Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif. Pasti Sold-Out! – Berhasil memulai bisnis, membuat toko online dan punya produk yang bagus hanyalah permulaan dalam dinamika bisnis online.

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menjual produk tersebut, dan tentu saja Anda harus mempromosikannya.

Sangat disayangkan, banyak bisnis yang harus tutup di awal karena penjualannya stagnan padahal produk yang dijualnya bagus. Sebagian besar hal yang mempengaruhinya adalah karena metode pemasaran yang tidak efektif dalam menggaet pelanggan.

Apa yang membuat orang mau mengunjungi toko online Anda dan membeli produk yang terpampang di dalamnya? Hal yang sangat mempengaruhinya adalah bagaimana cara Anda dalam mempromosikan produk ke orang-orang.

Dalam artikel kali ini, Anda bisa mencoba 10 cara mempromosikan produk yang sejauh ini paling efektif untuk memastikan agar produk yang Anda jual sold out, dan metode penerapannya pun relatif mudah. Apa saja?

10 Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif

1 Tawarkan Diskon Khusus atau Trial Lewat Email Marketing

gambar: tutsplus.com

Email marketing sempat mulai ditinggalkan sebagai salah satu strategi pemasaran, padahal apabila dimanfaatkan dengan baik, cara mempromosikan produk lewat email marketing akan luar biasa besar efeknya.

Untuk membangun subscribers, informasikan di website toko online Anda bahwa mereka yang berlangganan email akan mendapatkan diskon khusus atau produk trial saat produk Anda launch.

Baca Juga: Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Atau Anda juga bisa mengirimkan sampel produk Anda kepada email subscribers Anda dengan skema “Khusus 10 Subscribers Pertama”.

Begitu jumlah email subscriber Anda semakin banyak, setiap kali ada produk baru, Anda bisa langsung mempromosikan produk tersebut ke mereka dan berikan diskon khusus agar mereka tertarik untuk segera membelinya.


2 Adakan Program Give Away

Cara ini memang sudah cukup umum dan cukup efektif di kalangan pebisnis online. Agar produk Anda semakin dikenal, biarkan orang-orang di luar sana mencobanya sendiri dan minta tanggapan mereka.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Agar Konsumen Baru Menjadi Pelanggan Setia

Adakan Give Away setiap kali Anda meluncurkan produk baru baik di media sosial, toko online, email, dan sebagainya.

Wajibkan mereka untuk mengikuti media sosial dan mempromosikan produk Anda di masing-masing akun media sosial mereka. Semakin banyak orang yang ikut program Give Away Anda, semakin banyak orang yang akan mengenal produk Anda, begitu seterusnya.


3 Program Referral Juga Masih Sangat Efektif Dewasa Ini

 

Program referral merupakan teknik marketing dimana bisnis memberikan izin bagi pelanggan/pengguna untuk mempromosikan/menjual produk ke orang lain dan sebagai imbalannya, pengguna yang berhasil melakukan penjualan akan diberikan komisi.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram

Nyatanya, tak semua bisnis yang mengharuskan orang yang ingin mengikuti program referral menjadi pelanggan/pengguna terlebih dahulu.

Jadi, di samping Anda menerapkan strategi marketing yang lain, orang-orang yang tergabung dalam program referral Anda di luar sana juga membantu mempromosikan produk Anda.

Menariknya, Anda hanya mengeluarkan biaya (imbalan) setiap kali produk Anda terjual. Berbeda dengan bentuk promosi lain yang umumnya memakan biaya namun belum tentu mampu membuat penjualan.


4 Kerja Sama dengan Blogger

 

Minta bantuan blogger yang berhubungan dengan topik bisnis Anda untuk melakukan review dan mempostingnya di blog mereka.

Baca Juga: Dengan 5 Hal Ini, Klien Bisnis Akan Selalu Mengingat Anda

Metode kemitraan dengan blogger ini juga bisa Anda kombinasikan dengan Give Away atau Program Referral.

Anda bisa membayar jasa mereka untuk menulis review tentang produk Anda atau mengundang mereka untuk mengikuti Give Away dan Program Referral. Blogger masih menjadi influencer yang sangat berpengaruh dalam dunia digital marketing.


5 Kerja Sama dengan Influencer di Media Sosial

Entah itu Selebgram maupun Youtuber, bangun hubungan yang baik dengan influencer di masing-masing media sosial.

Baca Juga: 5 Contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha Dalam Berbisnis

Begitu Anda memiliki hubungan yang baik dengan mereka, Anda juga berpeluang untuk membangun citra yang baik di hadapan followers mereka.

Bila perlu, jadikan mereka brand ambassador untuk setiap produk Anda. Berikan mereka akses eksklusif terhadap produk Anda dan minta mereka untuk mempromosikannya di media sosial masing-masing.


6 Buat Video Promosional yang Singkat Namun Mampu dengan Jelas Memperkenalkan Produk Anda

gambar: wersm.com

Begitu mendengar pembuatan video, jangan hanya berpikir mengenai susahnya saja. Sekarang, membuat sebuah video promosional tidak sesusah dulu.

