Refleksi Diri Perlu Dilakukan untuk Jadi Pebisnis yang Lebih Baik – Sudahkan Anda meluangkan waktu secara berkala untuk melakukan refleksi diri?

Dalam proses menjadi pribadi yang lebih baik, Anda perlu mengevaluasi diri sendiri. Caranya dengan berefleksi untuk menilai pengalaman yang sudah Anda jalani dan mendapatkan pelajaran bagi diri Anda sendiri.

Baca Juga: 4 Manfaat Melakukan Introspeksi Diri Sendiri Bagi Pebisnis

Sederhananya, refleksi diri adalah tentang memahami dan menelaah segala hal yang Anda lakukan yang memiliki dampak kepada diri Anda sendiri maupun orang lain.

Saat berefleksi, Anda memeriksa diri Anda sendiri. Anda merenungkannya dan setelah itu Anda harus mengambil keputusan, serta menyusun rencana baru untuk masa depan Anda yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Pemimpin yang Berintegritas Tinggi di Lingkungan Bisnis

Nah, pertanyaan-pertanyaan berikut ini dapat menjadi bahan refleksi untuk diri Anda agar dapat menjadi pebisnis yang lebih baik.


9 Pertanyaan Penting Saat Melakukan Refleksi Diri

1Apakah Anda Jujur pada Diri Sendiri?

Kesibukan dapat membuat Anda menjadi orang yang berbeda. Anda tenggelam dalam rutinitas dan mulai kehilangan nilai yang Anda pegang sejak awal Anda berbisnis.

Tanpa Anda sadari, mungkin Anda terjebak pada kompromi. Anda bekerja tidak lagi dari hati dan melakukan apa saja demi pekerjaan selesai.

Untuk itu, coba tanyakan, “Apakah saya jujur pada diri sendiri?” Selidiki diri Anda saat ini. Masihkah ada integritas yang utuh di dalam diri Anda sekarang?

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kejujuran dalam Berbisnis Jika Anda Ingin Sukses

2Apa yang Sudah Anda Pelajari?

Apakah Anda menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan hasil kerja Anda? Apakah ada pelatihan yang Anda ikuti belakangan ini?

Pastikan Anda selalu belajar hal baru setiap hari. Hal apapun yang sudah Anda pelajari, catat semuanya untuk menilai sejauh mana proges pada diri Anda.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Pengusaha yang Cerdas

3Apakah Anda Sudah Melakukan yang Terbaik?

Terkadang, Anda bisa kehilangan semangat untuk melakukan hal yang Anda lakukan. Namun, ini jangan sampai menjadi masalah yang berkelanjutan.

Anda harus memeriksa kinerja Anda dan jangan cepat puas. Jika Anda belum melakukan yang terbaik, maka tantang diri untuk meningkatkan kualitas kerja Anda.

Baca Juga: Stop Mengulangi Kesalahan yang Sama! 6 Hal Ini Jangan Dilakukan Lagi

4Apakah Ada Target yang Tercapai?

Sebelumnya Anda pasti sudah menentukan target-target yang ingin dicapai. Saat Anda melakukan refleksi diri, coba lihat target apa saja yang sudah tercapai untuk menilai pertumbuhan bisnis Anda.

Jika ada yang belum tercapai, berarti Anda harus mengevaluasi cara kerja Anda. Perbaharui target tersebut dan buat rencana baru untuk mencapainya.

Baca Juga: 5 Cara Mendelegasikan Pekerjaan dengan Lebih Efisien

5Apakah yang Membuat Anda Stres?

gambar: careerbuilder.com

Sebagai pebisnis, Anda pasti akan memikirkan berbagai hal. Namun, terkadang ada hal yang berada di luar kendali Anda sehingga membuat Anda menjadi stres.

Coba renungkan hal-hal yang membuat Anda khawatir belakangan ini. Tanyakan “hal apa saja yang membuat saya stres?”

Jangan mengabaikan stres Anda. Tapi selidiki masalah yang Anda alami agar Anda tahu cara menyelesaikannya dengan tepat.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Membuat Stres

6Apakah Ada Hal yang Anda Sesali?

Penyesalan dapat menghambat Anda untuk maju. Anda harus segera melepaskan rasa bersalah yang membelenggu pikiran dan perasaan Anda.

Bereskan semua penyesalan yang masih disimpan. Berdamailah dengan masa lalu Anda. Lalu ambil hikmahnya dan menjadikannya sebagai pengalaman.

Baca Juga: 5 Cara yang Baik untuk Mengatasi Penyesalan dalam Bisnis

7Apakah Anda Dihargai oleh Tim Anda?

Keberhasilan Anda dalam memimpin dapat dilihat dari sikap karyawan atau tim kerja Anda terhadap Anda. Apakah Anda merasa dihargai oleh mereka?

Jika mereka sering tidak mendengarkan perintah Anda dan hubungan kalian tidak solid, maka kepemimpinan Anda belum efektif. Anda harus memperbaiki cara Anda dalam memimpin, agar Anda disegani dan disenangi oleh tim Anda.

Baca Juga: 8 Cara Menginspirasi Karyawan Agar Bisa Selalu Kreatif dan Produktif

8Apakah Anda Ada Waktu untuk Orang Terdekat?

Banyak orang yang sukses mengembangkan usahanya, tapi tidak sukses dalam menjaga hubungan dengan orang-orang terdekatnya. Kehidupan pribadinya malah hancur dan membuatnya depresi.

Ingat, ada keluarga, pasangan, atau sahabat Anda yang juga merupakan bagian terpenting dalam hidup Anda. Jangan terlalu sibuk dengan bisnis setiap hari, tapi sediakan juga waktu untuk orang-orang terdekat Anda.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Anda Hindari Saat Menjalankan Bisnis

9Apakah Anda Bahagia Saat Ini?

Pertanyaan ini mungkin sulit untuk dijawab. Namun, mungkin Anda akhirnya menyadari bahwa Anda tidak menyukai bidang bisnis yang telah Anda jalankan.

Coba renungkan hal ini dengan jujur. Jika memang Anda ternyata tidak bahagia, maka ada dua pilihan yang bisa Anda ambil.

Pertama, belajar mencintai bisnis yang Anda jalankan sekarang. Kedua, berhenti dari usaha Anda sekarang dan memulai usaha baru yang sesuai dengan bidang yang paling Anda sukai.

Keputusan ada di tangan Anda sendiri. Pertimbangkan baik-baik agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Rahasia Kebahagiaan Hidup Pengusaha Terletak pada 5 Hal Ini


Nah, itulah beberapa pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri. Jawab secara apa adanya agar Anda menyadari keadaan Anda saat ini dan memacu diri untuk memperbaiki kekurangan.

Ingat, setiap situasi yang Anda hadapi adalah peluang bagi Anda untuk belajar dan bertumbuh. Bahkan sekalipun hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, Anda akan tetap mendapatkan pelajaran hidup yang berharga.

Jadi, lakukan refleksi diri ini secara berkala agar Anda dapat semakin mengenal diri Anda, mengetahui perkembangan diri Anda, dan juga meningkatkan kapasitas kepemimpinan Anda ke depannya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.