7 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha – Kegagalan merupakan hal yang mengerikan. Banyak orang yang takut berbisnis karena mengalami kekhawatiran yang berlebihan.

Dalam memulai usaha, Anda harus bisa mengatasi rasa takut. Jangan biarkan kecemasan mempengaruhi langkah Anda untuk berbisnis. Hilangkan ketakutan yang membuat Anda menjadi ragu.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

Selain membayangkan kesuksesan, pebisnis pemula biasanya juga memikirkan hal terburuk yang akan terjadi. Membayangkan kegagalan merupakan bagian dari persiapan bisnis supaya Anda bisa merencanakan strategi jika nantinya bisnis mengalami krisis.

Namun, bayangan kegagalan jangan menghantui Anda hingga Anda menjadi takut untuk memulai bisnis. Anda harus berani menghadapi risiko dan percaya diri dengan kemampuan Anda.

Baca Juga: 3 Hal Ini Membuktikan Bahwa Memulai Bisnis Sama Seperti Kencan Pertama

Jika Anda masih menyimpan ketakutan untuk berbisnis sendiri, berikut sejumlah tips untuk mengatasi rasa takut sebelum menjalankan bisnis.

7 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal Berbisnis

1Miliki Pola Pikir Positif

gambar: successconsciousness.com

Jalani hidup Anda dengan pola pikir yang positif. Miliki kebiasaan untuk selalu berpikir positif, bahkan disaat-saat yang tidak baik. Dengan pola pikir yang benar, Anda tidak akan terjebak dalam masalah, karena Anda selalu mencari solusi atas setiap masalah. Anda selalu menemukan makna positif dari kegagalan dan menjadikannya pelajaran berharga untuk mendukung langkah Anda berikutnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Miliarder? Ini 8 Hal yang Harus Anda Pikirkan

2Fokus pada Proses Bukan Hasil

gambar: bryantarchway.com

Setiap pebisnis pasti memiliki tujuan. Ada target jangka pendek maupun jangka panjang yang ingin dicapai. Namun, jangan terlalu memikirkan hasilnya. Fokuslah pada setiap langkah yang akan dijalani. Hargai setiap proses dan mengapresiasi setiap perjalanan bisnis Anda. Niscaya, Anda akan mendapatkan hasil yang baik sesuai harapan.

Baca Juga: Bisnis Mengalami Krisis, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

3Kegagalan adalah Bagian dari Kesuksesan

Anda harus menghilangkan rasa takut gagal. Sebab kegagalan bukan akhir dari segala usaha, melainkan bagian dari kesuksesan. Setiap pebisnis sukses saat ini pernah gagal berkali-kali. Belajarlah dari pengalaman hidup mereka. Jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk terus berjuang dengan cara yang lebih baik.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Dihindari

4Tingkatkan Kemampuan Diri

Kegagalan bisa terjadi karena Anda belum siap berbisnis. Anda belum memiliki pengetahuan dan keterampilan bisnis yang memadai. Untuk itu, pastikan Anda meningkatkan kemampuan diri. Belajarlah tentang dunia bisnis yang ingin Anda jalani. Terus perluas wawasan bisnis Anda agar Anda lebih siap untuk memulai usaha.

Baca Juga: 6 Rumus Dasar Dalam Berbisnis yang Harus Anda Terapkan

5Jangan Pikirkan Omongan Orang Lain

Anda tidak usah peduli dengan perkataan orang lain yang merendahkan Anda. Biarkan orang lain berpikir buruk tentang Anda. Jangan buang energi untuk membalasnya. Namun, jadikan omongan orang lain sebagai motivasi untuk Anda membuktikan jika Anda bisa sukses. Sekalipun Anda gagal, omongan orang lain jangan diambil hati. Fokus saja dengan orang-orang yang mendukung Anda.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis dengan Modal Minim

6Tidak Menyalahkan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki kekurangan dan akan melakukan kesalahan. Jangan menghukum diri sendiri dengan menyalahkan diri Anda saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jangan meratapi kegagalan. Ingat, tidak semua rencana akan berjalan mulus. Namun, Anda dapat memetik hikmah dari setiap kejadian buruk. Jadikan kegagalan sebagai pelajaran dan optimislah dalam menatap masa depan.

Baca Juga: 5 Tips Mengevaluasi Ide Bisnis yang Memiliki Potensi untuk Sukses

7Buat Rencana Bisnis yang Matang

gambar: legalservicesincorporated.com

Bisnis yang direncanakan saja bisa gagal, apalagi bisnis yang tanpa perencanaan. Guna menghindari kegagalan, Anda perlu memiliki rencana bisnis yang matang. Tulis konsep bisnis Anda dengan detail dan jelas. Ini akan membuat Anda lebih percaya diri untuk berbisnis. Anda akan lebih siap untuk menghadapi setiap tantangan dengan strategi yang mantap.

Baca Juga: Sedang Mencari Ide Bisnis? Ini 5 Jenis Bisnis yang Bisa Anda Pilih


Nah, bagi Anda yang ingin memulai usaha, Anda harus menghilangkan rasa takut gagal yang berlebihan. Ketakutan itu hal yang wajar. Anda hanya perlu melawannya agar tidak membuat Anda menyerah sebelum mencoba. Jadi, mulailah bisnis Anda dengan keberanian, meskipun Anda tidak tahu apa yang akan terjadi.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.