Baca Juga: Manfaatkan Teknologi Mobile, Berikut Tips Meningkatkan Penjualan via Mobile

Ada banyak software yang bisa Anda manfaatkan, dari yang level profesional seperti Adobe Premiere hingga alat pembuatan video level pemula seperti Quik atau Lumen5.

Dengan Quik dan Lumen5, Anda bisa dengan mudah membuat video promosional yang sederhana namun tetap menarik. Uji kreativitas Anda dengan dua alat tersebut.

Atau apabila Anda memiliki anggaran yang cukup, sekalian saja minta bantuan agensi atau kreator video untuk membuat video promosional produk Anda dan unggah ke Youtube atau Facebook Video dan sebarkan di seluruh media promosional Anda seperti media sosial maupun toko online.


7 Sedikit Teknis, Coba Dalami Search Engine Optimization (SEO)

SEO dari waktu ke waktu selalu diperjuangkan. SEO memungkinkan informasi yang Anda salurkan lewat website Anda ditemukan dengan mudah oleh pengguna lewat mesin pencari seperti Google.

Baca Juga: 8 Tips Jitu untuk Menghasilkan Penjualan Pertama di Internet

Katakanlah Anda menjual sepatu wanita, dan ketika pengguna mengetik kata kunci “sepatu wanita” di Google dan toko online Anda yang muncul di urutan pertama, kemungkinan besar pengguna akan membeli produk di toko online Anda.

Ketika Anda meluncurkan sebuah produk, berikan detil yang lengkap dan optimalkan kata kunci yang ingin Anda targetkan di judul, deskripsi, URL, hingga nama file foto.

Terbitkan di toko online Anda dan sebisa mungkin minta blogger untuk mereferensikan link produk tersebut di blog mereka.

Seturut waktu, toko online Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dan dengan mudah ditemukan sehingga lebih mungkin untuk dibeli.

Baca Juga: 6 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis di Media Sosial

Berbeda dengan Search Engine Marketing (SEM)/periklanan lainnya yang hanya akan berjalan bila Anda masih memiliki anggaran yang cukup, SEO bersifat jangka panjang dan akan terus bertahan sepanjang toko online Anda aktif dan terus dioptimalkan.

Mulailah pelajari dasar-dasar SEO dari sekarang agar Anda bisa segera mempromosikan produk dengan metode organik yang satu ini.


8 Aktif Menyampaikan Informasi dan Berpromosi Lewat Blog

Bila Anda perhatikan, dewasa ini rata-rata setiap bisnis online memiliki blog. Blog merupakan tempat yang sangat tepat bagi setiap bisnis untuk menyampaikan pembaharuan maupun melakukan pemasaran.

Baca Juga: Entrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Orang-orang selalu mencari informasi terbaru mengenai sebuah perusahaan di blog perusahaan tersebut. Maka dari itu, buat sebuah blog manfaatkan untuk menyampaikan informasi dan mempromosikan produk Anda.

Tulislah konten-konten yang menarik seputar bisnis Anda. Misalnya, apabila Anda ingin mempromosikan tas versi terbaru dari brand Anda, cobalah tulis konten dengan topik “3 Ide Kado untuk Kekasihmu” dan sebutkan bahwa tas versi terbaru yang Anda jual menjadi salah satu ide kado tersebut.

Ulas semua hal yang berhubungan dengan bisnis Anda di dalam blog, promosikan produk Anda, dan manfaatkan SEO maupun media sosial agar konten tersebut dibaca. Semakin banyak dibaca, semakin besar peluang agar produk yang Anda ulas di dalamnya dibeli.


9 Adakan Kontes

Teknik lama tapi masih sangat efektif. Kenapa? Dengan mengadakan kontes, Anda bisa mendapatkan banyak sekali partisipan untuk bahu-membahu ‘bersuara’ tentang produk Anda.

Beberapa kontes yang bisa Anda coba adalah lomba blog atau pun lomba foto di media sosial.

Tawarkan hadiah yang menarik bagi pemenang agar semua berlomba-lomba mendapatkan hadiah tersebut. Menariknya, yang tidak menang pun akan tetap mempromosikan produk Anda.


10 Tawarkan Product Bundling dan Berikan Diskon Spesial

Paper boxes in a shopping cart on a laptop keyboard. Ideas about e-commerce, e-commerce or electronic commerce is a transaction of buying or selling goods or services online over the internet.

Apabila Anda menjual produk fashion yang meliputi kemeja, topi, celana, hingga sepatu (satu set produk fashion), tawarkan product bundling dan berikan diskon spesial untuk satu set-nya.

Baca Juga: 8 Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

Misalnya, bila harga satuan kemeja + topi + celana + sepatu mencapai Rp1 juta, berikan diskon menjadi Rp 700ribu apabila pelanggan membeli satu set product bundling tersebut. Mereka pun bisa lebih hemat, produk Anda pun bisa semakin laris.


Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif: Penutup

Nah, itulah cara mempromosikan produk yang sangat efektif dan bila diterapkan dengan baik akan membuat produk Anda sold out dengan cepat.

Ada cara mempromosikan produk yang efektif namun belum dibahas di artikel ini? Metode yang mana yang cocok untuk bisnis online Anda?


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here