4 Alasan Lebih Baik Memulai Usaha Sendirian Tanpa Rekan –Ā Salah satu hal yang membuat orang ragu untuk memulai bisnis adalah karena belum mendapatkanĀ partner atau rekan.

Memang pasti tidak mudah bagi pebisnis pemula untuk menanggung risiko bisnis sendirian. Sehingga Anda ingin mencari rekan untuk menjalankan bisnis bersama-sama.

Baca Juga: 7 Tips untuk Anak Muda yang Berhasil dalam Berbisnis

Namun, sebenarnya jangan takut untuk memulai usaha seorang diri. Belum tentu juga teman atau kerabat akan cocok dijadikan rekan bisnis Anda.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin berbisnis tanpa rekan, mungkin alasan-alasan berikut ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Baca Juga: Sukses Berbisnis Dimulai Dari Diri Sendiri


4 Alasan Memulai Usaha Sendirian Tanpa Rekan

1Sering Tidak Sejalan

gambar: theconversation.com

Setiap orang akan berpikir dan bertindak dengan cara yang berbeda. Sekalipun dalam berbisnis setiap pihak dituntut untuk selalu satu tujuan, tapi pada kenyataannya akan banyak hal yang tidak sejalan.

Anda tidak akan tahu bagaimana sikap rekan Anda ke depannya. Atau, jangan-jangan Anda sendiri yang akan sering berseberangan dengan rekan Anda. Pastinya akan ada salah yang sering tidak sejalan dan akhirnya menimbulkan pertengkaran.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan

2Jaga Hubungan Baik

Tidak akan ada bisnis yang berjalan tanpa perselisihan. Anda dan rekan akan berdebat mengenai berbagai hal, mulai dari masalah pembagian tugas, pengambilan keputusan, urusan keuangan, dan sebagainya.

Banyaknya masalah yang pelik di dunia bisnis berisiko merusak hubungan baik yang sudah lama terjalin. Bukan hanya hubungan pribadi yang menjadi renggang, tapi bisnis pun akhirnya bisa gagal karenanya.

Baca Juga: 7 Cara Komunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis

3Menguasai Bisnis Sepenuhnya

Jika berbisnis bareng rekan, Anda akan melakukan pembagian hasil, sebab usaha bukan hanya milik satu orang tapi milik bersama. Pertanyaannya, apakah Anda siap untuk berbagi hasil dengan orang lain?

Jika Anda tidak bersedia, maka sebaiknya Anda memulai usaha sendirian saja. Sehingga Anda bisa menguasai bisnis sepenuhnya. Kepemilikan bisnis akan 100 persen untuk Anda.

Baca Juga: Strategi Promosi yang Perlu Dilakukan Saat Bisnis Mulai Berjalan

4Lebih Leluasa Berbisnis

Membangun usaha dengan orang lain mungkin tidak akan memberikan Anda kebebasan yang Anda harapkan. Sebab mungkin apa yang Anda mau tidak disetujui oleh rekan Anda.

Sedangkan jika Anda berbisnis sendirian, Anda bisa lebih bebas. Anda tidak perlu bergantung pada orang lain, karena Anda sendiri yang akan menentukan apapun dan bertanggung jawab atas bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Kriteria Pemimpin Bisnis yang Harus Anda Miliki


Nah, itulah beberapa alasan kenapa Anda tak perlu ragu jika mau memulai usaha sendirian tanpa rekan.

Namun, bukan berarti bahwa berbisnis bersama orang lain itu tidak baik. Sebab jika Anda bisa menemukan rekan yang tepat, Anda akan sangat beruntung dan terbantu.

Jadi, silakan pikirkan baik-baik sebelum melangkah. Sehingga Anda bisa menentukan keputusan yang terbaik untuk diri Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.