6 Tips Menjadi Pemimpin yang Disukai dan Disegani РPemimpin yang ditakuti belum tentu disegani. Ada dua kemungkinan mengapa karyawan Anda mematuhi perintah Anda. Pertama, karena mereka takut Anda pecat. Kedua, karena mereka memang menyukai gaya kepemimpinan Anda sehingga secara pribadi ingin menyesuaikan diri dengan aturan yang Anda buat.

Sebagai atasan, Anda tentu berharap pada setiap karyawan agar bisa menghormati Anda sepenuhnya. Namun, bawahan Anda belum tentu merasa cocok dengan gaya kepemimpinan Anda. Bisa saja bawahan Anda menunjukkan sikap hormat di hadapan Anda dan bersikap berbeda di belakang Anda. Ternyata Anda bukanlah sosok pemimpin yang benar-benar disukainya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Jack Ma Dari Kecil Hingga Sukses Membangun Bisnis Alibaba

Ketidakcocokan antara Anda dengan bawahan dapat berimbas buruk pada pekerjaan. Guna mengatasinya, Anda harus berusaha menjadi sosok pemimpin yang disukai dan disegani. Sedangkan sosok pemimpin yang ditakuti bukan solusi yang tepat agar bawahan mudah diatur.

Nah, berikut tips agar Anda bisa menjadi pemimpin yang disukai dan juga disegani oleh bawahan Anda.

6 Tips Agar Anda Disukai dan Disegani oleh Karyawan Anda

11. Disiplin

Kedisiplinan dalam mengatur waktu terdengar seperti hal sepele, namun harus selalu Anda jaga. Anda harus menghargai waktu kerja sehingga dapat menjadi teladan bagi karyawan Anda.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda

Disiplin dengan waktu bisa berhubungan dengan tidak telat datang ke kantor dan rapat, termasuk tepat waktu ketika menyelesaikan pekerjaan. Jika Anda bisa disiplin, otomatis karyawan Anda terdorong untuk mengikuti ritme kerja Anda yang selalu menghargai waktu.

22. Terbuka

Pemimpin yang bijaksana mau bersikap terbuka ketika berdiskusi. Anda menganggap karyawan Anda sebagai tim yang berhak mengutarakan kritik dan saran. Dengan bersikap terbuka, Anda membuat bawahan Anda ingin berkontribusi secara positif dalam mengeluarkan ide-ide cemerlang untuk kepentingan bersama.

Lagipula, pemimpin juga manusia biasa. Karyawan Anda tentu memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tidak Anda miliki. Untuk itu, selalu berikan kesempatan untuk bawahan Anda menyampaikan pendapat.

33. Memotivasi

Anda perlu harus menjadi sosok yang memotivasi dan bukan mengintimidasi. Ketika karyawan tidak mengerti, Anda perlu membimbingnya. Ketika mereka salah, Anda perlu memotivasi mereka untuk belajar memperbaikinya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pengusaha Dalam Mengelola Uang

Hindari sikap intimidatif karena akan membuat mereka takut. Menyelesaikan tugas dengan rasa takut tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Sebaliknya, dengan memotivasi mereka, Anda membuat mereka menganggap Anda benar-benar menguasai pekerjaan dan bertanggung jawab.

44. Memuji

Pemimpin yang baik akan dengan senang hati mengapresiasi usaha orang lain. Jika bawahan berhasil dalam pekerjaannya, berikan pujian untuknya. Ini akan membuat mereka merasa dihargai dan termotivasi untuk terus meningkatkan prestasi.

Ingat bahwa kata-kata positif dalam memberikan dampak yang luar biasa. Sedikit pujian dari Anda mungkin Anda anggap hal biasa. Namun, bagi karyawan Anda bisa jadi sesuatu yang ditunggu-tunggu dan dapat membuatnya lebih semangat dalam bekerja.

55. Sabar

Anda tentu saja harus bersikap tegas. Namun terkadang, hal yang Anda perlukan adalah kesabaran. Anda boleh marah ketika karyawan Anda berbuat kesalahan. Akan tetapi, Anda tidak perlu selalu memarahi dengan berapi-api.

Baca Juga: 3 Hal Penting Agar Anda Bisa Sukses dan Bahagia

Tidak masalah untuk sedikit berkompromi, karena bisa membuat Anda menjadi sosok yang terlihat lebih ramah. Namun, jangan selalu memaklumi kesalahan, karena Anda akan dianggap sebagai pemimpin yang tidak berwibawa.

66. Membaur

Hindari sikap seorang bos yang hanya membahas pekerjaan saja. Sesekali Anda juga perlu bergaul dengan bawahan Anda. Bicarakan hal-hal lain yang seru dan menyenangkan ketika sedang bersama-sama di kantor maupun di luar kantor.

Baca Juga: 10 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Tidak Menyesal di Masa Depan

Dengan membaur, karyawan Anda merasa bahwa Anda memperlakukan mereka dengan cara yang bersahabat. Mereka akan menganggap Anda orang yang ramah dan menyenangkan. Ini akan membuat Anda semakin disukai dan disegani.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.