10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba Sekarang – Biaya hidup semakin mahal. Kebutuhan hidup akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Otomatis pengeluaran juga akan ikut bertambah.

Berhemat saja tidak cukup. Pendapatan bulanan tentu harus terus meningkat agar Anda mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, bagaimana cara meningkatkan penghasilan?

Baca Juga: 5 Langkah Mengelola Keuangan Bulanan Agar Bisa Berbisnis dan Mapan

Solusinya adalah dengan bekerja lebih keras. Anda perlu menjalankan usaha lain di luar pekerjaan atau bisnis utama Anda saat ini. Tidak perlu khawatir dengan modal, karena ada banyak peluang usaha yang nyaris tanpa modal atau cuma butuh modal sedikit.

Anda bisa berjualan produk maupun jasa dari rumah dan menggunakan internet untuk memulainya. Nah, berikut beberapa macam contoh pekerjaan sampingan yang bisa Anda jalankan sekarang untuk menambah penghasilan bulanan Anda.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Modal Kecil Rp 1 Juta Tapi Bisa Untung Besar

10 Usaha Sampingan Tanpa Modal, Ayo Coba Sekarang!

1Bisnis Dropship

Dropship adalah metode bisnis online di mana Anda sebagai dropshipper tidak perlu melakukan stok barang maupun proses pengiriman. Anda cukup mempromosikan barang dagangan supplier di media sosial atau toko online. Jika ada pembeli, Anda akan meneruskan pesanan ke supplier yang akan mengirimkan barangnya ke pembeli.

Keuntungan didapatkan dari harga jual produk pada pembeli dikurangi harga dari supplier. Misalnya, Anda menjual Rp 100.000 dan supplier memberikan harga untuk Anda Rp 80.000. Berarti keuntungan Rp 20.000 per produk. Untuk itu, segera cari supplier yang mau bekerja sama dengan sistem dropshipping.

Baca Juga: 6 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis di Media Sosial

2Makelar Properti

Anda bisa menjadi makelar properti di waktu luang Anda. Coba cari lowongan kerja di perusahaan agen properti dan melamar sebagai agen properti freelance. Anda bisa mendapatkan komisi berkisar 1-3 persen jika Anda berhasil menjual rumah, apartemen, atau tanah milik developer.

Cara pemasaran properti bisa dengan menghubungi kenalan atau melalui internet. Anda bisa memposting informasi properti dijual di berbagai media sosial, forum online, dan website jual-beli properti. Jika tidak terjual, Anda tidak rugi. Namun, jika terjual, Anda akan untung besar.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis

3Jual Pakaian Bekas

gambar: dortmund-ahoi.de

Anda bisa mencoba menjual pakaian bekas yang masih layak pakai dan berkualitas. Entah itu milik pribadi atau milik teman-teman Anda. Ya, Anda bisa membantu orang lain menjualkan pakaian bekasnya.

Anda tidak perlu modal. Namun, peluang ini cukup menjanjikan. Apalagi jika Anda menjual pakaian bekas atau barang apapun yang branded, karena masih banyak peminatnya. Daripada tersimpan di lemari dan terpakai, maka lebih baik Anda jual saja ke orang lain.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

4Jual Kaos Pre-Order

gambar: onlyoffice.com

Anda bisa memulai bisnis dengan sistem pre-order. Usaha sampingan tanpa modal di mana pembeli akan membayar di muka untuk memesan barang yang belum jadi dan baru sebatas gambar. Setelah pembeli terkumpul, Anda baru akan mencetak barang yang dipesan di vendor dan mengirimkannya.

Seperti kaos pre-order, Anda cukup membuat desain yang menarik dan mempromosikannya secara online. Percayalah, jika desain Anda bagus dan Anda pandai memasarkannya, pasti akan ada yang tertarik membelinya.

Baca Juga: Pasti Sold-Out! Ini 10 Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif

5Jasa Desain Grafis

Berbisnis di bidang jasa memang bisa nyaris tanpa modal. Seperti jasa desain grafis, Anda cukup menggunakan laptop atau komputer Anda untuk berkarya dan menghasilkan uang. Banyak yang membutuhkan jasa desain logo, kartu nama, poster, flyer, dan lain-lain. Pekerjaan ini bisa jadi sampingan dan dikerjakan dari rumah.

6Jasa Les Privat

gambar: blissfulanddomestic.com

Manfaatkan keterampilan Anda untuk menambah penghasilan. Anda bisa jadi guru les privat untuk anak-anak usia sekolah. Anda bisa mengajarkan bahasa Inggris, vokal, bermain musik, dan lain-lain. Coba promosikan diri Anda dan menerima panggilan mengajar di rumah murid Anda.

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Keterampilan untuk Menghasilkan Uang

7Jasa Penerjemah

gambar: genuineinternetjobs.com

Banyak perusahaan membutuhkan jasa translator untuk menerjemahkan artikel atau dokumen berbahasa asing ke bahasa indonesia, dan sebaliknya. Menariknya, Anda bisa mengerjakannya dari rumah. Coba mulai mencari lowongan ini di website lowongan kerja freelance.

8Jasa Content Writer

Banyak tulisan di media online atau blog yang ditulis oleh content writer freelance. Jika Anda berpengalaman dalam menulis, Anda bisa coba mencari lowongan penulis lepas di situs-situs pencari kerja. Besaran gaji atau honornya lumayan untuk menambah penghasilan.

Baca Juga: Mau Mengembangkan Usaha? Pinjaman dari KoinWorks Ini Bisa Jadi Pilihan Bijak

9Admin Media Sosial

Jika Anda berpengalaman mengelola media sosial, coba saja menawarkan diri sebagai admin media sosial untuk toko online atau perusahaan kecil. Tugasnya biasanya untuk membuat konten, memposting, serta menambah followers. Anda bisa mengurusnya dari mana saja, sesuai dengan kesepakatan antara Anda dan pemilik media sosial.

10Jual Foto di Internet

gambar: lukihermanto.com

Bagi Anda yang berbakat fotografi dan memiliki kamera sendiri, Anda bisa memanfaatkan kemampuan dan kamera Anda itu untuk menghasilkan uang. Bukan hanya dengan menawarkan jasa fotografi, melainkan bisa juga menjual foto-foto Anda di situs penjualan foto seperti istockphoto.com dan shutterstock.com. Komisi akan diterima jika ada yang menggunakan atau membeli foto Anda.

Baca Juga: 8 Tips Jitu untuk Menghasilkan Penjualan Pertama di Internet


Nah, itulah 10 contoh usaha sampingan tanpa modal yang bisa dijalankan. Manfaatkan peluang bisnis sampingan tersebut sekarang, jika Anda merasa Anda punya waktu untuk melakukannya dan membutuhkan penghasilan tambahan.

Jadi, selamat mencobanya dan semoga sukses!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.