6 Tips Penting Menjalankan Usaha Sambilan Bagi Karyawan –¬†Biaya kebutuhan hidup terus meningkat. Namun, gaji bulanan dari perusahaan tidak cukup bagi sebagian orang.

Menunggu kenaikan gaji itu tidak pasti. Mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi juga tidak mudah.

Baca Juga: Anda Tidak Berani Memulai Bisnis? Yuk, Coba Tips Ini!

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, cobalah untuk membuka usaha sampingan. Mungkin sulit untuk dijalani sambil bekerja, tapi Anda bisa menghasilkan uang tambahan yang lumayan.

Maka dari itu, Anda tak perlu ragu untuk memulainya. Menjalankan pekerjaan sambil berbisnis itu bisa saja dilakukan dan berhasil.

Baca Juga: Tak Ada Bakat Berbisnis Bukan Alasan untuk Tidak Sukses

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan usaha sembari bekerja kantoran.


6 Tips untuk Karyawan yang Mau Usaha Sambilan

1Pilih Bisnis yang Sesuai Kemampuan

Menjalankan bisnis sambil bekerja bisa bikin kewalahan. Keterikatan Anda dengan perusahaan membuat Anda tidak bisa leluasa untuk fokus terhadap usaha Anda sepenuhnya.

Sehingga Anda harus pandai membagi waktu, tenaga, dan pikiran. Maka dari itu, pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Misalnya, bisnis online bisa jadi salah satu pilihan karena lebih fleksibel. Anda bisa menjalankannya dari mana saja saat Anda sempat. Lalu, setelah pulang kerja, Anda bisa mengemas pesanan dan mengirimkannya ke pembeli.

Baca Juga: 5 Pemikiran Orang Sukses yang Wajib Ditiru Saat Memulai Bisnis

2Lakukan Persiapan

Meski bukan prioritas paling utama, Anda harus serius dalam merencanakan usaha Anda. Perencanaan akan membuat Anda terhindar dari kesalahan dan kerugian saat memulainya.

Lakukanlah persiapan seperti pemilihan nama usaha, persediaan barang, analisis pasar, strategi marketing, dan lain sebagainya. Segala persiapan tersebut akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha Anda.

Baca Juga: 5 Risiko Bisnis Online yang Harus Diwaspadai dan Dihindari

3Gunakan Rekening Terpisah

Jangan gunakan rekening tabungan pribadi untuk usaha sampingan, tapi buatlah rekening terpisah agar tidak tercampur. Ini adalah langkah sederhana untuk mengelola keuangan yang lebih terorganisir.

Sehingga Anda bisa memonitor pengeluaran dan pemasukan bisnis dengan lebih cepat. Membuat perencanaan dan laporan keuangan pun jadi lebih mudah.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hasilnya. Hanya saja, cukup sebagian saja pendapatan bisnis untuk diri Anda, sedangkan sisanya untuk dana perputaran usaha dan tambahan modal.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

4Buat Target Penjualan

Menjalankan usaha sambilan harus ada target agar Anda lebih bersemangat untuk mencapainya. Ini juga sebagai perhitungan kasar berapa omzet yang bisa Anda hasilkan.

Misalnya, Anda berjualan pakaian secara online. Buat target sehari Anda mendapatkan 2 pelanggan atau seminggu 20 pelanggan. Anda bebas menentukan sendiri targetnya.

Baca Juga: 8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Mudah

5Giat Memasarkannya

Target akan tercapai jika Anda giat memasarkan bisnis sampingan Anda. Anda harus aktif mempromosikan jualan Anda di media sosial, menawarkannya ke kenalan Anda, dan sebagainya.

Pada masa awal bisnis berjalan, mungkin Anda akan kesulitan mendapatkan pembeli. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang akan mengenal bisnis Anda dan mau berlangganan.

Baca Juga: 3 Hal yang Jangan Diucapkan Jika Anda Ingin Sukses Berbisnis

6Perhatikan Kualitas Bisnis Anda

Kualitas bisnis tidak hanya soal mutu produk, tapi juga soal bagaimana pelayanan Anda terhadap konsumen. Anda harus memperhatikan semuanya agar Anda dapat bersaing dan bertahan.

Bahkan bukan tidak mungkin jika usaha sampingan Anda ini akan lebih menghasilkan daripada pekerjaan Anda di kantor. Maka dari itu, jaga terus kualitas produk dan pelayanan Anda.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Banyak Anak Muda Gagal Berbisnis


Nah, itulah tips sukses menjalankan usaha sambilan bagi karyawan. Selamat mencobanya dan semoga usaha Anda bisa menjadi sumber penghasilan tambahan Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.