Apakah Sudah Terlambat untuk Memulai Usaha di Usia Tua? – Tidak semua orang bernasib mujur. Ada yang baru bisa memulai bisnis saat sudah tua, padahal impian sudah ada sejak masih muda.

Mungkin saat muda dulu keberuntungan belum menghampiri Anda. Sebelumnya, Anda pernah gagal dalam berbisnis dan berhenti mencoba kembali, atau Anda belum sempat berbisnis sendiri karena alasan tertentu.

Baca Juga: Begini Cara Pebisnis Pemula Menghilangkan Keraguan dalam Berbisnis

Apapun masalah yang pernah terjadi dan menghambat impian bisnis Anda, itu semua tidak perlu Anda sesalkan lagi. Selama Anda masih hidup dan dapat bekerja, maka masih ada kesempatan untuk memulai bisnis.

Walaupun katanya Anda sudah terlambat dan terlalu tua untuk berbisnis, Anda tak perlu takut untuk mencoba. Jika Anda merasa masih sanggup, maka mulailah usaha untuk masa tua Anda sesegera mungkin.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisa Merintis Bisnis Pribadi dari Nol Hingga Sukses

Nah, berikut alasan yang tepat kenapa orang tua masih boleh berbisnis, meski sudah berumur dan memasuki usia pensiun.

5 Alasan Kenapa Harus Memulai Usaha di Usia Tua

1Supaya Anda Tetap Produktif Secara Positif

gambar: telegraph.co.uk

Banyak orang tua akan memiliki banyak waktu luang jika sudah tidak lagi bekerja. Sebagian besar aktivitas dilakukan di dalam rumah dan tidak terlalu sibuk.

Jika kebanyakan santai, Anda pasti akan bosan dan cenderung merasa tak lagi berguna. Anda jadi kurang bahagia karena Anda tidak seproduktif semasa muda.

Namun, jika Anda menjalankan bisnis di masa tua, Anda akan lebih produktif secara positif. Meskipun daya tahan tubuh sudah menurun, Anda akan menjadi bersemangat seperti anak muda.

Baca Juga: 6 Kendala Usaha yang Kerap Dialami Saat Ingin Memulai Bisnis 

2Anda Sudah Punya Banyak Pengalaman

gambar: moneycrashers.com

Menghabiskan belasan tahun hingga puluhan tahun bekerja sebagai pegawai kantoran, pasti mengajarkan Anda banyak sekali hal tentang dunia bisnis. Kinerja Anda sudah teruji dan Anda akan lebih bijaksana dalam bersikap.

Sebagai generasi senior, pengetahuan bisnis Anda sudah begitu banyak. Anda sudah banyak makan asam garam. Pengalaman hidup Anda sangat kaya dibandingkan pebisnis muda yang baru memulai bisnis.

Semua pengalaman baik dan buruk tersebut, pasti akan berguna dalam menuntun Anda memulai langkah sebagai pebisnis. Anda sudah punya modal dasar yang kuat untuk berbisnis.

Baca Juga: 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Sebelum Memperoleh Kesuksesan

3Anda Punya Jaringan Bisnis yang Luas

gambar: glassdoor.com

Setiap pengusaha yang sukses pasti memiliki jaringan bisnis yang luas. Anda sudah punya hal itu jika memulai usaha di usia tua. Anda sudah memiliki banyak kenalan yang telah mengenal baik diri Anda.

Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis. Anda tidak akan kesulitan dalam mencari rekan bisnis yang mau diajak bekerja sama, karena mereka sudah percaya dengan profesionalitas kerja Anda.

Baca Juga: Waspada, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

4Mewujudkan Impian yang Sempat Tertunda

Mungkin selama ini Anda bekerja untuk orang lain demi mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, selagi Anda masih sehat, Anda masih bisa mengejar impian bisnis Anda sewaktu masih muda yang belum tercapai.

Jika dulu Anda bekerja di bidang yang tidak disukai, maka saatnya kini Anda memulai usaha yang sesuai keinginan hati Anda. Misalnya, bisnis sesuai minat dan hobi yang Anda miliki. Untuk itu, coba jalani saja dulu, karena siapa tahu usaha Anda akhirnya berhasil.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Kartini Muljadi, Wanita Terkaya Kedua di Indonesia

5Punya Pemasukan dan Tidak Bergantung pada Anak

Anda pasti segan jika hanya bergantung pada uang pemberian anak. Namun, jika Anda bisa berbisnis sendiri, Anda akan tetap punya pemasukan dan tak perlu merepotkan anak Anda.

Bahkan jika bisnis Anda sukses, keuntungannya bisa meningkatkan perekonomian keluarga. Bisnis Anda pun bisa diwariskan ke anak-cucu kelak. Masa tua Anda tidak akan berlalu dengan sia-sia.

Baca Juga: 10 Keuntungan Saat Memulai Bisnis di Usia Muda


Memang betul jika Anda masih bisa berbisnis di usia tua. Anda masih punya peluang untuk menjadi pengusaha sukses, walaupun umur tak muda lagi. Namun, pikirkan baik-baik sebelum mengawali bisnis Anda agar Anda tak salah melangkah.

Hati-hati terhadap risiko yang mungkin terjadi. Perhatikan kesehatan Anda. Mintalah juga dukungan dari keluarga agar mereka tidak khawatir dan turut membantu usaha Anda. Pastikan Anda memang sudah yakin dan siap dalam memulai usaha di usia tua.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.