10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan – Tidak mudah bagi pebisnis pemula untuk menentukan satu bidang usaha yang akan dijalankannya. Keterbatasan pengalaman membuatnya membutuhkan waktu yang lama untuk berpikir dan menyiapkan bisnis.

Pastinya, akan ada kekhawatiran apakah bisnisnya akan sukses atau gagal. Ketakutan yang wajar selama tidak membuatnya berhenti sebelum mencoba. Sebab pebisnis seharusnya berani menghadapi tantangan dan risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba Sekarang

Nah, bagi Anda yang berencana membuka usaha sendiri, berikut sejumlah ide usaha yang menjanjikan yang layak untuk dicoba.

10 Jenis Usaha Menjanjikan untuk Pemula

1Toko Online

Online shop atau toko online adalah jenis bisnis kekinian. Tampaknya, barang apapun bisa Anda beli melalui internet. Anda pun bisa ikut terjun menjadi pebisnis online dengan menjual suatu barang yang menjadi kebutuhan orang-orang.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

Penjualan bisa lewat media sosial, website marketplace, dan juga website toko online sendiri. Buat brand sendiri agar Anda lebih gampang mempromosikan dan mengembangkan bisnis online Anda.

2Dropship

Dropship adalah salah satu jenis bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal. Dropship tidak perlu memiliki stok barang. Anda cukup bekerja sama dengan suatu toko online atau supplier untuk menjadi dropshipper.

Baca Juga: 10 Buku untuk Pebisnis Online yang Perlu Anda Baca

Nantinya, Anda sebagai perpanjangan tangan supplier akan mempromosikan produknya secara online. Jika ada yang membeli, Anda tinggal meminta supplier mengirim barang yang dipesan melalui Anda.

Anda akan mendapatkan keuntungan jika ada barang yang terjual dan tidak rugi jika tidak ada yang membeli.

3Bisnis Makanan Ringan

gambar: indonesiakaya.com

Apakah Anda suka makan camilan? Banyak orang yang mengonsumsi camilan setiap hari, baik itu disaat sedang bersantai di rumah, menonton televisi, bahkan disaat sedang bekerja di kantor. Camilah sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja

Ini menjadi peluang yang bagus untuk berbisnis. Anda bisa membuat makanan ringan yang banyak digemari oleh orang-orang, seperti aneka keripik, kue, jajanan, dan lain-lain.

Lalu Anda bisa menitipkannya di warung atau memasarkannya secara online. Pastikan rasanya enak dan kemasannya menarik untuk memikat hati pembeli.

4Usaha Kuliner

gambar: rumahdijual.com

Bisnis kuliner sangat menjanjikan jika Anda pandai mengembangkannya. Sebab setiap hari banyak orang yang makan di luar rumah dan suka mencoba masakan baru. Anda bisa buat masakan yang enak dan berbeda untuk mencuri perhatian.

Baca Juga: 5 Tips Menjalankan Usaha Sampingan Bagi Pekerja Kantoran

Jika Anda punya modal yang cukup besar, Anda bisa membuat kafe atau restoran yang menyediakan aneka minuman dan makanan.

Jika modal terbatas, Anda bisa menyewa tempat di food court atau di pinggir jalan untuk berjualan. Pilih lokasi yang ramai agar bisnis Anda laris dan cepat berkembang.

5Jual Aksesoris Handphone

Harga handphone atau telepon genggam sudah terjangkau sehingga kalangan ekonomi bawah pun sudah memiliki sebuah produk smartphone. Tentu saja hal ini membuat tingkat kebutuhan akan aksesoris handphone jadi meningkat.

Baca Juga: Jangan Ragu Jualan Online, Ada 5 Keuntungan yang Bisa Didapatkan

Anda bisa coba menjual casing, baterai, headset, pelindung layar anti gores, power banks, dan lain-lain. Pasarkan secara online agar bisnis Anda bisa menjangkau pembeli dari seluruh Indonesia.

6Jual Produk Fashion

gambar: problab.com

Industri fashion terus berkembang. Manusia terutama kaum hawa begitu menggilai fashion karena sangat memperhatikan penampilan fisik. Bisnis fashion masih menjadi usaha menjanjikan untuk pemula.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memasarkan Bisnis dari Hobi Anda

Beragam produk fashion bisa Anda jual, seperti kaos, kemeja, celana, tas, sepatu, topi, dan lain-lain. Anda bisa membuat produknya sendiri atau menjual produk yang sudah ada di pasaran. Silakan Anda pilih jenis produk yang ingin Anda pasarkan.

