10 Faktor yang Menyebabkan Perusahaan Bangkrut – Perusahaan apa saja berkemungkinan mengalami kebangkrutan, baik itu perusahaan kecil maupun besar.

Tidak hanya perusahaan yang baru berjalan setahun, tapi perusahaan yang sudah bertahan bertahun-tahun pun bisa pailit sewaktu-waktu. Memang begitulah dunia bisnis yang penuh dengan risiko kegagalan.

Baca Juga: Sebelum Berbisnis, Anda Patut Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Namun, pasti ada penyebab kenapa perusahaan bisa bangkrut. Jadi, tidak terjadi begitu saja tanpa ada faktor yang menyebabkannya.

Maka dari itu, bagi pemilik bisnis, Anda perlu mencegah beberapa faktor penyebab perusahaan mengalami kepailitan berikut ini.


10 Faktor Penyebab Perusahaan Bangkrut

1Rencana Bisnis Kurang Matang

menjalankan usaha tanpa perencanaan - rencana bisnis
gambar: legalservicesincorporated.com

Dalam membangun perusahaan, Anda harus membuat rencana bisnis yang matang. Sebab perencanaan bisnis kurang memadai akan membuat eksekusi menjadi buruk.

Namun dengan adanya rencana yang baik, kegiatan operasional dapat berjalan lebih lancar dan teratur. Sehingga bisnis pun bisa berkembang dan mencapai tujuannya secara tepat.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

2Strategi Pemasaran Kurang Efektif

strategi marketing tips trik pemasaran

Kesalahan dalam strategi pemasaran akan membuat perusahan sulit mencapai target. Seperti riset pasar yang tidak tepat, harga yang terlalu mahal, iklan promosi yang kurang menarik, dan lain-lain.

Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam menyiapkan dan menjalankan strategi pemasaran. Jika Anda kurang paham, Anda bisa menggunakan jasa konsultan pemasaran untuk mendapatkan bantuan.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Atasi Bisnis yang Mandek

3Tidak Memahami Kebutuhan Konsumen

bisnis sukses merebut hati konsumen
gambar: ipleaders.in

Perilaku konsumen terus berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Kebutuhan konsumen pada tahun ini belum tentu sama pada tahun depan.

Jika Anda sampai gagal memahami apa yang diinginkan konsumen, produk atau layanan yang Anda tawarkan akan sia-sia dan tidak diterima oleh target pasar. Akibatnya, tingkat penjualan pun akan terus merosot.

Baca Juga: Anak Muda yang Ingin Sukses Harus Memahami 7 Hal Ini

4Tidak Melakukan Inovasi

Perubahan zaman terjadi begitu cepat karena hadirnya internet dan perkembangan teknologi yang semakin modern. Makanya, Anda perlu beradaptasi dengan melakukan inovasi.

Namun, jika Anda tidak berani atau lambat berinovasi, perusahaan Anda akan ketinggalan. Produk dan layanan Anda menjadi kurang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga: Tanda-Tanda Anda Berada di Zona Nyaman

5Tidak Mampu Menyaingi Kompetitor

mempelajari kompetitor
gambar: velaro.com

Persaingan bisnis semakin hari semakin ketat. Pesaing Anda akan terus bertambah dan membuat Anda semakin kesulitan untuk merebut pasar.

Jika Anda tidak mampu bersaing, perusahaan akan merugi karena banyak konsumen yang beralih kepada kompetitor. Akhirnya, cepat atau lambat, perusahaan Anda tidak akan mampu lagi bertahan.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mempelajari Kompetitor Bisnis Anda

6Terburu-buru dalam Mengembangkan Bisnis

tips mencari rekan bisnis yang tepat

Memang Anda perlu mengembangkan bisnis supaya perusahaan Anda semakin maju. Misalnya, membuka cabang bisnis yang baru atau menambah produk yang baru.

Namun, Anda perlu merencanakannya dengan tepat dan penuh pertimbangan. Sebab jika Anda terlalu terburu-buru disaat perusahaan belum siap, yang terjadi malah Anda akan kelabakan dalam mengelola semuanya.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis

7Manajemen Keuangan yang Buruk

Keuangan merupakan urusan yang sangat krusial yang harus diperhatikan dengan serius. Jika tidak, perusahaan akan mengalami ketidakstabilan modal dan hutang piutang yang terlalu besar.

Akibatnya, keuntungan semakin minim, bahkan mengalami kerugian secara terus-menerus. Dalam jangka panjang, perusahaan pun bisa pailit dan menutup bisnisnya selamanya.

Baca Juga: 2 Cara Menghitung Bunga Pinjaman

8SDM yang Kurang Berkualitas

cara menghargai karyawan di kantor

Hati-hati dalam mempekerjakan karyawan karena SDM yang buruk dapat membuat perusahaan bangkrut. Makanya, Anda harus selektif dalam memilih orang-orang yang bekerja di perusahaan Anda.

Pastikan Anda membentuk tim yang dapat diandalkan dalam menyelesaikan semua pekerjaan secara profesional. Sehingga performa bisnis Anda bisa selalu maksimal.

Baca Juga: 7 Tanda Anda Lebih Cocok Jadi Pebisnis daripada Karyawan

9Kepemimpinan yang Salah

hal yang perlu pemimpin lakukan setiap hari

Perusahaan bangkrut bisa saja disebabkan oleh kepemimpinan yang salah. Mungkin karena Anda sendiri selaku pemilik perusahan yang tidak pandai dalam memimpin tim Anda.

Maka dari itu, teruslah melatih kemampuan kepemimpinan Anda. Jadilah pemimpin yang bijaksana dalam mengambil sikap dan memperlakukan tim Anda di kantor.

Baca Juga: Tanda-Tanda Karyawan Antusias Bekerja di Perusahaan Anda

10Kondisi Ekonomi Global yang Tidak Stabil

cara mengatur keuangan untuk usaha kecil

Kondisi perekonomian dunia yang sedang tidak stabil dapat menyebabkan penurunan ekonomi di Indonesia. Akibatnya, daya beli masyarakat ikut menurun, karena konsumen cenderung menghemat uangnya.

Dampaknya, pemasukan perusahaan tentu juga menurun. Jika terjadi dalam waktu yang lama, bisa saja membuat Anda terpaksa untuk menutup perusahaan Anda.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Dana Darurat Penting Dimiliki


Nah, itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan perusahaan bangkrut. Kiranya Anda bisa lebih berhati-hati dalam mengelola perusahaan Anda, sehingga bisa berhasil dan berjalan seterusnya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.