keinginan Konsumen

jualan online di facebook - media sosial

Hubungan Anda dan konsumen menjadi lebih dekat berkat adanya media sosial. Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan target pasar Anda dan segera mengetahui apa saja keinginan mereka.

Dengan begitu, Anda akan lebih cepat menyediakan barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Produk Anda akan relevan, sehingga pasti akan selalu dicari dan laku terjual.

Baca Juga: Kiat-Kiat Sukses Membuka Bisnis Minuman Kekinian

5Waktu Operasional Bisa Lebih Fleksibel

mengelola bisnis online - bisnis rumahan

Memulai UKM online bisa dari rumah saja. Anda tidak perlu menyewa tempat untuk melakukan produksi, menyimpan, dan menjual produk Anda, karena semuanya bisa dilakukan di rumah.

Keuntungannya, waktu operasional usaha bisa lebih fleksibel. Waktu kerja bisa ditentukan sesuai keinginan dan kesibukan Anda. Bahkan Anda bisa melayani konsumen dari mana saja melalui ponsel atau laptop Anda.

Baca Juga: Jangan Lupakan 4 Hal Ini Walau Anda Sedang Sibuk Kerja

6Bisa Terhubung dengan Bisnis Lain

keuntungan jualan online bisnis

UKM melek digital akan lebih gampang membangun koneksi. Selain dapat membuat bisnis Anda terhubung dengan konsumen, media sosial dan marketplace bisa membuat UKM Anda terhubung dengan bisnis lain.

Mitra bisnis Anda bisa bertambah. Anda bisa bertemu dengan berbagai distributor baru yang tertarik dengan produk Anda, sehingga otomatis penghasilan Anda akan meningkat dan usaha Anda bisa semakin maju.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Online Shop


Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika UKM melek digital. Jadi, ayo belajar menggunakan internet untuk berjualan. Jangan mau kalah dengan pebisnis kekinian yang sudah modern, karena sudah saatnya Anda ikut persaingan bisnis online demi mengembangkan masa depan UKM Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.