ide bisnis online - pebisnis

10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga – Perkembangan internet dewasa ini membawa pengaruh yang begitu luas terhadap berbagai bidang kehidupan.

Potensinya begitu besar apabila kita mampu memanfaatkannya dengan baik, terutama dalam hal bisnis.

Internet bisa digunakan sebagai penghubung bisnis dan pelanggan dengan potensi pasar yang begitu luas. Maka tak heran bila banyak bisnis online baru yang kini bermunculan dengan beragam jenisnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Mungkin Anda terpikir untuk memulai bisnis online sebagai sumber pendapatan utama maupun sampingan. Bila begitu, berikut 10 ide bisnis online yang wajib Anda coba sekarang juga.

10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

1 Toko Online

Toko online merupakan salah satu ide bisnis online yang tidak ada matinya. Membuat sendiri toko online Anda berarti Anda bisa menjual dan mengelola penjualan produk sendiri dan siapapun bisa menemukan toko online Anda menggunakan internet.

Baca Juga: Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Bisnis Online Anda

Membuat toko online merupakan salah satu metode untuk memanfaatkan internet sebagai ‘ladang uang’ yang populer saat ini.

Bila Anda memiliki produk sendiri atau produk dari supllier yang memiliki potensi nilai jual yang tinggi, maka segeralah membuat toko online Anda sendiri.

Sekarang sudah banyak sekali software atau layanan yang bisa membantu Anda membuat toko online, entah itu menggunakan WordPress dan WooCommerce, menggunakan Shopify, atau pun menggunakan layanan seperti Sirclo.

2 Dropship

Banyak orang kerap terkendala modal usaha dalam memulai bisnis online. Namun, dropship menjadi salah satu alternatif ide bisnis yang juga populer di kalangan pebisnis online.

Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik

Banyak sekali vendor atau pun brand yang membuka kesempatan untuk dropshipping, dimana Anda hanya perlu menjual produk mereka ke pelanggan Anda dengan menetapkan margin harga sendiri.

Dropshipper (sebutan para pebisnis dropship) juga diperbolehkan untuk menggunakan nama brand sendiri sebagai pengirim ketika produk dikirim oleh pemilik produk ke alamat pembeli.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

Jadi, selain Anda tidak membutuhkan modal pengadaan produk, Anda juga bisa meningkatkan awareness brand bisnis Anda dengan menjual produk brand/vendor ke pelanggan atas nama brand bisnis Anda. Menarik, bukan?

3 Reseller

Ide bisnis online lainnya adalah dengan menjadi reseller. Reseller produk dari brand ternama  bisa menjadi alternatif lain yang bisa Anda coba mulai sekarang.

Kurasilah brand-brand dengan produk yang memiliki potensi jual yang tinggi dan bisa bertahan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

Lakukan riset terlebih dahulu dan hindari menjual produk yang berbasis pada tren, karena umumnya tren terkini tidak bertahan lama, kecuali bila Anda berencana untuk menjual produk yang sedang tren saat ini dan beralih ke produk baru bila trennya sudah berakhir.

Menjadi reseller sebenarnya mirip seperti dropshipper, hanya saja Anda membutuhkan modal awal untuk pengadaan barang. Namun, pinjaman modal usaha bisa menjadi salah satu solusi terbaik yang Anda miliki.

4 Berjualan di Marketplace Online

Lazada, Tokopedia, dan Bhinneka hanyalah beberapa contoh dari ratusan marketplace online di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan sekarang juga untuk menjajakan produk Anda.

Baca Juga: Manfaatkan Teknologi Mobile, Berikut Tips Meningkatkan Penjualan via Mobile

Bila Anda terkendala dalam membuat dan mengelola toko online sendiri, marketplace online seperti yang disebutkan di atas akan menjadi lapak yang sangat berpotensi dalam menyukseskan bisnis online Anda.

Beragam jenis produk bisa Anda jual di sana, mulai dari produk fashion, elektronik rumah tangga, gadget dan lain sebagainya.

Dan yang paling menarik adalah mayoritas marketplace online sudah memiliki nama besar dan basis pengunjung website yang tinggi, sehingga bisnis online Anda bisa dengan mudah ditemukan nantinya.

5 Affiliate Marketing

Affiliate Marketing sama seperti membantu mempromosikan produk atau jasa dan mendapatkan sebagian porsi komisi dari setiap penjualan yang berhasil Anda ciptakan.

Baca Juga: Hindari 6 Hal Ini Saat Bekerja Sama dengan Influencer

Para affiliate marketer biasanya membuat satu website khusus untuk mereview dan mempromosikan produk bisnis lain sembari menargetkan pengunjung yang lebih spesifik agar tingkat probabilitas pembelian melalui websitenya semakin tinggi.

