Tips Penting Memulai Usaha untuk Anak Sekolah – Pada umumnya, pelajar akan fokus mengenyam pendidikan dan menikmati masa remaja.

Orang tua biasanya pasti ingin anaknya bisa belajar dengan baik dan meraih prestasi di sekolah. Kecuali pada kondisi tertentu, ada anak yang mencari uang demi membantu perekonomian keluarga.

Baca Juga: 8 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Namun, ada juga anak yang sekolah sambil bekerja atau memulai usaha bukan karena orang tuanya tidak mampu, melainkan karena keinginannya untuk bisa mendapatkan uang sendiri dan menjadi wirausaha muda sejak dini.

Nah, bagi Anda yang masih sekolah, entah itu yang duduk di bangku SMP atau SMA, tapi sudah ingin berbisnis sendiri, Anda boleh kok melakukannya. Akan tetapi, sebaiknya Anda memperhatikan sejumlah tips penting berikut ini.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha yang Cocok untuk Pelajar SMA, Mudah Dijalankan dan Menjanjikan


6 Tips Memulai Usaha untuk Anak Sekolah

1Minta Izin Orang Tua

ide usaha untuk orang tua lanjut usia yang masih cocok dilakukan

Orang tua biasanya tidak akan membiarkan anaknya mencari uang semasa sekolah. Tugas utama seorang pelajar adalah belajar dengan benar agar menjadi orang yang pintar.

Maka dari itu, sebelum Anda memulai usaha, mintalah restu dari ayah dan ibu di rumah. Jangan diam-diam melakukannya karena akan membuat orang tua marah dan kecewa.

Namun, lebih baik Anda jujur mengutarakan niat berbisnis dan menjelaskan alasannya, sehingga orang tua dapat memahami dan akhirnya mau memberikan dukungan.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses

2Mulai Bisnis Bermodal Kecil

langkah mengelola keuangan bulanan
gambar: indonesiaexpat.biz

Sebagai pebisnis pemula yang sama sekali tidak punya pengalaman, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk berbisnis dengan modal besar, apalagi usia masih tergolong sangat muda dan belum terlalu dewasa.

Anda juga belum punya modal sendiri. Paling-paling modal yang terkumpul berasal dari uang tabungan dan diberikan oleh orang tua.

Makanya, Anda coba dulu dengan memulai bisnis kecil-kecilan saja. Sehingga Anda pun tidak akan terlalu terbeban dan lebih mudah dalam menjalankan usahanya.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis untuk Anak Kecil yang Bisa Dicoba

3Jangan Kejar Uang Tapi Pengalaman

nasihat untuk anak muda yang ingin sukses

Memang ada wirausaha muda yang sukses dan menghasilkan uang yang sangat banyak. Namun, jangan jadikan pencapaian berupa materi sebagai tujuan utama dalam berbisnis.

Sebab penghasilan bisa habis, tapi pengalaman tidak. Ada banyak pelajaran berharga yang tidak akan Anda dapatkan di bangku sekolah ketika Anda terjun ke dunia usaha.

Pengalaman tersebut yang paling penting untuk dikumpulkan. Sekalipun usaha tidak berhasil, tapi wawasan Anda bertambah. Sehingga saat Anda sudah lebih dewasa, Anda bisa lebih siap dalam berbisnis dan meraih kesuksesan.

Baca Juga: Anda Tidak Akan Sukses Jika Masih Melakukan 11 Hal Ini

4Tetap Utamakan Pendidikan

perluas wawasan - membaca buku

Pilihlah ide usaha untuk anak sekolah yang berpotensi, tetapi tidak terlalu membebani Anda. Ingat, kewajiban utama Anda adalah belajar, bukan berbisnis.

Untuk itu, pastikan Anda tidak terlalu ambisius hingga mengabaikan pendidikan. Jangan sampai Anda jadi sering bolos ke kelas karena lebih sibuk mengurus usaha Anda.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 3 Risiko Memulai Bisnis dengan Pacar

5Manfaatkan Lingkungan untuk Berbisnis

anak anak sekolah di indonesia
gambar: globalsevilla.org

Lebih mudah untuk memasarkan bisnis ke orang-orang yang sudah dikenal. Maka saat Anda memulai usaha, manfaatkanlah lingkungan sehari-hari Anda untuk berbisnis.

Anda bisa mulai dari lingkungan di sekitar rumah dan sekolah. Tawarkan produk atau barang dagangan Anda ke teman-teman atau orang-orang yang Anda kenal. Jadikan mereka target pasar Anda.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis dengan Teman Berjalan Lancar

6Jalankan Bersama Sahabat

memulai usaha untuk anak sekolah smp sma

Biasanya, anak remaja punya hubungan persahabatan yang kuat dan kompak. Jika sudah lama berteman dekat, pasti akan terasa seru dan menyenangkan jika berbisnis bersama sahabat.

Jadi, jika Anda merasa sulit untuk berbisnis sendiri, cobalah ajak sahabat Anda di sekolah untuk memulai usaha bersama. Carilah yang punya keinginan yang sama dan dapat melengkapi kemampuan Anda.

Baca Juga: Tips Agar Hubungan Anda dengan Partner Bisnis Tetap Terjaga


Nah, itulah sejumlah tips penting dalam memulai usaha untuk anak sekolah. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi pelajar yang tertarik berwirausaha sedari muda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.