6 Peluang Usaha Modal Dengkul Tanpa Keluar Uang Tapi Bisa Untung – Mau punya bisnis tanpa modal? Ini bukan hal yang mustahil. Ini juga bukan penipuan.

Siapa saja bisa memulai bisnis tanpa mengeluarkan modal. Anda mungkin pernah mendengar bisnis modal dengkul. Dengkul atau lutut? Ya, ini adalah istilah untuk bisnis yang hanya membutuhkan tenaga atau perkataan.

Baca Juga: 10 Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

Modal dengkul adalah modal yang tidak berupa harta atau uang. Anda bisa memanfaatkan apa yang Anda punya selain uang untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin berbisnis tapi memiliki keterbatasan dana, cobalah memulai beberapa usaha berikut ini.

Baca Juga: Agar Tak Salah Melangkah, Ini 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama


6 Peluang Usaha Modal Dengkul atau Tanpa Modal

1Bisnis Dropship

Anda bisa memulai bisnis online tanpa modal dengan menjadi dropshipper. Coba bekerja sama dengan supplier toko online yang membuka peluang dropshipping, agar Anda bisa berbisnis tanpa perlu memiliki stok barang.

Anda cukup mempromosikan produk supplier secara online dengan harga lebih tinggi daripada harga dari supplier tersebut. Jika terjadi closing atau ada yang membeli, maka supplier kemudian akan mengirimkan pesanan ke pembeli.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini

2Ambil dan Jualkan Barang Orang Lain

Apakah ada anggota keluarga, teman, atau kenalan Anda yang mempunyai bisnis? Coba hubungi mereka dan tawarkan bantuan untuk menjualkan produk yang mereka jual.

Ini adalah contoh bisnis dengan modal kepercayaan. Orang yang mengenal Anda mungkin akan percaya sama Anda, sehingga Anda boleh mengambil barang jualannya tanpa membayar.

Kemudian setelah Anda ambil, coba jual barang tersebut. Dalam kurun waktu tertentu, Anda baru mengembalikan barangnya. Anda pun akan untung, asalkan ada yang terjual.

Baca Juga: 7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga

3Usaha Kerajinan dari Barang Bekas

gambar: tierraeste.com

Kumpulkan barang-barang bekas yang masih berguna, seperti sedotan, bungkus kopi, kertas koran, majalah, botol, ban bekas, dan sebagainya. Lalu, buatlah suatu karya dengan barang tersebut untuk dijual kemudian.

Karya kerajinan tangan dari barang bekas akan memiliki nilai jual. Semakin kreatif, semakin mahal. Apakah akan laku? Tentu saja. Cukup banyak kok peminat kerajinan unik dari barang bekas.

Baca Juga: Cara Jual Barang Preloved Agar Cepat Laku dan Tidak Mengecewakan Pembeli

4Menjual Barang Bekas Tak Terpakai

gambar: mommiesdaily.com

Coba cek lemari dan gudang di rumah Anda. Cari barang-barang tak terpakai untuk dijual. Seperti pakaian, tas, sepatu, buku, alat elektronik, dan sebagainya. Pastikan kondisi masih layak agar masih punya nilai jual.

Setelah terkumpul, Anda bisa menjualnya secara online. Terutama juallah di situs marketplace khusus untuk barang preloved, karena di situ Anda akan menemukan para pembeli yang tertarik dengan barang second hand.

Baca Juga: 7 Usaha yang Cocok untuk Pelajar SMA, Mudah Dijalankan dan Menjanjikan

5Bisnis Afiliasi Online

Ini contoh usaha modal dengkul untuk Anda yang suka main internet. Sejumlah website e-commerce menawarkan program affiliate marketing atau pemasaran afiliasi. Bisnis afiliasi online ini sangat cocok untuk Anda.

Nantinya, Anda akan memasang link iklan dari pihak e-commerce di akun media sosial dan laman blog Anda. Jika ada yang mengklik dan kemudian melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan bayaran.

Baca Juga: Jangan Ragu Jualan Online, Ada 5 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

6Makelar Properti

Sejumlah perusahaan dan agen properti terbuka dengan orang yang mau bekerja sama menjadi makelar properti. Tugas Anda adalah mencarikan pembeli rumah, apartemen, tanah, dan properti lainnya.

Jika ada yang membeli dari Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi yang menggiurkan. Semakin mahal propertinya, semakin besar komisinya. Peluang yang menarik, bukan?

Baca Juga: 5 Usaha yang Cocok untuk Anda yang Cari Kerja Sampingan Sabtu-Minggu

7Usaha Jasa Sesuai Keahlian Anda

Keahlian Anda bisa menjadi sumber penghasilan. Anda bisa memulai usaha di bidang jasa sesuai skill atau kemampuan Anda, dan ini tanpa perlu biaya.

Anda bisa menjadi penulis konten, membuatkan desain untuk orang lain, menjadi penerjemah, menjadi guru les privat, menjadi konsultan Search Engine Optimization (SEO), dan sebagainya.

Baca Juga: 13 Konten Video Youtube yang Menghasilkan Uang


Nah, itulah beberapa peluang bisnis tanpa modal alias usaha modal dengkul. Silakan Anda mencoba ide bisnis tersebut, khususnya bagi Anda yang mau menjadi pebisnis tapi tidak memiliki uang yang banyak.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.