Affiliate marketing sudah lama muncul dalam dunia bisnis online dan sangat efektif sebagai salah satu ide bisnis online yang menguntungkan.

6 Jual Produk Digital

Mulai dari ebook, stok fotografi, video, musik, template, software dan lain sebagainya bisa Anda jual di internet.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Ketika Merilis Bisnis Baru

Banyak sekali peminat produk digital karena efisiensinya, dan Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu ide bisnis online yang dijalankan sekarang juga.

Ebook, misalnya, bisa Anda jual di Google Play Books dan meraup komisi penjualan atas setiap pembelian.

Atau bila Anda suka fotografi dan tertarik untuk menjual sebagian besar foto hasil jepretan Anda, cobalah Shutterstock atau 123rf untuk menjajakannya.

Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Jumlah Share Artikel Website Anda

Manfaatkan marketplace online yang sudah populer untuk menjual produk digital yang Anda buat, atau Anda juga bisa menjual produk digital dari pihak lain ketika Anda sudah mendapatkan lisensi hak jualnya.

7 Monetisasi Blog

Blog saat ini menjadi media yang paling berpengaruh dalam bisnis online. Bila Anda perhatikan, bisnis online saat ini rata-rata memiliki blog sendiri sebagai media promosi untuk menggaet audiens baru atau pun tempat untuk menginformasikan pembaharuan terkait bisnisnya.

Baca Juga: 6 Tips Menjadi Pemimpin yang Disukai dan Disegani

Selain itu, blog juga bisa menjadi ladang uang sendiri bila Anda mampu menyediakan informasi yang relevan bagi pembaca Anda, diisi dengan beragam konten berkualitas, dan memonetisasi blog dengan iklan, apapun bentuknya.

Memulai sebuah blog itu amat mudah, mengembangkannya yang sulit. Namun bila Anda berhasil mengembangkannya dan mendapatkan pembaca loyal, hasilnya pun akan begitu nikmat berkat monetisasi yang Anda lakukan. Itulah yang dilakukan oleh bisnis media yang sekarang ini sudah menjamur di mana-mana.

8 Freelance

Bila Anda memiliki keterampilan digital dan waktu luang yang banyak, freelance bisa juga dimanfaatkan sebagai salah satu ide bisnis online yang sedang populer.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Website Khusus untuk Mencari Freelancer

Selain fleksibel dalam mengelola waktu, pendapatan yang akan Anda dapat nantinya bergantung pada proyek dan rate dari setiap jasa yang Anda tawarkan.

Mulai dari fotografi, videografi, penulisan, programming, hingga terjemahan, semua keterampilan yang Anda punya bisa dijual sebagai jasa dan banyak sekali agensi maupun perusahaan yang memang membutuhkannya. Jadi, jangan pernah ragu untuk menjadi freelancer!

9 Bisnis Konsultan

Ajak rekan Anda bergabung dan bentuk sebuah agensi konsultan sesuai dengan keahlian kalian. Mulai dari konsultan web desain, pemrograman, dan sebagainya, Anda bisa memanfaatkan internet demi menjangkau lebih banyak klien potensial di luar sana.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Jack Ma Dari Kecil Hingga Sukses Membangun Bisnis Alibaba

Ini juga merupakan salah satu ide bisnis online yang sudah banyak dimanfaatkan, jadi Anda pun tidak boleh melewatkannya begitu saja.

10 Agensi Digital Marketing

Efek perkembangan internet yang menjadi-jadi salah satunya adalah membuat dunia digital marketing dari yang sebelumnya opsional menjadi sangat dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pengusaha Dalam Mengelola Uang

Seorang digital marketer umumnya menangani kanal-kanal potensial dimana suatu bisnis bisa mendistribusikan konten yang akan meningkatkan awareness maupun konversi.

Digital marketer juga menangani periklanan digital, menganalisa data dan target audiens, dan masih banyak lagi sehingga sangat dibutuhkan dalam perkembangan sebuah bisnis, utamanya pemasaran.

Maka dari itu, apabila Anda memahami betul seluk-beluk metrik analitik seperti Google Analytics, SEO, Google Adwords dan lain sebagainya, gandeng satu atau dua orang partner dan buatlah sebuah agensi khusus digital marketing.

Baca Juga: 3 Hal Penting Agar Anda Bisa Sukses dan Bahagia

Karena mayoritas bisnis kini bergerak secara online, maka digital marketing akan selalu dibutuhkan.

Ide Bisnis Online: Penutup

Nah, itulah 10 ide bisnis online yang bisa Anda coba mulai dari sekarang. Karena pengaruh internet saat ini sudah sangat signifikan terhadap bisnis, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis online baru.

Ide bisnis yang mana yang paling menarik minat Anda? Atau punya ide bisnis online lain yang mungkin terlewatkan? Semoga bermanfaat!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.