5 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang – Apakah euforia liburan masih terasa? Jika iya, maka hal itu wajar terjadi.

Namun, Anda harus melawan rasa malas pasca liburan, karena sudah saatnya Anda kembali menjalankan rutinitas. Anda harus bekerja lagi dan meneruskan usaha Anda.

Baca Juga: Berlibur Itu Penting, Ini 7 Manfaat Liburan Bagi Pebisnis

Bagi Anda yang menjalankan bisnis, libur panjang tentu membuat Anda kehilangan pemasukan. Anda harus berusaha keras setelah liburan agar target penghasilan bisa tercapai.

Oleh sebab itu, salah satu masalah yang harus Anda atasi ialah mengembalikan motivasi dalam bekerja pasca libur panjang. Bagaimana caranya?

Baca Juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Saat Sedang Liburan

Nah, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar semangat Anda dapat kembali usai liburan.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana Menghilangkan Rasa Bosan di Tempat Kerja


Tips Mengembalikan Semangat Kerja Pasca Liburan

1Susun Rencana Kerja

Banyak pekerjaan yang menumpuk selama liburan. Untuk itu, buatlah rencana kerja agar pekerjaan tersebut dapat segera dibereskan.

Anda bisa merencanakannya sehari sebelum kembali bekerja atau di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Pilihlah mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu menurut skala prioritas Anda.

Dengan begitu, Anda bisa memiliki jadwal kerja yang sistematis dan terencana dengan baik. Anda pun akan lebih termotivasi untuk melakukannya.

Baca Juga: 6 Tips Agar Anda Tidak Tergesa-gesa Berangkat Kerja di Pagi Hari

2Rapikan Meja Kerja

Rasa malas bisa timbul jika meja kerja Anda berantakan. Setumpuk kertas dan dokumen yang tidak tersusun rapi, serta komputer yang berdebu, harus dibereskan terlebih dahulu.

Saat Anda sudah tiba di kantor, pastikan meja kerja Anda sudah rapi dan bersih. Jika belum, rapikanlah agar Anda bisa lebih nyaman untuk bekerja.

Baca Juga: Pebisnis Harus Memiliki 8 Ciri-ciri Pekerja Keras Berikut Ini

3Fokus dengan Tanggung Jawab

Ingat, jika Anda sendiri masih terbawa suasana liburan, maka orang-orang yang bekerja dengan Anda juga bisa terpengaruh. Mereka bisa jadi ikut bermalas-malasan.

Maka dari itu, fokuslah dengan tanggung jawab Anda. Selesaikan setiap tugas sesuai prioritas dan jangan menunda-nunda, sehingga produktivitas bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Terjadi Konflik Antar Karyawan

4Ajak Tim Anda untuk Rapat

gambar: kenh14cdn.com

Kumpulkan tim Anda untuk rapat. Ingatkan lagi tugas dan tanggung jawab masing-masing agar mereka kembali fokus dengan pekerjaannya.

Berikan semangat kepada tim Anda, niscaya Anda pun akan akan mendapatkan energi positif dari mereka. Sehingga setiap orang dapat saling memotivasi dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Minta Maaf pada Karyawan

5Bagikan Pengalaman Liburan

Jangan selalu serius dan membicarakan pekerjaan saja. Saat waktu istirahat atau waktu luang, berinteraksilah dengan tim Anda untuk menanyakan kabar liburannya.

Selain itu, Anda bisa membagikan pengalaman liburan Anda. Dengan saling bercerita, Anda menjadi lebih akrab dengan mereka dan suasana di tempat kerja jadi terasa menyenangkan.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Membuat Stres


Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan semangat kerja pasca liburan. Biarkanlah hari libur yang telah usai itu berlalu.

Saat ini fokuslah kembali dengan pekerjaan Anda. Kejarlah target bisnis Anda dan kembalilah bekerja keras untuk membuat usaha Anda berhasil.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.