Ayo Tertawa, Ini 5 Manfaat Humor di Lingkungan Kerja – Apakah ada orang yang lucu dan suka melawak di tempat kerja Anda? Rekan kerja atau karyawan yang suka membuat orang lain tertawa dengan cerita dan tingkah yang konyol. Tanpa mereka, suasana kantor terasa sepi dan tegang.

Bayangkan, jika suasana kantor selalu sunyi, suara yang terdengar di kantor hanya ketukan keyboard komputer dan dering telepon. Memang semua orang terlihat serius dan sibuk dengan pekerjaan masing-masing, tapi suasana tersebut cepat membuat jenuh dan stres.

Baca Juga: Mau Jadi Pebisnis yang Sukses, Ketahui 3 Kunci Penting Ini

Sebagai pebisnis, Anda harus menyikapi humor dengan bijaksana. Jangan menganggap karyawan yang suka bercanda adalah orang yang tidak serius dan membuat fokus dalam bekerja jadi terganggu. Humor tidak perlu dilarang, asalkan setiap orang tahu batasan dalam bercanda. Seperti tidak menyinggung perasaan, tidak menghina fisik, tidak menyerang personal, dan membawa topik berbau SARA yang sensitif.

Untuk itu, sikapi humor secara proporsional. Bahkan Anda pun sebagai atasan atau pemimpin, jangan segan untuk bersikap humoris. Buat suasana kerja terasa menyenangkan, karena humor memberikan berbagai manfaat yang berarti.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Pikiran Positif Agar Bisa Jadi Orang Sukses

Ayo Tertawa, Ini 5 Manfaat Humor di Tempat Kerja

1Menghilangkan Stres

Setiap orang cenderung akan cepat marah saat sedang stres karena banyaknya tekanan dalam pekerjaan. Dengan adanya humor, pikiran Anda yang tegang bisa sedikit lebih rileks. Sejenak beban terasa lebih ringan. Anda pun jadi bisa berpikir dengan baik dan kreatif. Sehingga Anda lebih mampu membuat keputusan melalui pertimbangan yang logis dan tidak emosional.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan

2Mendorong Semangat Bekerja

Bekerja secara profesional bukan berarti tidak boleh dengan menyelipkan humor. Sesekali Anda boleh saja membagikan humor saat melakukan presentasi, rapat, dan berbincang dengan karyawan. Humor dapat mengurangi kepanikan dan ketegangan. Humor memberikan energi yang positif dan tanpa Anda sadari akan mengangkat semangat dalam bekerja, serta meningkatkan energi.

Baca Juga: 5 Contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha Dalam Berbisnis

3Menciptakan Rasa Kekeluargaan

Rasa kekeluargaan bisa tercipta di lingkungan kerja dengan adanya rasa humor. Saling berbagi humor dan tertawa bersama-sama dapat membuat setiap orang merasa sedang berada dengan orang-orang terdekat. Humor membuat semuanya bisa cepat akrab dan membaur, sehingga dapat memperkuat hubungan dalam tim kerja. Kantor pun jadi terasa seperti rumah kedua.

4Disenangi Banyak Orang

Menjadi orang yang humoris akan membuat Anda disenangi banyak orang. Humor Anda membuat orang lain bahagia, sehingga mereka pun merasa senang saat berada dekat dengan Anda. Asalkan, cara bercanda Anda tidak berlebihan, isi humornya tidak melukai perasaan orang lain, dan tidak dilakukan setiap dalam pekerjaan sampai membuat fokus jadi terlewatkan.

Baca Juga: 7 Tips Kepemimpinan yang Baik Dalam Lingkungan Bisnis

5Tertawa Itu Menyehatkan

Tertawa karena merasa senang itu menyehatkan, bahkan menjadi rahasia umur panjang. Tertawa dapat meregangkan otot-otot yang tegang dan kaku, mengurangi hormon penyebab stres, mengurangi rasa sakit, melancarkan aliran darah, dan meningkatkan harapan hidup. Untuk itu, humor sangat baik bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Sehingga berdampak pada produktivitas dalam bekerja.

Baca Juga: 10 Contoh Bos yang Dibenci Karyawan di Kantor

Nah, itulah lima manfaat humor di lingkungan kerja. Jadi, ayo buatlah suasana di tempat kerja Anda terasa menyenangkan dengan menjadi orang yang humoris. Marilah saling berbagi tawa dan canda di lingkungan kerja Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here