5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis dengan Modal Minim – Keterbatasan modal usaha kerap menjadi hambatan seseorang untuk memulai bisnis. Namun, modal yang minim jangan menjadi alasan Anda untuk menunda keinginan untuk berbisnis sendiri.

Tidak semua bisnis butuh modal yang besar. Banyak pebisnis sukses yang mengawali usahanya dengan modal yang sedikit. Masih banyak ide bisnis yang menjanjikan dan dapat dimulai dengan modal beberapa juta saja.

Baca Juga: Agar Keuangan Masa Depan Terkendali, Berikut Rencana Keuangan yang Tepat untuk Anak Millenial

Walau memiliki modal yang terbatas, Anda bisa kok membesarkan bisnis kecil Anda secara perlahan-lahan. Kuncinya adalah dengan mengelolanya secara tepat dan sabar dalam proses. Nah, berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis kecil Anda bisa berkembang.

5 Tips Sukses Berbisnis Walau dengan Modal Minim

1Pilih Bisnis yang Perputaran Uangnya Cepat

Sebaiknya, Anda menjalankan bisnis yang perputaran uangnya cepat agar bisa cepat balik modal. Biasanya, bisnis yang memasarkan produk kebutuhan pokok manusia adalah jenis bisnis dengan perputaran uang yang cepat. Sebab produknya pasti dibutuhkan banyak orang setiap hari. Contohnya adalah produk makanan, minuman, dan pakaian.

Namun, jenis bisnis ini tidak semuanya sukses. Sebab pasti banyak bisnis yang memasarkan produk yang sama dan serupa. Persaingannya akan lebih ketat. Untuk itu, pikirkan baik-baik ide bisnis yang kira-kira menguntungkan dan buat strategi pemasaran yang ampuh untuk menjangkau konsumen.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Merintis Bisnis Bagi Pemula

2Berbisnis Sesuai Modal

gambar: transferwise.com

Jumlah modal usaha menjadi penentu bisnis yang dijalankan. Semakin besar modalnya, semakin Anda leluasa untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, modal yang minim juga tidak masalah bagi pebisnis pemula. Nikmati proses berbisnis dari hal kecil dan belajar untuk mengembangkannya.

Misalnya, jika saat ini modal Anda terbatas dan tertarik berbisnis online. Anda tidak harus memiliki website toko online sendiri, karena membutuhkan biaya untuk pembuatan dan menyewa domain serta hosting. Namun, Anda bisa mulai memasarkan produk Anda lewat media sosial yang gratis, atau bisa juga dengan menjualnya di website marketplace.

Baca Juga: 5 Tips Mengevaluasi Ide Bisnis yang Memiliki Potensi untuk Sukses

3Coba Cari Pinjaman

gambar: smart-money.co

Anda bisa menutupi kekurangan modal usaha dengan mencari pinjaman. Ada banyak cara mengajukan pinjaman. Entah itu ke kerabat, koperasi, ataupun bank. Jangan ragu untuk meminjam modal, sebab pinjaman untuk bisnis termasuk jenis utang yang produktif dan akan menghasilkan. Asalkan, Anda mengelola pinjaman dengan baik dan selalu menyisihkan pendapatan untuk menyicil utang, sehingga utangnya bisa cepat lunas.

Baca Juga: Manfaatkan 7 Bagian Rumah Ini untuk Menghasilkan Uang

4Kelola Bisnis Sendiri

Selagi Anda mampu mengelola bisnis sendiri, lebih baik Anda tidak merekrut pekerja untuk membantu Anda. Ini adalah cara untuk menghemat pengeluaran. Namun, jika memang Anda membutuhkan tenaga bantuan, Anda bisa mencari pekerja part-time atau freelance saja. Sebab biaya untuk gaji tidak sebesar jika Anda membayar pekerja full-time.

Baca Juga: 6 Hal Penting untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

5Jagalah Kualitas Bisnis

Meski menjalankan bisnis kecil, Anda tetap harus berdagang secara profesional. Bangun kepercayaan konsumen dengan menjaga terus kualitas bisnis Anda dalam segala aspek. Mulai dari kualitas produk dan pelayanan pelanggan harus diperhatikan. Jangan sampai Anda membuat konsumen kecewa dan kehilangan kepercayaan. Selalu berikan yang terbaik agar bisnis Anda dapat merebut hati konsumen dan menghasilkan banyak penjualan.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

Nah, itulah lima tips menjalankan bisnis kecil dengan modal minim. Walaupun modalnya terbatas, Anda dapat memulai bisnis sendiri dan mengembangkannya menjadi bisnis yang besar. Bisnis dengan modal minim pasti bisa sukses jika dikelola dengan tepat.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.