10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha – Selama kita hidup, kita pasti akan selalu memiliki masalah. Satu masalah sudah beres, masalah lain kemudian muncul. Begitu pula dalam berbisnis, setiap entrepreneur atau pengusaha pasti akan menghadapi berbagai masalah bisnis.

Masalah dapat menyebabkan kehancuran pada bisnis Anda. Namun, masalah juga dapat membuat bisnis Anda semakin kuat menghadapi tantangan. Semuanya tergantung dari cara Anda saat menyikapi dan menyelesaikan setiap masalah yang terjadi dalam bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Hal Soal Bisnis yang Dapat Dipelajari dari The Greatest Showman

Nah, berikut 10 macam masalah yang biasa terjadi dalam lingkungan bisnis. Sebagai pengusaha, Anda patut memperhatikannya agar bisnis Anda bisa dikelola dengan baik dan meraih kesuksesan.

Waspada, Ini 10 Masalah Dalam Bisnis yang Sering Terjadi

1Masalah Waktu

Banyak pebisnis yang bermasalah dalam membagi waktu. Kesibukan yang padat membuatnya sulit mengatur waktu dengan baik. Jadwal rencana kerja pun jadi berantakan. Seperti telat mengikuti meeting atau rapat sehingga menyebabkan kehilangan klien, atau terlalu sibuk sampai tidak memperhatikan kesehatan sehingga akhirnya sakit.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Bisnis

2Masalah Persaingan

Kompetitor pasti selalu menyusun strategi yang cerdik untuk mengalahkan Anda. Bahkan terkadang, strateginya sangat licik untuk merugikan citra atau nama baik bisnis Anda. Contoh masalah persaingan, yakni kompetitor menjual produk yang sama dengan harga lebih murah, menjelek-jelekkan bisnis Anda di internet, dan lain-lain. Untuk itu, waspadalah setiap saat, siapkan strategi yang lebih unggul dan tingkatkan terus kualitas bisnis Anda.

3Masalah Keuangan

Manajemen keuangan yang buruk akan menimbulkan masalah yang fatal pada bisnis Anda. Uang adalah hal penting untuk keberlangsungan usaha Anda. Jika aliran kas tidak lancar, lama-lama bisnis Anda bisa bangkrut. Untuk itu, Anda perlu mengatur pengeluaran dan pendapatan secara bijaksana, merencanakan dan memonitor keuangan secara profesional dengan sistem akuntansi yang handal.

Baca Juga: Bisnis Mengalami Krisis, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

4Masalah Pelanggan

gambar: ipleaders.in

Kekecewaan pelanggan akan membuat konsumen atau pelanggan meninggalkan bisnis Anda. Upayakan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dan selalu berikan pelayanan yang terbaik. Jika ada masalah, jangan menghindari keluhan pelanggan, tapi selesaikan secara cepat dan tepat.

5Masalah Karyawan

gambar: redbranchmedia.co

Sulit untuk mengontrol orang lain. Terkadang, karyawan tidak disiplin dalam bekerja dan tidak menghormati Anda di kantor. Pekerjaan jadi berantakan karena menghadapi karyawan yang tidak cakap dalam bekerja. Untuk itu, Anda harus memiliki sikap seorang pemimpin yang disenangi, tapi juga disegani. Bimbing karyawan Anda, hargai mereka, tapi juga bersikap tegas jika ada yang melakukan kesalahan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sikap Karyawan yang Tertutup

6Masalah Regulasi

Keberadaan suatu regulasi atau peraturan dapat menguntungkan dan juga merugikan, tergantung cara Anda merespons regulasi tersebut. Apalagi terkait regulasi pemerintah yang rumit dan seringkali merepotkan. Anda harus memahami pentingnya regulasi dan dampaknya bagi bisnis Anda. Jangan sampai Anda menghadapi masalah regulasi yang membuat Anda harus berurusan dengan hukum.

7Masalah Pemasaran

Saat Anda mempromosikan dan memasarkan produk Anda, pasti Anda akan menghadapi berbagai kendala di lapangan. Seperti rencana pemasaran yang tidak efektif dan menyebabkan tingkat penjualan jadi menurun. Untuk itu, siapkan plan B untuk mengatasi plan A yang tidak berjalan baik, sehingga Anda bisa siap menghadapi masalah pemasaran yang merugikan bisnis Anda.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

8Masalah Teknologi

Anda tidak bisa mencegah perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih. Namun, sangat sulit untuk terus mengikuti dan mengadopsi teknologi terbaru yang paling modern. Apalagi jika bisnis Anda berkaitan dengan teknologi. Namun masalahnya, pesaing Anda bisa jadi ada yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengungguli bisnis Anda. Untuk itu, Anda harus cepat belajar beradaptasi dengan perubahan zaman.

9Masalah Kepercayaan Diri

Terkadang, kondisi pikiran dan hati Anda sedang tidak baik. Ini dapat menyebabkan performa menjadi buruk. Kepercayaan diri menurun dan membuat Anda bekerja tidak optimal. Seperti Anda menjadi gugup saat presentasi, lambat mengambil keputusan, takut menghadapi resiko, dan pesimis menghadapi masa depan. Masalah kepercayaan diri harus dilawan agar Anda bisa terus maju.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

10Masalah Keluarga

Masalah personal yang berhubungan dengan keluarga dapat berpengaruh terhadap produktivitas. Terkadang, sulit mengontrol diri saat Anda memiliki masalah keluarga. Seperti keluarga yang tidak mendukung bisnis Anda, masalah konflik rumah tangga, dan lain-lain. Untuk itu, Anda harus bisa menyikapi masalah secara profesional dengan tidak melibatkan masalah keluarga ke dalam urusan bisnis.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here