Cara Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Membuat Stres – Semua orang pasti pernah berpikiran negatif terhadap diri sendiri dan orang lain.

Berpikir negatif bisa menjadi sebuah kebiasaan jika Anda membiarkannya selalu ada di dalam kepala Anda. Anda harus melawan setiap pikiran buruk yang mulai menyerang.

Baca Juga: 8 Sikap Negatif Pemimpin yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

Sebab hal-hal negatif yang Anda pikirkan belum tentu benar. Sikap dan perilaku Anda pun bisa terpengaruh menjadi tidak baik gara-gara pikiran buruk tersebut.

Hati Anda malah menjadi tidak bahagia. Bisnis Anda menjadi berantakan. Hubungan Anda dengan orang lain menjadi rusak akibat pemikiran negatif yang membelenggu Anda.

Baca Juga: Stop Melakukan Kesalahan yang Sama! 6 Hal Ini Jangan Dilakukan Lagi

Untuk itu, Anda perlu menghilangkan setiap pikiran negatif yang mengganggu kehidupan Anda. Bagaimana caranya? Silakan simak tips berikut ini.


6 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Pikiran Negatif

1Tenangkan Diri

Coba tenangkan diri sendiri. Ambil waktu untuk tidak melakukan apapun selama beberapa menit. Lalu, kosongkan pikiran Anda sejenak.

Jangan berpikir macam-macam. Kendalikan pikiran Anda. Setelah itu, isi kembali pikiran Anda dengan hal-hal yang lebih positif untuk menetralkan pikiran negatif.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Introspeksi Diri Sendiri Bagi Pebisnis

2Ubah Sudut Pandang

Saat Anda menemui masalah, hindari kepanikan yang berlebihan. Kontrol perasaan dan pikiran Anda.

Misalnya, jika Anda berpikir, “Masalah ini sulit sekali. Bisnis saya akan gagal.” Maka lebih baik, Anda mengubah sudut pandang agar Anda lebih termotivasi, dengan berkata, “Masalah ini akan membuat saya bekerja lebih keras untuk mempertahankan bisnis saya.”

Baca Juga: 5 Cara yang Baik untuk Mengatasi Penyesalan dalam Bisnis

3Ceritakan pada Orang Lain

Ceritakan masalah Anda kepada keluarga, pasangan, atau sahabat terbaik yang Anda percaya. Pada kondisi galau seperti ini, mereka dapat membuka pikiran dan memberikan masukan yang positif.

Sehingga Anda tidak memendam stres Anda sendirian. Tapi orang lain jadi tahu masalah Anda dan dapat mengingatkan Anda untuk tetap semangat dalam melewati proses kehidupan yang sedang Anda alami.

Baca Juga: 4 Evaluasi yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

4Lakukan Afirmasi Positif

Afirmasi adalah pernyataan yang diucapkan kepada diri sendiri. Afirmasi kerap dianalogikan dengan kata-kata positif yang dimaksudkan untuk diri sendiri dengan tujuan membangun citra diri yang positif.

Contohnya “saya pintar”, “bisnis saya sukses”, dan “hari ini hari yang baik”. Semakin sering Anda mengucapkan kalimat seperti itu, maka semakin terngiang-ngiang di kepala Anda, sehingga membuat pikiran Anda jauh lebih positif.

Baca Juga: 8 Kutipan Kartini yang Bermakna Mendalam Bagi Pebisnis

5Cari Hiburan

Pikiran negatif akan membuat Anda kehilangan sukacita. Anda perlu mengalihkan pikiran tersebut dan menyalurkan stres Anda dengan cara mencari hiburan.

Seperti melakukan hobi menggambar, menonton film komedi, jalan-jalan, dan sebagainya. Lakukan hal positif apapun yang dapat menghibur dan membuat Anda merasa nyaman.

Baca Juga: Rahasia Kebahagiaan Hidup Pengusaha Terletak pada 5 Hal Ini

6Tulis Hal-hal yang Disyukuri

Saat Anda sedang banyak pikiran, Anda cenderung lupa tentang hal-hal yang sudah berjalan baik di dalam hidup Anda. Anda malah lebih banyak mengeluh, khawatir, sedih, marah, dan kecewa.

Dengan menuliskan hal-hal yang Anda syukuri, Anda akan lebih meresapi kebaikan dari Sang Pencipta. Anda akan sadar bahwa hal-hal baik yang terjadi lebih banyak dari hal-hal buruk yang sedang menimpa Anda.

Baca Juga: 4 Contoh Pemimpin yang Memiliki Sikap Empati di Lingkungan Bisnis


Nah, itulah cara menghilangkan pikiran negatif di otak Anda. Ingat, Anda adalah satu-satunya orang yang dapat sepenuhnya mengontrol isi pikiran Anda.

Jadi, teruslah melatih diri Anda untuk melawan pemikiran buruk, agar Anda menjadi terbiasa untuk berpikiran lebih positif setiap hari.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.