7Bisnis di Bidang Kreatif

Bagi Anda yang memiliki bakat dan keahlian di suatu bidang kreatif, Anda bisa menawarkan jasa Anda. Sekarang sudah zamannya teknologi, sehingga Anda bisa memanfaatkan internet dan melakukan usaha kreatif dari rumah.

Baca Juga: Manfaatkan 7 Bagian Rumah Ini untuk Menghasilkan Uang

Contohnya, menjadi desainer grafis, penulis buku, copywriter, content writer, blogger, web designer, dan sebagainya. Bahkan Anda bisa membuka badan usaha seperti agency agar bisnis Anda jadi lebih profesional.

8Kos-kosan

Menjalankan bisnis kos-kosan cocok untuk Anda yang memiliki modal besar dan properti di lokasi strategis.

Bisnis rumah kos sangat menjanjikan di wilayah perkotaan karena banyak orang yang merantau untuk menempuh pendidikan atau bekerja.

Anda hanya butuh menyediakan kamar kos yang nyaman dan aman agar ada yang mau menyewa.

9Usaha Laundry

gambar: serempak.id

Bagi Anda yang tinggal di kawasan yang padat penduduk dan dekat dengan perkantoran, sekolah, dan kampus, Anda bisa coba menjalankan bisnis laundry.

Baca Juga: Bisnis Rumahan Menjanjikan: 5 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Usaha ini pasti menguntungkan, asalkan Anda bisa menjamin kebersihan pakaian dan juga pelayanan yang baik.

10Franchise

gambar: vethanlaw.com

Membeli bisnis waralaba atau franchise bisa jadi pilihan bagi Anda yang punya modal dan tidak ingin repot membuat konsep bisnis.

Baca Juga: 4 Alasan Pebisnis Muda Membutuhkan Mentor Bisnis

Sebab setiap franchise sudah memiliki konsep bisnis dan produk yang jelas. Anda tinggal membayar lisensi dan belajar sistem pengelolaannya.

Peluang untuk sukses pun lebih besar jika Anda memilih franchise yang sudah terkenal dan dibuka di lokasi strategis.


Nah, itulah 10 jenis usaha menjanjikan untuk pemula. Silakan Anda pertimbangkan baik-baik. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin menjadi seorang pebisnis.

Jangan Berhenti di Situ, Kembangkan Terus Bisnis Anda!

Setelah mengetahui atau mungkin menjalankan satu dari 10 jenis usaha menjanjikan untuk pemula di atas, bisnis Anda mungkin sudah mulai berkembang.

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Tahap Memulai Bisnis Kuliner

Berawal dari iseng atau coba-coba, ternyata bisnis Anda mulai menunjukkan perkembangan. Hanya saja, sulit baginya untuk terus berkembang hingga sukses apabila perkembangannya selalu stagnan, utamanya karena modal yang kurang memadai.

Jangan sampai arus kas atau anggaran bisnis Anda terganggu untuk berbagai kepentingan dalam upaya untuk mengembangkan bisnis Anda, atau pun mengekspansi bisnis.

Saat ini sudah tersedia akses permodalan yang mudah dan terjangkau yang akan senantiasa mampu menjawab kebutuhan perkembangan bisnis Anda.

Di KoinWorks, perusahaan peer to peer lending pertama yang terdaftar dan diawasi OJK, Anda bisa mengakses permodalan yang terjangkau dengan mudah, dengan bunga flat 0,75% hingga 1,67% per bulan. Setiap akses permodalan memiliki tenor mulai 6 hingga 24 bulan.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Tenang, seluruh proses pengajuan modal usaha bisa dilakukan sepenuhnya secara online tanpa survey, tanpa perlu mendatangi kantor KoinWorks.

Tertarik?

Akses Permodalan


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

3 KOMENTAR

  1. Thx atas panduannya…saya ingin membuka usaha tp masih bingung mau buka usaha apa..mohon panduannya abg. Kk

    • Mungkin kalau menurut saya ketika anda menjalankan usaha maka mulailah dari hoby dan kesukaan anda,ketika anda terjun di dunia makanan anda harus rela bekerja di suatu restoran atau cafe di situlah anda belajar dan mengumpulkan kekurangan dan kelebihan makanan/minuman tersebut dan mengumpulkan modal lalu anda memulainya sendiri ,semoga sukses

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.